Cara Agar Rambut Bebas Kusut dan Mudah Diatur

Tips Trick | Kamis, 4 Maret 2021 15:33
Cara Agar Rambut Bebas Kusut dan Mudah Diatur

Reporter : Cynthia Amanda Male

Jangan sampai rambutmu kusut, kusam dan mudah patah.

Dream - Sama seperti kulit, rambut pun bisa mengalami berbagai masalah. Mulai dari yang mudah diatasi hingga sulit.

Masalah rambut yang dialami setiap orang pun berbeda-beda. Salah satunya adalah rambut kusut. Hal ini merupakan masalah yang mudah diatasi oleh beberapa orang.

Namun bagi sebagian lainnya, rambut kusut bisa sangat mengganggu penampilanmu. Rambut akan sangat sulit diatur, ditata atau bahkan berujung pada kerontokan.

Maka dari itu, kamu harus mencegah dan mengatasi rambut kusut dengan cara yang dilansir dari Times of India berikut ini.

2 dari 3 halaman

Memotong rambut secara rutin

Memotong rambut bukan hanya dilakukan untuk menjaga penampilan. Kamu juga perlu menjadwalkan pemotongan rambut untuk menjaga kesehatannya.

Potongan rambut yang lebih rapi, sehat dan tidak bercabang akan membuatnya lebih mudah diatur serta bebas kusut. Potonglah rambut setiap 4-6 minggu sekali.

Jangan keramas setiap hari

 Keseringan Keramas Picu Berkurangnya Minyak Rambut Alami
© MEN

Pada sebagian orang, keramas tiap hari justru membuat rambut lebih kering dan kusut. Biasanya, hal ini dialami oleh jenis rambut kering.

Jika jenis rambutmu kering, hindarilah keramas setiap hari. Keramaslah 2-3 hari sekali untuk menjaga kelembapan rambut dan mencegah kekusutan.

3 dari 3 halaman

Memakai conditioner

Jagalah kelembapan rambut dengan memakai conditioner. Rambut yang lembap akan lebih mudah diatur dan tidak kusut.

Namun, pastikan kamu tidak memakai conditioner di akar rambut agar tidak rambutmu tidak terlalu berminyak.

Menggunakan handuk berserat halus

Mengusap rambut menggunakan handuk kasar dapat mengikis kelembapan rambutmu. Sehingga, menyebabkan rambut kering, mudah kusut dan patah.

Maka dari itu, gunakan handuk berserat halus untuk menjaga kelembapan rambut. Selain itu, jangan membalut rambut terlalu kencang agar tidak mudah rontok.

Join Dream.co.id