Jangan Sampai Salah Pilih! Ini Cara Memilih Skincare yang Aman untuk Kulit

Tips Trick | Kamis, 21 Januari 2021 18:31
Jangan Sampai Salah Pilih! Ini Cara Memilih Skincare yang Aman untuk Kulit

Reporter : Cynthia Amanda Male

Jangan sampai wajahmu rusak akibat pemakaian skincare yang salah.

Dream - Semakin banyak produk skincare ditawarkan lewat media sosial membuat kita bingung untuk memilih yang terbaik bagi kulit.

Meskipun skincare tersebut memiliki ulasan yang bagus dari Beauty Blogger, namun pada akhirnya kamu harus mencocokkan dengan kulitmu sendiri.

Selain tidak cocok dengan jenis kulit, produk yang ditawarkan juga belum tentu aman untuk wajah. Apalagi, jika mengandung bahan yang iritatif atau berbahaya ketika digunakan jangka panjang.

Oleh karena itu, kamu harus berhati-hati ketika memilih skincare agar tidak termakan iklan atau ulasan dan akhirnya salah pilih serta menyebabkan masalah kulit.

Dilansir dari Femina.in, berikut tips memilih skincare terbaik untuk menjaga kesehatan kulit.

2 dari 5 halaman

Mengetahui jenis kulit

 Mengetahui Jenis Kulit© Shutterstock.com

Sebelum memilih produk yang tepat, kamu harus mengenali jenis kulitmu terlebih dulu. Sehingga, kamu bisa mengetahui apa yang dibutuhkan.

Biasanya, kulit berminyak dan kering akan memiliki perbedaan serta kondisi yang sangat terlihat. Sedangkan, kulit kombinasi lebih sulit untuk dibedakan.

Kulit kombinasi ditandai dengan sebagian area wajah berminyak, sementara yang lainnya kering. Tentunya, kondisi ini berbeda dengan kulit normal yang tidak terlalu berminyak maupun kering.

3 dari 5 halaman

Memerhatikan kandungan skincare

Ketika memilih skincare, perhatikan kandungan yang bisa menyebabkan iritasi terlebih dulu, seperti alkohol, parfum, paraben dan lain-lain.

Jika memiliki alergi atau tidak cocok dengan kandungan tertentu, kamu juga harus menghindarinya.

Lalu, perhatikan sisa kandungan lainnya dan urutannya. Kandungan yang paling pertama ditulis memiliki konsentrasi paling tinggi.

Jadi jika kandungan yang mudah memicu iritasi seperti retinol berada di tengah atau akhir, kamu bisa lebih lega saat memakainya karena tidak akan terlalu berbahaya.

Mencobanya di permukaan kulit

Sebelum membeli, cobalah contoh produknya terlebih dahulu pada punggung tangan untuk mengetahui respon kulitmu dan tekstur skincare yang akan dibeli.

Jika merasa perih atau panas, hindarilah produk tersebut. Begitu juga bila merasa tanganmu mudah mengering atau terlalu berminyak.

4 dari 5 halaman

Memilih produk dengan label ramah lingkungan

Banyak produk kecantikan yang mulai memerhatikan lingkungan. Biasanya, produk tersebut memiliki label '100% natural', 'organic product', 'non GMO', 'cruelty free', 'vegan product', 'no toxic chemicals', 'paraben free', 'lab tested' serta 'dermatologically tested'.

Semua label ini menandakan bahwa produk yang digunakan cukup aman untuk lingkungan serta dipakai sehari-hari. Tapi, bukan berarti kamu bisa mengabaikan kandungan yang ada di dalamnya.

Kamu tetap harus memilih produk berdasarkan manfaat, jenis kulit serta kandungan yang ada di dalamnya. Jangan lupa juga untuk memerhatikan tanggal kedaluwarsanya.

5 dari 5 halaman

Berkonsultasi dengan dokter kulit

 Melakukan Perawatan Kulit© Shutterstock.com
Jika masih sulit menemukan produk yang pas, berkonsultasilah dengan dokter kulit. Mereka akan menyarankan kandungan, produk dan perawatan yang tepat untuk kulitmu.

Kamu bisa memulai perawatan dengan mencoba krim dokter terlebih dulu. Jika diperlukan, kamu bisa melakukan perawatan di salon kecantikan atau mengonsumsi obat minum yang disarankan oleh dokter kulit.

(Sumber: Femina.in)

Join Dream.co.id