Jangan Campur Bahan Aktif Skincare Ini Agar Wajah Tetap Sehat

Tips Trick | Jumat, 7 Mei 2021 17:36
Jangan Campur Bahan Aktif Skincare Ini Agar Wajah Tetap Sehat

Reporter : Cynthia Amanda Male

Wajahmu bisa mengalami iritasi jika menyampur bahan aktif ini.

Dream - Belakangan ini, pemakaian skincare yang mengandung bahan aktif tertentu sedang digandrungi oleh banyak orang.

Bahkan, tidak sedikit pria yang tertarik menggunakannya. Pasalnya, penggunaan bahan aktif sangat efektif untuk menyempurnakan penampilan wajah secara alami.

Hasilnya pun terbilang lebih cepat terlihat dibandingkan pemakaian produk yang memiliki kandungan bahan aktif lebih sedikit.

Meski begitu, penggunaan produk dengan bahan aktif tidak bisa dilakukan secara bersamaan. Kamu harus memakainya bergantian agar wajah tidak iritasi.

Dilansir Sehatq.com, berikut kandungan dalam produk perawatan kulit yang tidak boleh dipakai bersamaan.

2 dari 3 halaman

Retinol dan AHA/BHA

Retinol merupakan salah satu kandungan dalam produk perawatan kulit yang dapat memberikan efek sangat besar. Mulai dari menyamarkan tanda penuaan hingga mengatasi jerawat.

Namun jika digunakan bersama AHA/BHA, kulitmu akan iritasi dan mengalami eksfoliasi berlebihan. Akibatnya, kulitmu juga akan rentan bermasalah.

Kamu bisa memakainya di hari atau waktu yang berbeda untuk meminimalisir dampak buruk produk perawatan kulit.

Retinol dan benzoyl peroxide

Benzoyl peroxide merupakan kandungan yang mampu mengatasi jerawat. Maka dari itu, kamu bisa memakainya jika kulitmu sering berjerawat.

Tapi jangan gunakan benzoyl peroxide bersamaan dengan retinol karena bisa menyebabkan kulit kering, kemerahan serta mengelupas.

Sehingga, kulitmu akan semakin bermasalah dan sulit diatasi. Gunakanlah di waktu yang berbeda atau hentikan pemakaian salah satu di antaranya agar lebih aman.

3 dari 3 halaman

Retinol dan asam salisilat

Asam salisilat memiliki manfaat yang sama dengan retinol meski hasilnya tidak terlihat secepat retinol. Maka dari itu, jangan gunakan kedua bahan ini secara bersamaan agar tidak menyebabkan iritasi, pengelupasan, kulit kering serta perih.

Retinol dan vitamin C

Vitamin C mampu membuat wajah lebih cerah dan bebas pigmentasi. Namun ketika digunakan bersama retinol, wajahmu akan bermasalah.

Hal ini dikarenakan keduanya bekerja pada kondisi pH yang berbeda. Bahkan, retinol ideal digunakan malam hari sedangkan vitamin C dipakai pada siang hari.

Maka dari itu, sebaiknya jangan gunakan keduanya secara bersamaan. Kamu bisa memakai sesuai waktunya atau di hari yang berbeda.

Vitamin C dan niacinamide

Penelitian pada tahun 1960 menyatakan bahwa kedua bahan ini tidak aman dan efektif untuk digunakan bersamaan.

Pakailah di waktu yang berbeda jika ingin mencegah atau mengatasi masalah kulit dan tetap mendapatkan manfaatnya.

Join Dream.co.id