Hindari 4 Hal Biar Makeup Tak Membuat Wajah Tampak Tua

Tips Trick | Selasa, 17 Mei 2022 06:12

Reporter : Cynthia Amanda Male

Kamu juga bisa menerapkan cara ini agar riasanmu terlihat lebih natural dan rapi.

Dream - Makeup kerap digunakan sebagai solusi agar wanita lebih percaya diri. Bahkan, sejumlah pria pun menyempurnakan penampilannya dengan makeup.

Meski begitu, sebenarnya memakai makeup tidak menjamin penampilanmu akan terlihat sempurna dan sesuai keinginan. Tidak jarang makeup membuat penampilan seseorang terlihat lebih tua daripada usia sebenarnya.

Hal itu bukan dikarenakan penampilan wajah yang lebih tua atau munculnya tanda penuaan. Penampilan wajah yang lebih tua setelah dirias bisa disebabkan oleh kesalahan teknik makeup.

Dikutip dari unggahan akun TikTok @yosep.muach, berikut beberapa hal yang harus dihindari agar penampilan wajah tidak jadi lebih tua setelah dirias.

Hindari 4 Hal Biar Makeup Tak Membuat Wajah Tampak Tua
Memakai Makeup. (Source: Shutterstock)
2 dari 6 halaman

1. Menggunakan Terlalu Banyak Foundation

 Menggunakan Foundation© Shutterstock

Foto: Shutterstock

Memakai foundation terlalu banyak akan membuat warna kulitmu merata. Bahkan, riasan pun terlihat lebih flawless. Namun pada beberapa orang, menggunakan terlalu banyak foundation justru membuat wajah terlihat lebih tua.

Padahal, menggunakan foundation cukup satu tetes saja. Kamu bisa meratakannya ke seluruh wajah dan menyamarkan berbagai noda hiperpigmentasi.

Jika foundation belum cukup menutupi noda hiperpigmentasi, kamu bisa menggunakan concealer berwarna gelap atau color corrector terlebih dulu.

Hal ini membuat pemakaian foundation tidak akan terlalu banyak dan membuat wajah terlihat lebih tua dari seharusnya serta riasan pun tahan lama. Ratakan foundation dari bagian tengah ke area terluar wajah agar terlihat lebih natural.

3 dari 6 halaman

2. Memilih Pensil Alis Sesuai Warna Rambut

 Merias Alis© Shutterstock

Foto: Shutterstock

Biasanya, pensil alis dipilih berdasarkan warna rambut. Pengunggah video justru menganjurkan pemilihan pensil alis berdasarkan warna pupil mata agar terlihat lebih menarik.

Pusatkan pengaplikasian pensil alis di bagian ujung agar terlihat lebih natural. Ratakan warna dari pensil alis dengan spoolie agar riasanmu lebih natural.

4 dari 6 halaman

3. Memakai Eyeshadow Oranye dan Lipstik Merah

 Menggunakan Lipstik© Shutterstock

Foto: Shutterstock

Perpaduan kedua warna makeup tersebut bisa membuat wajah terlihat lebih tua dan berlebihan. Jika ingin lebih natural, kamu bisa memadukan eyeshadow berwarna nude dengan lipstik merah.

Pertegas makeup mata dengan menambahkan sedikit eyeshadow berwarna gelap atau menonjol di bagian outer corner.

5 dari 6 halaman

4. Tidak Memperhatikan Penempatan Highlighter

 Memakai Makeup© Shutterstock

Foto: Shutterstock

Menggunakan highlighter secara berlebihan tidak hanya akan membuat riasan terlihat kurang natural. Wajahmu juga akan terlihat lebih tua dan aneh jika menggunakannya dengan cara yang salah.

Oleh karena itu, gunakan highlighter dengan hasil satin atau shimmer di beberapa bagian wajah, seperti inner corner, di atas tulang pipi, dan ujung hidung.

Bagian wajah lainnya seperti di bawah alis bisa diterapkan highlighter dengan hasil lebih matte. Sehingga, penampilan wajah terlihat lebih cerah, natural, serta awet muda. (mut)

6 dari 6 halaman

@yosep.muach Kalian harus hindari beberapa poin ini agar makeup tidak kelihatan tua #makeuptutorial #fyp #yosep #mua #makeup #makeupartist #tipsmakeup #makeupvideo ♬ EARN YA - Xavier White

 

Join Dream.co.id