Efekif Cegah Bopeng dengan Cara Ini

Tips Trick | Senin, 2 Agustus 2021 19:45

Reporter : Cynthia Amanda Male

Jangan sampai tekstur kulit berubah dan sulit diatasi setelah berjerawat.

Dream - Bekas jerawat bisa sangat mengganggu penampilan. Bekas jerawat bahkan sifatnya lebih permanen daripada jerawat.

Biaya yang harus dikeluarkan untuk mengatasinya pun bisa lebih mahal daripada mengobati jerawat. Sehingga, kamu perlu lebih berhati-hati ketika mengatasi jerawat agar tidak membekas.

Kebiasaan buruk yang dilakukan saat memiliki jerawat bisa membuat wajah bopeng atau tekstur kulitmu bolong. Akhirnya, kamu harus melakukan perawatan kecantikan seperti laser untuk mengatasinya.

Harganya pun tidak murah dan perlu dilakukan secara berkala. Lalu, bagaimana cara mencegah wajah bopeng? Dermatologis Listya Paramita pun mengungkapkan tips mengatasi bopeng lewat unggahannya di Instagram.

" Bopeng jerawat bisa dicegah? Bisa banget dong! Pertama, atasi jerawat sesegera mungkin," katanya. Lalu, jangan memanipulasi jerawat meradang seperti menyentuh atau memencet jerawat.

Jika memiliki jerawat membandel, ia juga menyarankan untuk memakai obat yang dijual bebas. Kamu juga bisa memakai produk perawatan kulit khusus untuk mengatasi jerawat.

" Segera ke dokter agar segera mendapatkan penanganan jerawat yang tepat. Makin parah jerawat, makin radang, makin merah, makin besar pula risiko terjadi bopeng" .

Jadi, segera atasi jerawat dan kenali kebutuhan kulitmu untuk mencegah perubahan tekstur wajah atau bopeng. Kamu bisa memakai berbagai produk yang mempermudah penyembuhan jerawat seperti acne patch atau obat dengan kandungan benzoyl peroxide maupun asam salisilat.

Efekif Cegah Bopeng dengan Cara Ini
Mengalami Masalah Kulit. (Source: Shutterstock)
2 dari 4 halaman

4 Penyebab Kondisi Wajah Menjadi Bopeng Setelah Berjerawat

Dream - Jerawat merupakan masalah kulit yang sangat umum dialami. Namun, jerawat pada setiap orang bisa muncul dengan kondisi berbeda-beda.

Ketika si bintik merah sudah mulai mengempis, bukan berarti masalah menjadi selesai. Beberapa orang, khususnya yang punya kulit lebih cerah, biasanya harus menghadapi persoalan baru. Kondisi ini tentu saja bisa berbeda-beda.

Beberapa orang mungkin mengalami wajah terlihat seperti bopeng setelah berjerawat. Tentunya, bopeng atau perubahan tekstur kulit bisa membuat seseorang kurang percaya diri.

Bopeng juga tidak bisa disamarkan dengan makeup. Dermatologis, Listya Paramita mengungkapkan bahwa bopeng bisa disebabkan oleh beberapa hal.

 

 

3 dari 4 halaman

Genetik

Wajah bopeng bisa disebabkan oleh genetik. Jadi jika ibu atau ayahmu memiliki jenis kulit yang sensitif terhadap jerawat, mungkin kamu wajahmu bisa bopeng.

Kekronisan jerawat

4 Makeup Permanen yang Dapat Dilakukan Menjelang Pernikahan

 Memiliki Wajah Berjerawat
© Dream

" Acne yang terjadi dalam waktu lama, apalagi reaksi radangnya heboooh, dan terjadi berulang-ulang-ulang, hilang timbul hilang timbul terus, makan risiko untuk terjadi scar akan lebih besar," jelas Mita. Akibatnya, bekas jerawat akan semakin parah ketika memiliki jerawat yang kronis.

4 dari 4 halaman

Kecepatan dan ketepatan terapi

Lamanya pengobatan jerawat bisa berpengaruh pada bekasnya. " Mengobati acne sesegera mungkin adalah koentji.. tentu saja dengan pengobatan yang benar dan tepat ya.." .

Ia pun menyarankan untuk segera ke dokter kulit jika jerawat belum juga sembuh setelah 2-3 bulan.

Perlukah Memakai Sarung Bantal Berbahan Sutra untuk Kesehatan Kulit?

Hobi memanipulasi jerawat

 Wajah Berjerawat
© Dream

Jerawatmu akan semakin parah dan sulit dihilangkan jika sering disentuh atau dipencet. " Acne malah jadi gak karuan dan berpotensi bikin scar dikemudian hari..," ungkapnya.

Jadi, hindari tanganmu dari jerawat. Bila perlu, gunakan acne patch untuk menghindari paparan bakteri maupun kotoran lainnya yang bisa memperparah kondisi jerawat.

Join Dream.co.id