Tak Boleh Asal, Ini Cara Terbaik Cuci dan Simpan Sepatu

Tips Trick | Rabu, 14 Juli 2021 06:47

Reporter : Ferdike Yunuri Nadya

Jangan sampai setelah dicuci, bahan sepatu menjadi rusak

Dream - Penampilan akan lebih sempurna jika sepatu bersih dan terawat. Kadang, aktivitas sehari-hari bisa membuat sepatu cepat kotor. 

Sebaiknya, noda-noda yang menempel pada sepatu harus segera dibersihkan agar tidak semakin sulit dicuci. Cara membersihkan sepatu perlu disesuaikan dengan jenis bahan sepatu yang digunakan.

Masing-masing jenis bahan sepatu tentu memiliki cara perawatan yang berbeda, termasuk cara mencucinya. Jangan sampai sepatu jadi rusak setelah dicuci. Sahabat Dream bisa menyimak beberapa cara berikut ya.

1. Gosok dengan Sikat Gigi

 Shoes
© Shutterstock

Hilangkan kotoran berlebih pada bagian luar sepatu menggunakan sikat berbulu halus. Bisa juga menggunakan sikat sepatu atau sikat gigi halus yang sudah tidak terpakai. 

“ Kalau sepatu bahan kain, sikat saja dengan sikat gigi dan jangan direndam” jelas Uda Irman, pemilik toko sepatu Pollenzo pada konferensi virtual Shopee, 13 Juli 2021.

Agar lebih bersih, Sahabat Dream bisa gunakan sedikit larutan pembersih pada sikat, dan gosoklah bagian luar sepatu. Larutan pembersih sepatu atau campuran sederhana yang terdiri dari air hangat dan sedikit sabun cuci dapat membersihkan sepatu dan membuatnya tidak mudah rusak. 

Tak Boleh Asal, Ini Cara Terbaik Cuci dan Simpan Sepatu
Sumber: Shutterstock
2 dari 6 halaman

2. Lap dan Keringkan

Bila sepatu berbahan kulit, kamu cukup membersihkan menggunakannya dengan kain dan berikan sabun khusus pembersih sepatu kulit.

“ Bahan kulit atau imitasi baiknya dilap saja dengan lap basah atau tisu basah lalu diusapkan perlahan,” kata Uda.

Sebaiknya jangan digosok dengan sikat karena akan membuat sepatu kulit menjadi rusak. Keringkan sepatu pada tempat dengan cahaya yang cukup dan kering. Jangan letakkan di tempat yang panas atau terpapar di bawah sinar matahari langsung karena bisa merusak sepatu.

 

3 dari 6 halaman

3. Gunakan Gel Silika

 Gel Silica
© Ferdike/ Dream

“ Saat disimpan, taruh gel silika untuk menjaga kelembapan bahan sepatu,” kata Uda.

Kegunaan silica gel pada sepatu adalah untuk menjaga kondisi di dalam sepatu tetap kering sehingga terhindar dari lumut, bakteri, dan jamur.

Selain itu, kegunaan silica gel pada sepatu juga untuk mencegah bau yang tak sedap yang biasanya diakibatkan juga oleh bakteri. (mut)

4 dari 6 halaman

6 Trik Singkat Memakai Sepatu Heels tanpa Rasa Sakit

Dream - Sepatu heels merupakan fashion item yang digemari oleh banyak perempuan. Memiliki heels yang berukuran tinggi, sepatu ini membuat tampilan menjadi lebih anggun dan classy. Namun tak jarang, pemakaian sepatu heels juga dapat menimbulkan rasa sakit pada kaki.

Nah, agar tetap dapat tampil nyaman dengan sepatu heels, ada beberapa trik singkat yang dapat kamu ikuti. Apa saja tiriknya?

Perhatikan Ukuran Sepatu High Heels

Hal penting pertama yang harus diperhatikan sebelum memilih sepatu high heels adalah memperhatikan ukurannya. Agar tetap nyaman, kamu disarankan untuk memakai heels dengan ukuran yang tepat.

Tambahkan Bantalan yang Lembut

Untuk tetap terasa nyaman saat memakai sepatu heels, kamu bisa menambahkan bantalan yang lembut atau gel ke dalam bagian tumit. Benda dengan permukaan yang empuk ini dapat mencegah timbulnya rasa sakit pada tumit saat sedang beraktivitas dengan sepatu heels.

5 dari 6 halaman

Sanitary Pads sebagai Alternatif

Apabila kamu tidak bisa menemukan bantalan lembut atau gel, kamu bisa menggantinya dengan sanitary pads atau pembalut. Potong pembalut sesuai dengan ukuran sepatu dan rekatkan pada permukaan dalam sepatu.

 Sepatu Heels
© Shutterstock

Rekatkan Jari Kaki

Tips simple datang dari jurnalis fashion Kelly Dougher. Coba rekatkan jari ketiga dan keempat secara bersamaan dengan medical type. Merekatkan jari-jari ini dapat menghindari rasa sakit saat memakai heels.

6 dari 6 halaman

Sepatu dengan Heels Tebal

 Sepatu dengan Heels Tebal
© Shutterstock

Percaya atau tidak, heels yang lebih tebal ternyata dapat lebih tidak menyakitkan dibanding saat memakai heels yang tipis. Maka dari itu, ada baiknya kamu memilih sepatu dengan heels yang agak tebal.

Perhatikan Tinggi Heels

Semakin tinggi hak sepatu, maka semakin besar rasa sakit yang dirasakan. Untuk menghindari rasa sakit ini, lebih disarankan memakai sepatu dengan heels yang sedang. Jika kamu harus tampil dengan heels tinggi, maka pastikan kamu tidak terlalu lama untuk memakainya.

Join Dream.co.id