Tak Boleh Dilupakan, Rutin Rawat Kulit Leher Biar Tetap Kencang

Tips Trick | Jumat, 22 Oktober 2021 06:12

Reporter : Cynthia Amanda Male

Jangan sampai penuaan pada leher mengganggu penampilanmu.

Dream - Kulit wajah kerap jadi fokus perawatan kulit sehari-hari. Mulai dari mengaplikasikan toner, krim dan masker.

Ingat, kulit bukan hanya sekadar pada wajah tapi juga leher. Perawatan kulit leher ini kerap diabaikan. Padahal, kulit leher juga mengalami penuaan dan bisa memperburuk penampilan.

Sebenarnya perawatan kulit tidak jauh berbeda dengan kulit wajah. Dilansir dari Byrdie, berikut hal yang dapat dilakukan untuk merawat serta mengencangkan kulit leher.

Tak Boleh Dilupakan, Rutin Rawat Kulit Leher Biar Tetap Kencang
Memiliki Kulit Terawat. (Source: Shutterstock)
2 dari 5 halaman

1. Menggunakan retinol

 Menggunakan Serum Retinol© Shutterstock

Tidak hanya untuk wajah, retinol juga dapat digunakan untuk merawat kulit leher dan mencegah penuaan di area tersebut. Dermatologis Roberta Del Campo mengungkapkan bahwa Retin-A (atau asam retinoat) sangat efektif untuk mengencangkan kulit.

" (Retinol) adalah vitamin yang membantu mempercepat pergantian sel dan meningkatkan produksi kolagen," kata Roberta.

Kandungan tersebut telah disetujui FDA Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat) untuk merawat kulit serta mencegah munculnya kerutan. Efektivitasnya pun telah teruji. Gunakanlah dalam jumlah sedikit dan pilih produk dengan kandungan retinol berkonsentrasi rendah agar lebih aman untuk diaplikasikan pada kulit leher yang lebih sensitif.

3 dari 5 halaman

2. Mengaplikasikan produk ke arah atas

 Mengaplikasikan Produk Perawatan Kulit© Shutterstock

Tidak hanya sensitif, kulit leher juga lebih tipis dan cepat menua dibandingkan area kulit lainnya. Maka dari itu, aplikasikan semua produk perawatan kulit secara lembut dan mengarah ke atas untuk mencegah garis halus serta pengenduran.

3. Aplikasikan tabir surya secara berkala

Paparan sinar matahari tidak hanya berbahaya bagi kulit wajah, tapi juga leher. Apalagi, jika kamu menggunakan retinol secara rutin. Tanpa tabir surya, kulit lehermu bisa mengalami iritasi dan berbagai masalah lainnya.

Oleh karena itu, gunakan mineral sunscreen setiap 3-4 jam sekali dari pagi hingga sore hari ketika beraktivitas di luar ruangan. Pilih tabir surya yang dapat melindungi dari sinar UVA dan UVB.

Tabir surya tidak hanya mencegah hiperpigmentasi, tapi juga menunda penuaan dan menjaga produksi kolagen pada kulit. Sehingga, kulitmu tetap kenyal, sehat, serta awet muda.

4 dari 5 halaman

4. Melatih kulit leher

Olahraga tidak hanya untuk mengencangkan perut atau lengan. Para pelatih yoga wajah mengatakan bahwa 26 otot di leher juga perlu dilatih.

Meskipun tidak ada penelitian yang mendukung efektivitas melatih otot untuk kesehatan kulit, namun pelatih yoga wajah meyakini efeknya dalam mengencangkan kulit leher.

Salah satu olahraga yang bisa dicoba adalah angkat kepala hingga dagu menghadap ke atas. Lalu, gerakkan rahang ke depan untuk merasakan sedikit peregangan di dagu. Tahan posisi ini selama 5 detik dan ulangi 10 kali.

Walaupun tidak bisa dilakukan untuk mengatasi pengenduran pada leher, namun melakukan latihan seperti itu secara teratur dapat menjaga kulit leher tetap kencang dan kenyal.

 

 

5 dari 5 halaman

5. Menggunakan face roller

 Menggunakan Face Roller© Shutterstock

Cobalah memakai face roller untuk memijat kulit leher. Hal tersebut diklaim memiliki efek serupa dengan yoga wajah.

Memakainya secara rutin diklaim dapat mencegah penuaan, memperlancar peredaran darah, dan mencegah pembengkakan. Sehingga, permukaan kulit leher akan terasa lebih mulus dan sehat. (mut)

Laporan: Syifa Putri Naomi

Join Dream.co.id