Cara Merawat Rambut Kering, Rusak, Rontok dan Berketombe, dengan Bahan Alami

Tips Trick | Jumat, 28 September 2018 08:15
Cara Merawat Rambut Kering, Rusak, Rontok dan Berketombe, dengan Bahan Alami

Reporter : Sugiono

Berbagai cara merawat rambut kering, rusak, rontok dan berketombe dengan bahan alami untuk mendapatkan rambut yang sehat dan indah.

Dream - Setiap orang pasti ingin memiliki rambut yang indah, subur, lembut ketika disisir, dan sehat. Tetapi rambut yang sedemikian itu tak mungkin bisa didapat dengan cara instan. Semuanya memerlukan cara merawat rambut yang benar.

Sebenarnya, kunci dari cara merawat rambut yang terbaik adalah kesabaran dan kedisiplinan. Karena produk yang diklaim mampu memberikan khasiat hair repairing dalam waktu singkat pun tidak akan manjur jika tidak digunakan secara teratur.

Permasalahan rambut kerap mencemaskan sebagian orang. Apalagi jika mulai merasa rambut berhenti tumbuh. Padahal rambut sehat adalah dambaan dan mahkota bagi setiap orang.

Dirangkum dari berbagai sumber, Dream akan mengulas berbagai cara merawat rambut dengan bahan alami untuk mendapatkan rambut yang sehat dan indah.

Cara merawat rambut rontok dan gugur

Bagi yang mengalami gejala penipisan rambut atau kerontokan, perawatan dari luar saja tak cukup. Sebaiknya diimbangi dengan nutrisi penyubur rambut. Berikut ini cara-cara merawat rambut rontok agar subur dan lebat.

1. Rawat dengan tonik daun jambu

Cara merawat rambut rontok yang pertama adalah dengan tonik daun jambu yang bisa dibuat sendiri. Dilansir StyleCraze, tonik daun jambu kaya akan vitamin B, vitamin C, dan zat besi yang baik untuk menjaga kesehatan rambut serta memiliki kandungan analgesik, anti-inflamasi, anti-mikroba, dan antioksidan. Buatlah tonik dari segenggam daun jambu biji yang direbus bersama air. Semprotkan di kulit kepala setelah keramas dan lakukan pemijatan.

2. Pakai masker bawang merah dan bawang putih

Bahan alami juga bisa jadi cara merawat rambut rontok. Kali ini Sahabat Dream bisa membuat masker rambut dari sari bawang putih dan bawang merah. Masih dari StyleCraze, bawang merah kaya vitamin A, vitamin C, vitamin E, dan sulfur. Bawang putih mengandung tembaga dan zat besi yang penting untuk merangsang pertumbuhan rambut.

3. Konsumsi suplemen penyubur rambut

Cara merawat rambut rontok yang terakhir adalah dengan menyehatkannya dari dalam. Dilansir dari Vitamins e-Store, suplemen biotin (vitamin B7), vitamin C, vitamin D, vitamin E, selenium, lycopene, lysine, dan minyak ikan bisa membantu merangsang pertumbuhan rambut dan mengendalikan kerontokan.

2 dari 6 halaman

Cara merawat rambut kering

Dream - Rambut kering biasanya lebih mudah rusak. Hal ini disebabkan oleh kurangnya kelembapan pada batang rambut.

Masalahnya beberapa orang memang memiliki jenis rambut seperti ini sejak lahir. Lalu bagaimana cara merawat rambut yang kering dan kasar?

 Cara merawat rambut kering

Di bawah ini beberapa tips dan cara merawat rambut yang cenderung kering.

1. Kondisioner

Kalau rambutmu kering, maka kondisioner adalah produk yang wajib digunakan sehabis keramas. Ini adalah cara merawat rambut kering yang pertama.

2. Hair mask

Cara merawat rambut kering kedua adalah dengan masker rambut atau hair mask. Rawat rambut dengan masker instan atau yang menggunakan bahan-bahan alami secara teratur, setidaknya seminggu sekali. Pilih yang mengandung pelembap ekstra seperti madu, yogurt, dan minyak zaitun.

3. Hair wrap

Cara merawat rambut kering yang ketiga adalah dengan memakai hair wrap. Setelah keramas, bungkus rambut yang masih basah dengan handuk selama 1-2 jam. Setelah itu lepaskan handuk dan biarkan kering seperti biasa. Rambut akan terasa lebih lembut seketika.

4. Gunakan vitamin rambut

Cara merawat rambut yang terakhir adalah dengan menggunakan vitamin rambut. Sebutir minyak vitamin rambut setiap selesai keramas dan sebelum hair dryer bisa membantu melemaskan rambut kering dan kasar.

3 dari 6 halaman

Cara merawat rambut rusak

Dream - Seperti rambut kering, cara merawat rambut rusak juga membutuhkan penanganan khusus. Berikut ini adalah beberapa cara merawat rambut yang bercabang dan rapuh.

 Cara merawat rambut rusak

Potong ujung rambut yang rusak

Cara merawat rambut rusak yang pertama adalah dengan memotong ujung rambut yang rusak.

Gunakan shampoo pada area kulit kepala saja

Busa shampoo bisa menjadikan rambut rusak semakin kering dan mudah patah.

Gunakan kondisioner untuk rambut rusak

Tak cuma melembutkan, kondisioner juga bisa melapisi dan menutrisi batang rambut.

Pakai masker rambut

Satu atau dua kali seminggu untuk mengembalikan kelembapan dan nutrisi yang hilang. Pilih bahan-bahan alami berkhasiat seperti madu, lidah buaya, yogurt, alpukat, atau minyak tumbuhan lain.

Lakukan pemijatan dengan hot oil

Panaskan minyak tumbuhan seperti minyak kelapa, zaitun, canola, atau rapeseed sampai hangat, kemudian gunakan untuk memijat kulit kepala.

Konsumsi nutrisi yang baik

Cobalah untuk memenuhi kebutuhan vitamin A, vitamin B, protein, dan zinc.

Demikian cara merawat rambut patah, bercabang, dan rapuh yang menyebabkan kerusakan pada rambut.

4 dari 6 halaman

Cara merawat rambut keriting

Dream - Punya rambut keriting atau ikal? Kalau begitu kamu harus tahu cara merawat rambut eksotis tersebut. Ada beberapa tips dan cara merawat rambut keriting yang bisa dicoba di rumah.

 Cara merawat rambut keriting

1. Pilih produk khusus rambut keriting

Cara merawat rambut keriting adalah mencoba produk yang dikhususkan untuk rambut tak lurus ini. Biasanya produk perawatan seperti ini terdiri dari shampoo, kondisioner, dan serum atau styling product.

2. Leave-on conditioner

Ada produk yang bisa kamu dapatkan di pasaran berupa kondisioner yang tak perlu dibilas, yang ampuh digunakan sebagai cara merawat rambut yang keriting. Pakai kondisioner tanpa bilas ini agar rambut keriting tidak meliar. Produk leave-on conditioner ini juga bisa diganti krim penyisir rambut.

3. Pakai handuk lembut

Cara merawat rambut keriting paling mudah adalah dengan mengganti handuk. Gunakan handuk microfiber, karena handuk biasa memiliki permukaan kasar yang bisa merusak batang rambut. Bisa juga menggunakan kaos lama berbahan lembut.

4. Rutin hair mask

Dengan rutin hair mask, itu sudah bisa jadi cara merawat rambut keriting yang ampuh. Jangan lupa hair mask setidaknya seminggu sekali agar rambut keriting tetap lembut dan berkilau.

5. Ikat rambut sebelum tidur

Cara merawat rambut keriting yang paling mudah dan akan terlihat signifikan adalah dengan mengikat rambut saat tidur. Agar rambut ikal tak kusut masai saat bangun tidur ikatan longgar pada rambut akan sangat membantu.

5 dari 6 halaman

Cara merawat rambut panjang

Dream - Semakin panjang rambut biasanya semakin bermasalah kondisinya, terutama di bagian ujung. Untuk mencegah hal ini, ada beberapa cara merawat rambut panjang yang bisa diterapkan.

 Cara merawat rambut panjang

1. Pakai minyak almond

Cara merawat rambut panjang yang pertama adalah dengan menggunakan minyak almond. Dilansir Boldsky, minyak almond mengandung aneka nutrisi sehat untuk rambut seperti asam lemak Omega-3, fosfolipid, vitamin E, dan magnesium yang penting untuk kesehatan rambut.

2. Rawat dengan jus lidah buaya

Salah satu metode mudah dan ampuh untuk mempertahankan rambut panjang, adalah menempuh cara merawat rambut dengan masker lidah buaya yang diblender.

3. Gunakan vitamin rambut di ujung

Cara merawat rambut panjang selanjutnya ini cukup mudah. Aplikasikan vitamin dengan berfokus hanya di ujung rambut. Ujung rambut panjang biasanya mudah bercabang sehingga butuh nutrisi lebih.

4. Kondisioner

Ketika rambut pendek, kondisioner mungkin boleh dilewati. Namun ketika rambut panjang, penggunaan kondisioner adalah cara merawat rambut paling wajib. Jangan sampai alpa mengusap kondisioner setiap habis keramas.

6 dari 6 halaman

Cara merawat rambut rontok dan berketombe

Dream - Ketombe tak hanya bisa mendatangkan rasa gatal. Tapi juga bisa akibatkan kerontokan.

 Cara merawat rambut rontok dan berketombe

Kalau sudah bermasalah dengan keduanya, maka kamu membutuhkan cara merawat rambut yang bisa mengatasi rambut rontok dan berketombe.

Di bawah ini beberapa cara merawat rambut rontok dan berketombe yang efektif.

1. Pijat dengan minyak pohon teh

Minyak pohon teh ampuh atasi ketombe dan jerawat di kulit kepala yang kadang bisa terjadi. Juga dapat melancarkan peredaran darah untuk kesuburan rambut.

2. Pakai masker pepaya dan madu

Pepaya mengandung chitinase yang melemahkan dinding sel jamur penyebab ketombe. Kombinasikan dengan khasiat antiseptik dan menyuburkan dari madu.

3. Pakai masker aloe vera dan jeruk nipis

Aloe vera bersifat anti-septik dan menyuburkan. Padukan dengan sari lemon agar kulit kepala sehat.

4. Jauhi wax dan styling gel

Kedua produk ini bisa membuat rambut cepat kotor dan menjadi sarang jamur. Selain itu bahan kimianya bisa melemahkan batang rambut.

Demikianlah berbagai cara merawat rambut yang bisa diakukan sendiri di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Wasiat Terakhir Ustaz Arifin Ilham
Join Dream.co.id