Cara Merawat Area T-Zone bila Kulit Berminyak

Tips Trick | Rabu, 28 Juli 2021 15:12

Reporter :

Siapa yang sering bermasalah dengan area T-Zone?

Dream - Bagi kalian yang memiliki kulit berminyak pasti sudah akrab dengan wajah mengilap, khususnya di area T-zone.

Tidak itu saja, kalian mungkin mengalami sejumlah permasalahan kulit lain, seperti jerawat, komedo, pori-pori besar, sampai produksi minyak berlebih.

Kulit manusia selalu memproduksi minyak secara natural untuk menjaga keseimbangan kulit wajah. Namun, terkadang produksi minyak yang berlebih dapat mengganggu.

Sebenarnya, untuk dapat mengontrol produksi minyak berlebih di wajah dan mengurangi minyak di area T-zone ada beberapa cara yang dapat kamu terapkan dengan rutin.

Cara Merawat Area T-Zone bila Kulit Berminyak
Foto: Ilustrasi/Shutterstock
2 dari 5 halaman

Bersihkan wajah

Membersihkan wajah jadi salah satu poin utama untuk kita semua, baik pemilik kulit berminyak ataupun tidak. Dengan membersihkan wajah, kita dapat mengangkat segala bentuk kotoran dan minyak berlebih di wajah.

Pilihlah sabun muka yang dapat membersihkan wajah secara lembut dan tidak membuat minyak alami di wajah menghilang. Gunakan dua kali dalam satu hari yaitu di pagi dan malam hari.

Menggunakan serum dengan kandungan gylcolid acid

Ketahuilah bahwa pori-pori di wajah tidak bisa menjadi lebih kecil, tapi kamu dapat menyamarkannya jika memiliki pori-pori yang bersih. Kamu dapat menggunakan serum dengan kandungan gylcolid acid, jika ingin menyamarkan pori-pori.

 Ilustrasi
© Dream

Glycolic acid atau yang biasa kita kenal dengan AHA, merupakan sebuah kandungan yang berfungsi untuk mengeksfoliasi.

Ketika menggunakan serum dengan kandungan ini, kamu bisa mendapatkan pori-pori yang tidak tersumbat kulit mati, ataupun minyak berlebih yang dapat membuat tampilan pori-pori lebih besar.

3 dari 5 halaman

Menggunakan pelembap

T-zone yang terlalu berminyak, bisa menjadi pertanda bahwa kulit kamu dehidrasi. Jadi, sangat penting untuk kamu menggunakan pelembap pada pagi dan malam hari.

Bagi pemilik kulit berminyak, kamu dapat memilih pelembap yang bersifat oil-free dan gel agar mudah terserap oleh wajah.

 Ilustrasi
© Dream

4 dari 5 halaman

Gunakan kertas minyak

 Ilustrasi
© Dream

Bagi pemilik kulit berminyak, biasanya saat siang hari wajah sudah mulai terlihat basah karena minyak berlebih. Untuk mengurangi minyak di wajah saat sedang beraktivitas, kamu dapat menggunakan kertas minyak dengan cara ditepuk-tepuk pada bagian wajah.

Menggunakan dua masker berbeda

Jika kamu memiliki kulit kombinasi, kamu bisa banget lho menggunakan dua masker pada saat bersamaan. Kamu dapat mengombinasikan clay mask pada bagian T-zone dan masker yang melembapkan pada bagian lainnya.

5 dari 5 halaman

Pilihlah produk makeup yang tepat

 Ilustrasi
© Dream

Sama seperti memilih produk perawatan wajah, kamu juga harus memilih produk makeup yang tepat. Sahabat Dream harus memperhatikan kondisi wajah yang kamu miliki, sebelum memilih produk makeup yang tepat.

Kamu dapat mulai merias wajah dengan mengaplikaskan primer yang dapat menahan minyak berlebih, diikuti dengan menggunakan foundation yang sifatnya matte.

Sumber: Skincare

Join Dream.co.id