Cara Mengatasi Bibir Kering Secara Alami

Tips Trick | Jumat, 22 November 2019 19:45
Cara Mengatasi Bibir Kering Secara Alami

Reporter : Yoga Tri Priyanto

Memiliki bibir yang terlihat kering dan pecah-pecah memang mengganggu penampilan kamu. Bahkan bisa mengganggu kepercayaan diri kamu di depan umum.

Dream - Memiliki bibir yang lembab dan sehat memang membuat penampilan kamu lebih sedap untuk dipandang. Terutama buat kamu pegawai yang pekerjaannya menuntut bertatap muka dengan klien. Masalah bibir kering bisa mengganggu penampilan kamu.

Banyak faktor yang dapat menyebabkan bibir kamu kering. Mulai dari dehidrasi, salah pakai lipstik, sampai kekurangan nurisi. Namun tidak perlu khawatir, mengatasi masalah tersebut cukup mudah.

Banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi bibir kering. Berikut ini beberapa cara mengatasi bibir kering secara alami.

2 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Bibir Kering dan Mengelupas

Bibir kering biasanya diiringi dengan kulit bibir yang mengelupas. Berikut ini beberapa cara mengatasi bibir kering dan mengelupas.

Minum air putih

 Cara Mengatasi Bibir Kering dan Mengelupas

Cara mengatasi bibir kering dan mengelupas pertama yaitu dengan banyak meminum air putih. Ini merupakan salah satu cara paling mudah untuk membuat bibirmu tetap lembap. Kekurangan cairan dalam tubuh dapat mengurangi kelembapan bibir sehingga menyebabkan bibir menjadi kering. Oleh karena itu, minumlah air dalam jumlah yang cukup, minimal 8 gelas dalam sehari.

Jangan menjilat bibir

Menjilat bibir justru akan membuat bibir kering dan tidak melembapkannya. maka dari itu, tidak menjilat bibir bisa menjadi cara mengatasi bibir kering dan mengelupas.

Menggunakan lip balm

Lip balm bisa digunakan sebagai cara mengatasi bibir kering dan mengelupas berikutnya. Lip balm membuat bibir tetap lembap. Lip balm biasanya mengandung petroleum, beeswax, atau minyak lainnya yang akan menjadi penghalang untuk mencegah hilangnya kelembaban bibir. Lip balm dapat melindungi bibirmu dari sinar matahari, angin, dan udara dingin atau kering dengan mengunci kelembapan bibir dan menjaganya dari infeksi.

Pilih lipstik yang cocok

Cara mengatasi bibir kering dan mengelupas selanjutnya yaitu dengan memilih lipstik yang cocok. Kandungan alkohol dalam lipstik, seperti pada lipstik jenis matte atau lipstik yang tahan lama, biasanya cenderung untuk mengurangi kelembapan bibir karena alkohol cepat menguap. Namun, karena alkohol merupakan salah satu unsur penting dalam lipstik, beberapa produsen menggunakan alkohol dari tanaman yang berfungsi sebagai emolien atau senyawa yang dapat melembutkan bibir.

Beberapa lipstik juga sudah mengandung bahan tambahan yang sama seperti bahan yang terkandung dalam lip balm yang berfungsi untuk melembapkan bibir. Sebaiknya pilih lipstik jenis ini untuk tetap menjaga kelembapan bibirmu.

3 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-pecah

Bibir mengalami pecah-pecah memang disebakan oleh bibir yang kering. Berikut ini beberapa cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah.

Rutin melakukan scrub bibir

 Cara Mengatasi Bibir Kering dan Pecah-pecah

Cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah pertama yaitu dengan ruting melakukan scrub bibir. Scrub bibir dapat mengangkat kulit mati dan mengurangi pecah-pecah pada bibir.

Perbanyak makan buah dan sayur

Cara Mengatasi bibir kering dan pecah-pecah selanjutnya yaitu dengan banyak memakan buah dan sayuran. Konsumsi buah dan sayuran yang banyak mengandung vitamin C kalau bibirmu terasa kering dan mulai pecah-pecah. Apel, jeruk, pepaya, brokoli, kubis, dan kembang kol adalah contoh beberapa buah dan sayur yang banyak mengandung vitamin C.

Jangan mengigit bibir

Hobi mengigit bibir dapat membuat permukaan bibir menjadi luka dan berdarah. Hal ini membuat bibir menjadi kering dan pecah-pecah. Maka dari itu berhenti menggigit bibir bisa menjadi cara mengatasi bibir kering dan pecah-pecah.

4 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Bibir Kering dan Hitam

Berikut ini beberapa cara mengatasi bibir kering dan hitam.

Madu

 Cara Mengatasi Bibir Kering dan Hitam

Cara mengatasi bibir kering dan hitam pertama yaitu dengan menggunakan madu. Kandungan glukosa dan fruktosa dalam madu akan merangsang epidermis untuk membuat kolagen baru.

Jeruk nipis

Jeruk nipis bisa digunakan sebagai cara mengatasi bibir kering dan hitam. Diperkaya dengan kandungan vitamin C, buah ini akan membantu mengangkat sel kulit yang mati sehingga kulit bibir akan beregenerasi dengan baik.

Kunyit

Cara menghilangkan bibir kering dan hitam selanjutnya yaitu dengan menggunakan kunyit. Tidak hanya mengobati penyakit, kunyit juga berguna untuk menghilangkan bibir hitam dan kering. Caranya adalah dengan menumbuk halus dua ruas jari kunyit lalu oleskan pada bibir. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air bersih.

5 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Bibir Kering Secara Alami

Banyak bahan alami yang bisa kamu manfaatkan untuk mengatasi bibir yang kering. Berikut ini beberapa cara mengatasi bibir kering secara alami.

Gula dan minyak zaitun

Campuran gula dan minyak zaitun bisa dimanfaatkan sebagai cara mengatasi bibir kering secara alami. Campurkan 1 sendok teh gula pasir dengan 1 sendok teh minyak zaitun. Dengan bantuan sikat gigi, gosokkan campuran tersebut ke permukaan bibir. Lakukan secara teratur. Cara ini bisa mengatasi bibir pecah-pecah juga dapat membuat bibir lebih lembut dan berwarna pink cerah.

Madu

Madu memang memiliki banyak khasiat yang baik untuk bibir. Madu merupakan pelembap alami yang ampuh atasi bibir kering dan pecah-pecah. Caranya cukup mudah. Pertama oleskan madu murni ke permukaan bibir secara merata. Diamkan 15-20 menit, lalu bilas hingga bersih. Atau bisa juga dengan mengoleskan madu di bibir sebelum tidur di malam hari, lalu biarkan sampai keesokan paginya baru bilas dengan air.

Minyak kelapa

 Cara Mengatasi Bibir Kering Secara Alami

Cara mengatasi bibir kering secara alami selanjutnya yaitu dengan memanfaatkan khasiat minyak kelapa. Oleskan minyak kelapa di bibir secara merata. Diamkan 10-15 menit, baru bilas hingga bersih. Minyak kelapa ini diyakini bisa menutrisi kulit dan mengangkat sel-sel kulit mati.

Air mawar dan gliserin

Cara mengatasi bibir kering secara alami terakhir yaitu dengan campuran antara air mawar dan gliserin. Oleskan campuran tersebut secara merata ke permukaan bibir. Diamkan semalaman, baru bilas dengan air dingin keesokan paginya. Kombinasi kedua bahan tersebut diyakini sangat ampuh untuk mengangkat sel-sel kulit mati sekaligus melembapkan bibir.

 

(Andrawira Diwiyoga/Sumber: liputan6 dan fimela)

Pengalaman Hidup Berharga Chiki Fawzi di Desa Ronting
Join Dream.co.id