Atasi Lutut dan Siku Gelap dengan Bahan Alami

Tips Trick | Rabu, 3 Maret 2021 06:33
Atasi Lutut dan Siku Gelap dengan Bahan Alami

Reporter : Cynthia Amanda Male

Gunakan bahan alami ini untuk mengeksfoliasi kulit pada lutut dan siku.

Dream - Bagian lutut dan siku seringkali lebih gelap daripada area kulit lainnya. Pada beberapa orang, area tersebut bahkan berwarna hitam.

Tentu saja, ini membuat penampilanmu kurang menarik dan dapat menurunkan kepercayaan diri. Penggelapan kulit atau pigmentasi ini tidak terjadi semerta-merta.

Umumnya, pigmentasi disebabkan oleh kurangnya ekfoliasi, paparan sinar UV, ketidakseimbangan hormonal, proses penuaan, melasma, gesekan, serta kondisi kesehatan kulit lainnya.

Meski terkesan sulit dihilangkan, kamu bisa memakai bahan alami untuk mengatasinya. Dilansir Times of India, berikut bahan alami yang dapat digunakan untuk mengatasi pigmentasi pada siku serta lutut.

2 dari 3 halaman

Lemon

 Lemon
© Pexels.com

Lemon mengandung zat asam yang dapat digunakan untuk mengeksfoliasi dan mengontrol produksi minyak pada kulit secara alami.

Sehingga, lemon dapat menghilangkan sel kulit mati, mencerahkan serta membersihkan lutut maupun siku secara maksimal.

Usapkan lemon pada kedua area kulit tersebut dan biarkan selama 10 menit. Lalu, bilas menggunakan air hangat. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil maksimal.

Lidah buaya

Lidah buaya dapat melembapkan lutut serta sikumu. Sehingga, kulit di area tersebut lebih sehat dan tidak mudah kusam.

Aplikasikan getah lidah buaya atau aloe vera gel yang terjual di pasaran dan biarkan hingga menyerap. Jika memakai getah lidah buaya asli, bilaslah lutut dan sikumu menggunakan air dingin.

3 dari 3 halaman

Minyak kelapa

Jika tidak ingin menggunakan lemon, kamu bisa memakai campuran minyak kelapa dan gula untuk mengeksfoliasi kulit.

Minyak kelapa juga lebih melembapkan daripada lemo. Sehingga, cukup nyaman digunakan pada kulit kering dan dapat mencerahkan kulit sekitar siku serta lutut.

Oatmeal dan yoghurt

Campuran bahan alami lainnya yang dapat mengeksfoliasi serta melembapkan adalah oatmeal dan yoghurt.

Pastikan kamu mencampurkan keduanya hingga menjadi campuran yang bertekstur tebal. Aplikasikan campurannya pada siku atau lutut dan biarkan selama 20 menit. Lalu, bilas menggunakan air bersih.

Join Dream.co.id