8 Tips Makeup untuk Kulit Berjerawat

Tips Trick | Senin, 8 Maret 2021 18:47
8 Tips Makeup untuk Kulit Berjerawat

Reporter : Dwi Ratih

Yuk dicoba!

Dream – Setiap wanita pasti senang memakai riasan wajah untuk sehari-hari, salah satu alasannya agar bisa menutupi jerawat atau kerusakan yang ada di kulit.

Namun sayangnya tidak semua orang dapat berhasil dalam melakukan riasan yang dapat menutupi keseluruhan jerawat.

Ada beberapa tips terbaik yang dapat dilakukan untuk merias wajah kulit berjerawat. Yuk simak!

1. Gunakan skincare yang tepat

Ketika memakai riasan wajah pada kulit berjerawat pastikan memakai skincare yang tepat dan pastikan kulit berada pada kondisi bersih. Wajib gunakan toner dan pelembap.

 Ilustrasi
© Shutterstock

2. Gunakan primer bebas minyak

Sebelum mengaplikasikan peralatan riasan lain, pakailah terlebih dahulu primer bebas minyak sebagai landasan make-up yang baik. Dengan begitu juga memberikan sentuhan yang lebih lembut.

2 dari 4 halaman

3. Gunakan foundation yang ringan

Yang terpenting adalah fondasi berbahan ringan dan bebas dari bahan berminyak, serta menentukan tone dari fondasi. Harus disesuaikan dengan warna kulit.

 Ilustrasi
© Shutterstock

4. Aplikasikan secara ringan dan tipis

Pastikan memakai segala produk makeup dengan lapisan yang tipis dan ringan, jangan terlalu tebal dan ditekan. Aplikasikan secara lembut dengan tangan atau beauty blender.

3 dari 4 halaman

5. Gunakan colour correction

Jika jerawat kemerahan pada kulit terlalu banyak dan tidak bisa hanya ditutup dengan foundation, colour correction akan sangat membantu. Pakai warna hijau untuk menutupi jerawat kemerahan.

 Ilustrasi
© Shutterstock

6. Pilih concealer full coverage

Jika tidak memiliki colour correction bisa pertimbangan menggunakan concealer full coverage yang memiliki kandungan SPF juga. Fokuskan concealer pada spot tertentu yang diperlukan. Jangan pakai keseluruh kulit wajah.

4 dari 4 halaman

7. Alihkan perhatian dari area kerusakan kulit

Jika terdapat jerawat yang banyak pada pipi, jangan gunakan blush, highlighter, dan bronzer yang berlebih pada pipi, alih-alih tonjolkan riasan lebih kepada bagian mata.

 Ilustrasi
© Shutterstock

8. Gunakan setting spray

Setelah dan sebelum menaruh riasan gunakan setting spray guna mengurangi minyak dan cahaya berlebihan yang dapat muncul dari muka.

Laporan: Josephine Widya, Sumber: Times of India

Join Dream.co.id