7 Trik Jitu Tuntaskan Jerawat dalam Semalam

Tips Trick | Jumat, 6 Agustus 2021 10:35

Reporter : Putu Monik Arindasari

Dilansir dari Times of India, ada beberapa trik super jitu yang dapat menghilangkan jerawat hanya dalam satu malam. Apa saja triknya? Langsung cek di bawah ini ya!

Dream – Memiliki wajah bersih dan cerah merupakan impian semua orang. Namun hadirnya jerawat membuat sebagian orang merasa menghadapi tembok besar untuk mendapatkan impian tersebut.

Tidak hanya merusak penampilan, kehadiran jerawat yang tak pernah diundang dapat meninggalkan kerusakan kulit dan menurunkan rasa percaya diri.

Tapi kamu tak perlu khawatir lagi! Dilansir dari Times of India, ada beberapa trik super jitu yang dapat menghilangkan jerawat hanya dalam satu malam. Apa saja triknya? Langsung cek di bawah ini ya!

Gunakan Minyak Tea Tree

Minyak tea tree merupakan bahan alami yang diolah dari pohon melaleuca alternifolia. Minyak yang satu ini terkenal dengan khasiatnya dalam menyembuhkan jerawat.

 Minyak Tea Tree
© Shutterstock

Ambil satu tetes minyak tea tree, kemudian campurkan dengan lima tetes minyak kelapa. Oleskan campuran minyak ini pada jerawat, biarkan semalaman, dan bilas dengan air mengalir keesokan harinya.

7 Trik Jitu Tuntaskan Jerawat dalam Semalam
Trik Jitu Tuntaskan Jerawat Dalam Semalam (Foto: Shutterstock)
2 dari 7 halaman

Aplikasikan Madu pada Jerawat

Madu merupakan bahan alami serbaguna yang mampu menyembuhkan seribu satu permasalahan kesehatan, salah satunya yaitu masalah pada kulit. Mengoleskan madu pada kulit dapat membuka pori-pori yang tersumbat, serta menambah kadar hidrasi yang dibutuhkan.

 Madu
© Shutterstock

Aplikasikan satu tetes madu pada area yang terinfeksi, biarkan semalaman, dan bilas dengan air hangat keesokan harinya.

Pakai Lidah Buaya

 Lidah Buaya
© Shutterstock

Ambil ekstrak lidah buaya, oleskan pada area yang terinfeksi, dan biarkan semalaman. Lihat keajaibannya pada pagi hari.

 

3 dari 7 halaman

Gunakan Seduhan Teh Hijau

 Teh Hijau
© Shutterstock


Teh hijau memiliki berbagai kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan kulit, seperti tanin dan flavonoid berfungsi melawan peradangan dan bakteri penyebab jerawat. Cukup seduh satu cangkir teh hijau, kemudian tunggu hingga dingin. Bilas wajah dengan teh hijau dan keringkan sebelum kamu tidur.

Tempelkan Es Batu

 Pakai Es Batu
© Shutterstock

Es batu yang dingin dapat mengurangi pembengkakan secara alami. Kamu dapat mengambil es batu dan tempelkan perlahan pada jerawat. Jangan ditekan, biarkan lelehan es batu menyerap pada kulit wajah. Jerawatmu akan berkurang pada pagi hari.

4 dari 7 halaman

Pakai Cairan Lemon

 Perasan Lemon
© Shutterstock

Cara mengempeskan jerawat dengan lemon tergolong mudah, kamu perlu memeras beberapa tetes lemon di air dalam gelas, kemudian aduk agar keduanya bercampur dengan rata. Rendam kapas pada cairan lemon, tempelkan pada jerawat selama 10 menit, dan bilas wajah dengan air mengalir sebelum kamu tidur.

Kulit Jeruk

 Kulit Jeruk
© Shutterstock

Ambil beberapa kulit jeruk dan keringkan. Campur dengan air dan aplikasikan pada area yang terinfeksi. Biarkan semalaman dan bilas dengan air mengalir keesokan harinya.

Itulah beberapa bahan alami yang dapat kamu gunakan untuk menghilangkan jerawat. Namun membersihkan wajah dua kali sehari merupakan tindakan yang tidak kalah penting ya, terutama bagi kamu yang memiliki kulit sensitif. Lebih baik kita mencegah ketimbang mengobati!

Laporan: Angela Irena Mihardja

5 dari 7 halaman

lycolic Acid, Formula Eksfoliasi yang Pas untuk Kulit Berjerawat

Dream – Untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang memicu kulit kusam, dulu kita menggunakan scrub wajah. Kini, formula eksfoliasi atau pengelupasan hadir dalam banyak bentuk, salah satunya toner yang mengandung glycolic acid.

Glycolic acid yang semula hanya tersedia lewat resep dokter kulit, banyak dijual di pasaran dalam bentuk skincare harian. Lalu apa itu glycolic acid?

Tanpa Operasi, Coba 4 Cara Hilangkan Stretch Mark

Menurut Lindsey Zubritsky, seorang dokter kulit di Pittsburg, asam glikolat adalah bahan eksfoliasi kimia turunan alpha hyrdroxy acid (AHA) yang berasal dari tebu.

Dari semua AHA termasuk lactic, citric, malic, termasuk glycolic acid, asam ini memiliki partikel terkecil dengan struktur paling sederhana.

“ Ini adalah yang paling kuat dan efektif karena dapat menembus kulit kita dengan sangat baik,” kata Zubritsky, dikutip dari Allure.

Asam ini bisa menghaluskan serta mencerahkan kulit. Menurut Hope Mitchell, ahli kulit berbasis di Ohio, saat meresap ke dalam kulit akan mengelupas sel-sel kulit mati di lapisan atas penyebab kulit kusam dan kasar.

6 dari 7 halaman

Selama menggunakannya, glycolic acid juga efektif memudarkan bintik hitam dan hiperpigmentasi lainnya. Selain itu, dengan mengangkat sel kulit mati yang menyumbat pori, produk perawatan kulit lainnya akan lebih mudah meresap.

 Ilustrasi Produk Skincare
© Shutterstock

Pijat 'Tampar Wajah' ala Thailand Diklaim Bisa Bikin Cantik

Zubritsky menambahkan, glycolic acid membantu mengurangi garis-garis halus dan kerutan karena ukurannya yang kecil. “ Glycolic acid bekerja pada fibroblast untuk merangsang kolagen baru, menghasilkan kulit yang lebih kencang,” katanya.

7 dari 7 halaman

Siapa yang bisa menggunakan glycolic acid?

Ahli kulit mengatakan asam ini aman untuk semua jenis kulit. Formula ini paling baik untuk mereka yang kulitnya berminyak dan rawan jerawat. Jika kulitmu kering dan sensitif terutama menderita rosacea atau eksim, hati-hati dalam menggunakannya.

Kini ada beberapa produk yang menggabungkan glycolic acid dengan bahan-bahan yang mengunci kelembapan. Seperti formula glycerin, dan triglycerides.
Untuk frekuensi penggunaannya tergantung pada produk yang digunakan. Beberapa dapat digunakan setiap hari, sementara ada yang hanya boleh digunakan seminggu sekali. Baca petunjuk pemakaian dengan seksama.

Cara Merawat Area T-Zone bila Kulit Berminyak

" Jika kulitmu sensitif, cari produk dengan presentase asam yang rendah yakni di bawah 10. Kamu bisa menggunakannya seminggu sekali. Penggunaan berlebih dapat menyebabkan pengelupasan, kulit kering, iritasi, kemerahan, atau bahkan lebih banyak jerawat,” kata Zubritsky.


Laporan: Elyzabeth Yulivia

Terkait
Join Dream.co.id