Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

7 Trik Jitu Tuntaskan Jerawat dalam Semalam

7 Trik Jitu Tuntaskan Jerawat dalam Semalam Trik Jitu Tuntaskan Jerawat Dalam Semalam (Foto: Shutterstock)

Dream – Memiliki wajah bersih dan cerah merupakan impian semua orang. Namun hadirnya jerawat membuat sebagian orang merasa menghadapi tembok besar untuk mendapatkan impian tersebut.

Tidak hanya merusak penampilan, kehadiran jerawat yang tak pernah diundang dapat meninggalkan kerusakan kulit dan menurunkan rasa percaya diri.

Tapi kamu tak perlu khawatir lagi! Dilansir dari Times of India, ada beberapa trik super jitu yang dapat menghilangkan jerawat hanya dalam satu malam. Apa saja triknya? Langsung cek di bawah ini ya!

Gunakan Minyak Tea Tree

Minyak tea tree merupakan bahan alami yang diolah dari pohon melaleuca alternifolia. Minyak yang satu ini terkenal dengan khasiatnya dalam menyembuhkan jerawat.

Minyak Tea Tree

Ambil satu tetes minyak tea tree, kemudian campurkan dengan lima tetes minyak kelapa. Oleskan campuran minyak ini pada jerawat, biarkan semalaman, dan bilas dengan air mengalir keesokan harinya.

Aplikasikan Madu pada Jerawat

Madu merupakan bahan alami serbaguna yang mampu menyembuhkan seribu satu permasalahan kesehatan, salah satunya yaitu masalah pada kulit. Mengoleskan madu pada kulit dapat membuka pori-pori yang tersumbat, serta menambah kadar hidrasi yang dibutuhkan.

Madu

Aplikasikan satu tetes madu pada area yang terinfeksi, biarkan semalaman, dan bilas dengan air hangat keesokan harinya.

Pakai Lidah Buaya

Lidah Buaya

Ambil ekstrak lidah buaya, oleskan pada area yang terinfeksi, dan biarkan semalaman. Lihat keajaibannya pada pagi hari.

 

Gunakan Seduhan Teh Hijau

Teh Hijau


Teh hijau memiliki berbagai kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan kulit, seperti tanin dan flavonoid berfungsi melawan peradangan dan bakteri penyebab jerawat. Cukup seduh satu cangkir teh hijau, kemudian tunggu hingga dingin. Bilas wajah dengan teh hijau dan keringkan sebelum kamu tidur.

Tempelkan Es Batu

Pakai Es Batu

Es batu yang dingin dapat mengurangi pembengkakan secara alami. Kamu dapat mengambil es batu dan tempelkan perlahan pada jerawat. Jangan ditekan, biarkan lelehan es batu menyerap pada kulit wajah. Jerawatmu akan berkurang pada pagi hari.

Pakai Cairan Lemon

Perasan Lemon

Cara mengempeskan jerawat dengan lemon tergolong mudah, kamu perlu memeras beberapa tetes lemon di air dalam gelas, kemudian aduk agar keduanya bercampur dengan rata. Rendam kapas pada cairan lemon, tempelkan pada jerawat selama 10 menit, dan bilas wajah dengan air mengalir sebelum kamu tidur.

Kulit Jeruk

Kulit Jeruk

Ambil beberapa kulit jeruk dan keringkan. Campur dengan air dan aplikasikan pada area yang terinfeksi. Biarkan semalaman dan bilas dengan air mengalir keesokan harinya.

Itulah beberapa bahan alami yang dapat kamu gunakan untuk menghilangkan jerawat. Namun membersihkan wajah dua kali sehari merupakan tindakan yang tidak kalah penting ya, terutama bagi kamu yang memiliki kulit sensitif. Lebih baik kita mencegah ketimbang mengobati!

Laporan: Angela Irena Mihardja

lycolic Acid, Formula Eksfoliasi yang Pas untuk Kulit Berjerawat

Dream – Untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang memicu kulit kusam, dulu kita menggunakan scrub wajah. Kini, formula eksfoliasi atau pengelupasan hadir dalam banyak bentuk, salah satunya toner yang mengandung glycolic acid.

Glycolic acid yang semula hanya tersedia lewat resep dokter kulit, banyak dijual di pasaran dalam bentuk skincare harian. Lalu apa itu glycolic acid?

Tanpa Operasi, Coba 4 Cara Hilangkan Stretch Mark

Menurut Lindsey Zubritsky, seorang dokter kulit di Pittsburg, asam glikolat adalah bahan eksfoliasi kimia turunan alpha hyrdroxy acid (AHA) yang berasal dari tebu.

Dari semua AHA termasuk lactic, citric, malic, termasuk glycolic acid, asam ini memiliki partikel terkecil dengan struktur paling sederhana.

“ Ini adalah yang paling kuat dan efektif karena dapat menembus kulit kita dengan sangat baik,” kata Zubritsky, dikutip dari Allure.

Asam ini bisa menghaluskan serta mencerahkan kulit. Menurut Hope Mitchell, ahli kulit berbasis di Ohio, saat meresap ke dalam kulit akan mengelupas sel-sel kulit mati di lapisan atas penyebab kulit kusam dan kasar.

Selama menggunakannya, glycolic acid juga efektif memudarkan bintik hitam dan hiperpigmentasi lainnya. Selain itu, dengan mengangkat sel kulit mati yang menyumbat pori, produk perawatan kulit lainnya akan lebih mudah meresap.

Ilustrasi Produk Skincare© Shutterstock

Pijat 'Tampar Wajah' ala Thailand Diklaim Bisa Bikin Cantik

Zubritsky menambahkan, glycolic acid membantu mengurangi garis-garis halus dan kerutan karena ukurannya yang kecil. “ Glycolic acid bekerja pada fibroblast untuk merangsang kolagen baru, menghasilkan kulit yang lebih kencang,” katanya.

Siapa yang bisa menggunakan glycolic acid?

Ahli kulit mengatakan asam ini aman untuk semua jenis kulit. Formula ini paling baik untuk mereka yang kulitnya berminyak dan rawan jerawat. Jika kulitmu kering dan sensitif terutama menderita rosacea atau eksim, hati-hati dalam menggunakannya.

Kini ada beberapa produk yang menggabungkan glycolic acid dengan bahan-bahan yang mengunci kelembapan. Seperti formula glycerin, dan triglycerides.
Untuk frekuensi penggunaannya tergantung pada produk yang digunakan. Beberapa dapat digunakan setiap hari, sementara ada yang hanya boleh digunakan seminggu sekali. Baca petunjuk pemakaian dengan seksama.

Cara Merawat Area T-Zone bila Kulit Berminyak

" Jika kulitmu sensitif, cari produk dengan presentase asam yang rendah yakni di bawah 10. Kamu bisa menggunakannya seminggu sekali. Penggunaan berlebih dapat menyebabkan pengelupasan, kulit kering, iritasi, kemerahan, atau bahkan lebih banyak jerawat,” kata Zubritsky.


Laporan: Elyzabeth Yulivia

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
7 Trik Mematangkan Mangga dengan Cepat, Cuma Pakai Alat Rumahan

7 Trik Mematangkan Mangga dengan Cepat, Cuma Pakai Alat Rumahan

Tidak sengaja membeli buah mangga yang belum matang sepenuhnya seringkali menjadi tantangan, terutama ketika kita ingin segera menikmatinya.

Baca Selengkapnya
Trik Simpan Makanan Sisa Sahur dan Berbuka Biar Tak Cepat Basi

Trik Simpan Makanan Sisa Sahur dan Berbuka Biar Tak Cepat Basi

Biar tidak mubazir dan makanan sisa bisa disantap lagi keesokan hari, cari tahu trik menyimpannya.

Baca Selengkapnya
5 Kesalahan Merawat Kulit Setelah Olahraga, Bikin Jerawat Bermunculan

5 Kesalahan Merawat Kulit Setelah Olahraga, Bikin Jerawat Bermunculan

Perawatan kulit setelah berolahraga sedikit berbeda daripada biasanya. Jangan sampai salah pakai produk dan cari tahu cara tepat merawat kulit usai berolahraga.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
5 Trik Bebas Sembelit Saat Puasa, Perut Jadi Lebih Nyaman

5 Trik Bebas Sembelit Saat Puasa, Perut Jadi Lebih Nyaman

Kadang kita kurang memperhatikan asupan serat saat sahur dan berbuka, sehingga buang air besar jadi sangat sulit atau keras.

Baca Selengkapnya
Kulit Kemerahan Akibat Jerawat?  Coba 6 Cara untuk Meredakannya

Kulit Kemerahan Akibat Jerawat? Coba 6 Cara untuk Meredakannya

Kemerahan atau peradangan akibat jerawat dapat dihilangkan dengan melakukan perawatan kulit tertentu.

Baca Selengkapnya
3 Tips Menghindari Saraf Terjepit di Usia Muda

3 Tips Menghindari Saraf Terjepit di Usia Muda

Saraf terjepit bisa terjadi di usia muda dan menghambat kegiatan sehari-hari. Ada beberapa cara untuk mencegah dan mengatasinya.

Baca Selengkapnya
Gejala Serangan Jantung Pada Kaum Hawa Lebih Banyak, Tak Boleh Abai

Gejala Serangan Jantung Pada Kaum Hawa Lebih Banyak, Tak Boleh Abai

Semakin cepat mencegahnya, maka akan semakin sedikit kerusakan yang terjadi pada jantung.

Baca Selengkapnya
Cara Simpan Jagung Mentah, Tetap Segar, dan Bernutrisi

Cara Simpan Jagung Mentah, Tetap Segar, dan Bernutrisi

Nih beberapa tips jitu buat nyimpen jagung yang bisa kalian coba di rumah.

Baca Selengkapnya
6 Tips Awet Kenyang Saat Puasa Selama Ramadan

6 Tips Awet Kenyang Saat Puasa Selama Ramadan

Ada loh beberapa tips awet kenyang saat puasa, rasa lapar dapat dikendalikan dan tubuh pun tetap berenergi selama puasa.

Baca Selengkapnya