7 Essential Oil yang Mampu Mengatasi Ruam Kulit

Tips Trick | Selasa, 20 April 2021 13:12
7 Essential Oil yang Mampu Mengatasi Ruam Kulit

Reporter : Cynthia Amanda Male

Redakan kondisi kulit dengan essential oil ini.

Dream - Udara panas merupakan salah satu penyebab ruam pada kulit. Selain udara panas, alergi, luka, gigitan serangga dan infeksi juga bisa jadi penyebabnya.

Kondisi itu akan lebih parah jika kulitmu kering atau dehidrasi seperti yang sering dialami ketika berpuasa. Oleh karena itu, sangat penting untuk minum air cukup dan menggunakan pelembap untuk mencegahnya.

Di samping itu, kamu juga bisa menggunakan essential oil dengan aroma tertentu untuk mengatasi ruam pada kulit. Dilansir dari Times of India, berikut essential oil yang mampu mengatasi ruam.

2 dari 3 halaman

Sandalwood

Essential oil memiliki kandungan serupa dengan kayu-kayuan serta tumbuhan pada umumnya. Sehingga sandalwood mampu mengatasi berbagai masalah, termasuk ruam pada kulit yang terasa gatal.

Peppermint: Jika mengalami peradangan, kamu bisa mengatasinya dengan mengoleskan sedikit peppermint oil di sekitar ruam.

Meski begitu, jangan gunakan peppermint oil terlalu banyak agar tidak menyebabkan kondisi yang lebih parah atau terasa perih maupun panas.

Lemongrass dan thyme oil: Gunakan lemongrass dan thyme oil untuk mengatasi ruam akibat gigitan serangga. Kandungan penyegar di dalamnya mampu menenangkan kulit yang mengalami ruam.

3 dari 3 halaman

Lavender oil

Lavender oil mampu meredakan rasa sakit, peradangan, kemerahan dan ruam kulit akibat iritasi maupun paparan sinar matahari.

Eucalyptus oil: Sediakan eucalyptus oil agar lebih praktis dalam mengatasi semua jenis ruam pada kulit. Selain mengatasinya, eucalyptus oil juga dapat melembapkan area yang teriritasi, gatal serta terasa sakit.

Chamomile oil: Kandungan azulene pada chamomile oil mampu melembapkan kulit dan mengatasi rasa gatal, peradangan maupun iritasi akibat ruam.

Geranium oil: Ketika merasa panas di sekitar area kulit yang mengalami ruam, gunakanlah geranium oil. Kandungan alkaline pada geranium oil dapat menyeimbangkan kelembapan alami kulit. Sehingga, proses penyembuhan pun lebih cepat.

Join Dream.co.id