6 Tips Khusus Merawat Rambut Kering

Tips Trick | Jumat, 27 Agustus 2021 07:12

Reporter :

Apa saja memangnya, ya?

Dream - Merawat rambut bukan hal sepele. Kamu tidak cukup melakukannya hanya dengan rutin keramas. Masih ada tahapan perawatan khusus lain agar mahkota kepala kamu itu bisa terlihat lebih sehat dan lebat.

Sebelumnya menentukan jenis perawatan yang akan digunakan, Sahabat Dream harus tahu terlebih dulu mengenali jenis rambut yang kamu miliki. 

Jika kamu pemilik rambut kering, bisa saja kondisi rambut yang tak sesuai harapan disebabkan minyak alami rambut sudah terkikis. Sangat penting untuk kamu selalu memperhatikan kelembapan rambut.

Rambut yang tidak terjaga kelembapannya akan menghadapi berbagai masalah seperti kerontokan atau berketombe.

Beberapa penyebab dari rambut kering adalah terlalu sering keramas, rambut terlalu sering terpapar sinar matahari, menggunakan penata rambut, dan merokok.

Penyebab tersebut, tidak hanya membuat rambut menjadi kering, namun juga bisa merusak rambut dari akar-akarnya. Untuk menghindari ataupun memperbaiki permasalahan rambut kering, berikut ada tips cara merawatnya!

6 Tips Khusus Merawat Rambut Kering
Foto: Ilustrasi/Shutterstock
2 dari 5 halaman

Berikut langkahnya

  • Pastikan kamu selalu menggunakan serum sebelum kamu menggunakan alat penata rambut yang mengandung panas. Tapi kamu juga harus memperhatikan penggunaannya agar tidak mengenakan kulit kepala, supaya rambut tidak berminyak.
  • Kamu juga bisa menggunakan beberapa minyak yang mengandung vitamin e dan antioksidan tinggi, seperti minyak kelapa, zaitun, atau minyak kacang almond. Gunakan minyak ini sebelum kamu keramas, aplikasikan di kulit kepala selama 1 jam sebelum kamu keramas seperti biasa.
  • Tambahkan kelembapan rambut dengan pakai kondisioner setelah keramas.

 Ilustrasi© Dream

3 dari 5 halaman

Pilihan produk yang tepat

  • Kamu juga bisa gunakan produk-produk perawatan rambut yang organik dan tidak merusak rambut. Pilihlah produk-produk yang tidak mengandung paraben, bahan kimia, dan sulfat.
  • Perhatikan makanan yang kamu konsumsi, kamu bisa tingkatkan pengonsumsian makanan yang memiliki kandungan omega-3 dan antioksidan. Protein dari ikan, bisa membuat rambut lebih bersinar dan tebal.
  • Rutinlah menggunting bagian bawah rambut, khususnya untuk kamu yang memiliki rambut bercabang. Hal ini dilakukan agar rambut yang kamu miliki selalu sehat, dan tidak rusak bagian bawahnya.

Sumber: Times of India

4 dari 5 halaman

Cara Simpel Bersihkan Kulit Kepala Tanpa Harus Keramas

Dream - Beraktivitas di rumah saja bisa menyebabkan berbagai masalah rambut. Terutama, jika kamu menjalani pola hidup kurang sehat dan sering menghabiskan waktu di ruangan ber-AC.

Dua kebiasaan tersebut bisa menyebabkan rambut kering, kusut, dan sulit diatur. Sering keramas juga belum tentu bisa memberikan solusi terbaik. Keramas terlalu sering bisa mengikis kelembapan alami rambut dan membuatnya semakin kering.

5 Trik Memakai Blush untuk Mengubah Bentuk Wajah

Kamu bisa menggunakan sampo kering atau scalp refresher untuk meminimalisir pemakaian sampo. Sama dengan sampo kering, scalp refresher juga hanya perlu diaplikasikan di kulit kepala dan dipijat selama 2 menit hingga produknya benar-benar menyerap.

Keduanya memiliki formula yang berbeda. Jika lebih nyaman menggunakan spray dan memiliki rambut berminyak, gunakan sampo kering.

5 dari 5 halaman

Jika rambutmu kering dan ingin menggunakan formula yang lebih melembapkan seperti gel, gunakanlah scalp refresher. Meski dapat melembapkan, namun scalp refresher juga bisa mengontrol produksi minyak alami rambut.

Sehingga, rambutmu bebas lepek selama sehari. Bila perlu, gunakan scalp refresher yang mengandung menthol untuk memastikan rambutmu bebas minyak berlebih dan tetap segar seharian.

Untuk membuat rambut tetap sehat, cukup lembap, tidak rapuh atau rontok, gunakanlah sampo yang mengandung bambu dan intra-cyclane. Keduanya mampu menjaga kelembapan dan kekuatan rambut secara alami.

Kamu pun bisa memakai hair pack atau hair mask yang mengandung aloe vera dan spirulina setiap minggu untuk memperkuat serta melembapkan rambut.

Gunakan juga smoothing serum untuk menjaga rambut agar tidak kusut dan kusam. Pilih smoothing serum yang mengandung grapeseed oil agar rambutmu lebih mudah diatur.

 Rangkaian Perawatan Rambut dari Biolage© Dream

Jika ingin melakukan perawatan tersebut di rumah, kamu bisa mencoba rangkaian produk terbaru dari Biolage Personal Haircare Quarantine Kit. Terdiri dari yaitu Deep Smoothing Serum, Scalp Refresher, Deep Treatment Pack Hydrasource, dan Fiberstrong Shampoo yang telah tersedia di toko resmi Biolage.

Join Dream.co.id