5 Tips Persiapan Jelang Lebaran Bersama Keluarga di Rumah

Tips Trick | Jumat, 22 Mei 2020 14:30
5 Tips Persiapan Jelang Lebaran Bersama Keluarga di Rumah

Reporter : Ulyaeni Maulida

Lebaran sebentar lagi.

 Dream – Bulan Ramadhan tak terasa akan segera berlalu. Meskipun Ramadhan tahun ini terasa berbeda, namun semangat menggapai hari kemenangan terus terasa.

Jalinan silahturrahmi harus tetap terjaga, meskipun harus berjarak. Selain memaksimalkan ibadah di malam-malam terakhir Ramadhan, ada beberapa hal lain juga yang tak kalah pentingnya untuk dipersiapkan.

Terutama menjelang lebaran bersama keluarga di rumah. Berikut adalah beberapa tips yang dapat kamu praktekkan, saat mempersiapkan lebaran Idul Fitri nanti: 

2 dari 7 halaman

Membersihkan Rumah

Wajib Dicoba, 4 Cara Cepat Membersihkan Rumah© MEN

Membersihkan rumah adalah hal yang penting untuk dilakukan. Meskipun saat lebaran tahun ini, tidak bisa leluasa saling berkunjung. Namun, hal itu bukan menjadi alasan untuk tidak membersihkan rumah ya.

Karena rumah yang bersih akan membuat penghuninya pun nyaman. Tentu saja kamu dan keluarga akan lebih betah lagi berdiam dirumah.

3 dari 7 halaman

Berbagi Rezeki atau THR

 Siapa nih yang suka banget dengerin kata THR? Nah, momen lebaran menjadi salah satu momen yang tepat untuk bagi-bagi THR. Dengan begitu kamu bisa berbagi rezeki kepada sanak saudara.

Apalagi, lebaran juga dijadikan momen untuk kumpul-kumpul bareng keluarga dirumah.

Jika kamu sudah memiliki penghasilan sendiri, kamu bisa ikut berbagi THR dengan adik atau keponakan dirumah.

Wah, sudah tidak sabar nih menyambut lebaran.

4 dari 7 halaman

Belanja Bahan Makanan

Belanja© Pexels.com

 

Nah kalau ini pasti kesukaan ibu-ibu dirumah. Mempersiapkan lebaran artinya mulai membeli bahan-bahan makanan yang akan diolah menjadi hidangan lezat khas lebaran. Seperti ketupat, opor ayam, semur daging, sambal kentang, dan lain sebagainya. 

Tapi, yang harus tetap diingat bahwa saat keluar dari rumah, jangan lupa untuk memakai masker.

Dan saat tiba dirumah, harus segera membersihkan diri, baik itu dengan mengganti pakaian yang digunakan atau mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Agar kamu selalu sehat bareng keluarga di rumah.

5 dari 7 halaman

Memasak Hidangan Spesial

 

Jika tadi kamu sudah berbelanja segala bahan makanan yang dibutuhkan, sekarang saatnya untuk mengolah bahan makanan tadi menjadi berbagai hidangan spesial lebaran.

Kamu dapat berbagi tugas dengan keluarga di rumah. Selain membuat pekerjaan terasa lebih ringan, tentunya berbagi tugas dalam persiapan lebaran akan membuat keluarga semakin dekat.

6 dari 7 halaman

Kue Lebaran

Kue lebaran© Pixabay.com

 

Salah satu tradisi yang dilakukan jelang lebaran adalah membuat kue lebaran. Tak lengkap rasanya jika tanpa kue lebaran. Seperti nastar, kue keranjang, kue kacang dan masih banyak lagi.

Momen bersama keluarga dirumah ini, tentunya menjadi waktu yang tepat untuk membuat kue lebaran. Selain lebih banyak tangan yang ikut membantu, tentunya keceriaan saat membuat kue, akan menghilangkan rasa capek yang melanda.

7 dari 7 halaman

Berkomitmen Menjadi Lebih Baik

 

Datangnya bulan Ramadhan menjadi ajang untuk memohon ampunan atas segala dosa. Ramadhan juga menjadi momen yang digunakan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Jika berhasil menggapai hari kemenangan, maka berkomitmenlah pada diri sendiri untuk menjadi pribadi yang lebih baik meskipun Ramadhan telah berakhir.

Raihlah ridho Allah dan keberkahan selama berpuasa pada bulan-bulan selanjutnya. Sehingga jika diberikan kesempatan untuk bertemu Ramadhan kembali, kita akan menjadi pribadi yang lebih baik.

 

(Diambil dari berbagai sumber)

Join Dream.co.id