5 Tips Perawatan Kulit Dasar untuk Mencegah Penuaan

Tips Trick | Senin, 1 Maret 2021 11:33
5 Tips Perawatan Kulit Dasar untuk Mencegah Penuaan

Reporter : Cynthia Amanda Male

Begini cara tampil awet muda lebih lama.

Dream - Penuaan merupakan proses yang paling dihindari dan tidak bisa ditolak oleh semua orang. Ketika mengalaminya, kulitmu akan lebih sensitif, timbul noda pigmentasi, kerutan, pengenduran dan hal lainnya.

Hampir semua yang sangat memperhatikan penampilan berusaha mencegah penuaan dini. Berharap penampilan tetap awet muda dan flawless. Mencegah awet muda disarankan untuk dilakukan sejak dini tanpa batasan usia.

Namun, tidak dianjurkan pula untuk melakukannya melebihi usia 25. Nah biar kamu tak terlambat, berikut adalah upaya sederhana memuli perawatan tubuh dari penuaan dini seperti yang dilansir dari Times of India berikut ini.

2 dari 3 halaman

Memakai tabir surya

Kebiasaan ini seringkali disebutkan dalam tips kecantikan. Pasalnya meski penting, pemakaian tabir surya kerap diabaikan. Padahal, wajah akan lebih rentan mengalami pigmentasi secara bertahap jika tidak memakainya.

Mungkin, kamu tidak melihat akibatnya sekarang. Namun, hal tersebut bisa muncul di kemudian hari. Jika tidak ingin hal tersebut terjadi, gunakanlah tabir surya minimal SPF 30 saat beraktivitas di pagi hingga sore hari.

Jangan lupa untuk memakainya dalam jumlah cukup dan mengaplikasikannya ke seluruh area kulit yang terbuka setiap 3-4 jam sekali.

Memakai kacamata hitam

Pemakaian tabir surya di area mata masih menjadi perdebatan. Ada yang menganjurkannya dan ada yang tidak. Jika ingin lebih aman, kamu bisa menggunakan kacamata hitam yang dapat melindungi dari sinar UV saat keluar rumah.

3 dari 3 halaman

Memakai topi dan berpakaian tertutup

Gunakanlah topi dan pakaian tertutup untuk memberikan proteksi lebih terhadap kulit saat beraktivitas di luar ruangan.

Jangan sepelekan dampak sinar UV pada kulit. Hal tersebutlah yang akan mempercepat penuaan dan memperburuk penampilanmu.

Menghindari merokok

Merokok sangat buruk bagi kesehatan tubuh dan penampilan kulitmu. Kebiasaan tersebut dapat menghancurkan kolagen, sehingga membuat kulit lebih mudah mengendur dan keriput.

Menggunakan retinol atau retinoid

Mungkin, kamu sudah sering mendengar kedua bahan ini sebelumnya. Skincare yang mengandung retinol atau retinoid dapat mencegah penuaan.

Jika tidak ingin menggunakan retinoid, gunakanlah retinol agar lebih aman untuk semua jenis kulit. Terutama, yang belum pernah terpapar berbagai jenis vitamin A.

Join Dream.co.id