5 Tips Menjaga Kesehatan dan Kekuatan Kuku

Tips Trick | Kamis, 5 Agustus 2021 06:45

Reporter : Cynthia Amanda Male

Cegah kuku berjamur dan mudah patah.

Dream - Menjaga kebersihan tangan merupakan salah satu kewajiban yang harus diperhatikan selama pandemi Covid-19. Namun, terkadang menjaga kebersihan tangan saja belum cukup.

Kamu juga harus memerhatikan kebersihan kuku agar tidak terlihat hitam, kotor, dan mengganggu penampilannya.

Terdapat berbagai cara untuk bisa menjaga penampilan dan kesehatan kuku saat cuaca lembap agar tidak berjamur atau patah.

Dilansir Indian Express, berikut tips merawat kuku yang bisa dilakukan setiap minggu atau bulan agar tetap bersih, sehat, dan kuat.

5 Tips Menjaga Kesehatan dan Kekuatan Kuku
Memiliki Kuku Yang Sehat Dan Kuat. (Source: Shutterstock)
2 dari 3 halaman

1. Memastikan kuku tetap kering

 Merawat Kuku Tangan dan Kaki
© Shutterstock

Pastikan kuku kaki dan tanganmu tetap kering. Kuku yang sering basah akan lebih mudah patah, terpapar bakteri, serta rusak.

Jangan terlalu sering menggunakan alas kaki yang tertutup di area sekitar kuku untuk mencegah adanya jamur.

2. Menggunakan bedak anti jamur

Cegah infeksi dengan memakai bedak anti jamur. Kamu pun bisa memakai deodoran jika tidak memiliki bedak anti jamur atau talcum powder. Terutama, jika kukumu pernah berjamur.

3 dari 3 halaman

3. Memotong kuku secara berkala

Kuku yang panjang dan jarang dipotong akan lebih rentan ditumbuhi bakteri atau jamur serta patah. Terutama, ketika basah. Potonglah kukumu setiap minggu agar tidak terlalu panjang dan tetap sehat serta bersih.

4. Menghindari benda tajam saat membersihkan kuku

Hindari pemakaian benda tajam atau yang berujung runcing untuk membersihkan area di bawah kuku. Pakailah nail brush untuk membersihkan area tersebut agar tidak menimbulkan jarak antara kuku dan kulit di bawahnya yang bisa menjadi sarang bakteri.

5. Menggunakan base coat

Selalu aplikasikan base coat untuk menjaga kekuatan kuku. Gunakan nail polish remover yang aman untuk menjaga kekuatan serta tekstur kuku agar tetap halus ketika ingin menghapus base coat.

Join Dream.co.id