Waspada 5 Penyebab Rambut Rontok Meski di Rumah Saja

Tips Trick | Kamis, 4 Juni 2020 11:12
Waspada 5 Penyebab Rambut Rontok Meski di Rumah Saja

Reporter : Syahidah Izzata Sabiila

Banyak tak menyadari rambut sudah banyak yang rontok.

Dream - Saat menghabiskan waktu di rumah selama pandemi, banyak kaum hawa  mengeluhkan kondisi rambut rontok. Jumlahnya bahkan menjadi lebih banyak dari hari ke hari.

Banyak dari kita mengira bahwa perubahan cuaca menjadi alasan terjadinya rambut rontok. Padahal ada beberapa aspek lain yang mendukung terjadinya rambut rontok. 

Kurangnya perawatan rambut, dan juga tidak terlalu mempedulikan kesehatan rambut sebenarnya juga bisa menyebabkan rambut menjadi rontok. Untuk lebih jelasnya, melansir dari Boldsky, berikut adalah beberapa penyebab rambut rontok saat di rumah saja dan cara memperbaikinya.

 

2 dari 4 halaman

1. Melewatkan Rutinitas Perawatan Rambut

 Tips Menjaga Rambut Tetap Indah Tanpa Sering Keramas© MEN

Merawat rambut menjadi hal lumrah yang biasa dilakukan kebanyakan orang. Mereka biasanya memiliki produk tertentu untuk mencegah berbagai permasalahan rambut, atau menutrisi rambut. Rambut pun akan lebih sehat.

Selama pandemi corona covid-19, banyak orang mulai bekerja dan beraktivitas di rumah. Hal ini membuat timbulnya rasa malas dan akhirnya melewatkan berbagai rutinitas perawatan rambut. 

Karena sudah terbiasa menjalani rutinitas perawatan rambut, ketika tidak dilakukan, rambut pun akan mengalami perubahan. Kondisi rambut pun bahkan bisa membuat rambut rontok yang parah. Jadi, jika kamu ingin tetap mencegah rambut rontok, kamu bisa mulai mencoba membiasakan kembali rutinitas perawatan rambutmu.

2. Menunda Mencuci Rambut

Alasan selanjutnya yang bisa menyebabkan rambut rontok saat di rumah saja yaitu menunda mencuci rambut.  Karena kita tidak harus keluar dari rumah dan bertemu banyak orang, kita pun akhirnya menunda untuk mencuci rambut beberapa hari. Padahal, ketika kita membiarkan rambut berminyak dan tidak dicuci, hal itu akan mempercepat kerontokan rambut.

Untuk itu, sebaiknya kamu mulai memperbaiki kebiasaan buruk tersebut. Lakukanlah pencucian rambut setiap hari atau setiap 3 hari sekali. Rambut yang rontok pun bisa kamu hindari.

3 dari 4 halaman

3. Malas Menyisir Rambut dan Membiarkannya Terikat Lama

 sisir rambut© fimela.com

Kesalahan yang juga ikut membuat rambutmu menjadi rontok adalah kebiasaan menguncir rambut. Meski lebih praktis, ada baiknya kamu sesekali melepaskan ikatannya dan menyisir rambut.

Meski di rumah saja, bukan berarti kita tidak harus menjaga penampilan. Kita kadang menjadi malas menyisir rambut, bahkan menundanya selama 2-3 hari berturut-turut. Ikat rambut yang dibiarkan terlalu lama, akan membuat rambut menjadi susah dirapikan. Akibatnya rambut pun banyak rontok. 

 

4 dari 4 halaman

4. Membiarkan Rambut Tergerai

Meski di rumah saja, jangan membiarkan rambut tergerai seharian. Rambut yang tergerai lebih rentan terhadap kerusakan. Kebanyakan dari kita akan membiarkan rambut tanpa memperhatikannya selama pandemi. Padahal hal tersebut adalah kesalahan yang membuat rambut menjadi rontok. 

5. Makan Junk food

Alasan selanjutnya yang membuat rambutmu rontok adalah banyak makan junk food. Meski praktis, terlalu banyak makan junk food akan membuat kondisi rambut memburuk. Menjaga pola makan adalah salah satu cara terbaik untuk menjaga kesehatan rambut. Lakukan diet nutrisi agar membantu menguatkan akar rambut dan mencegah kerusakan.  (mut)

Join Dream.co.id