Sering Tak Sadar, 4 Kebiasaan yang Bikin Jerawatan

Tips Trick | Minggu, 15 Desember 2019 15:03
Sering Tak Sadar, 4 Kebiasaan yang Bikin Jerawatan

Reporter : Cynthia Amanda Male

Menurut ahli kulit, ada empat kebiasaan sehari-hari yang dapat menyebabkan jerawat.

Dream - Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang paling biki malas, karena sangat merusak tampilan wajah secara keseluruhan. Masalah kulit seperti jerawat dan komedo kebanyakan disebabkan kesalahan dalam melakukan perawatan kulit. 

Menurut ahli kulit, ada empat kebiasaan sehari-hari yang dapat menyebabkan jerawat.

 shutterstock© shutterstock.com

Dari menggunakan produk yang salah hingga terlalu sering menyentuh wajah. Kebiasaan tersebut sering dilakukan hingga banyak yang tidak menyadari bahwa hal itu bisa menyebabkan munculnya jerawat.

Dilansir dari Times of India, inilah empat kebiasaan sehari-hari yang tidak disadari bisa memicu masalah jerawat.

2 dari 5 halaman

1. Cuci wajah memakai sabun biasa

Dokter kulit dr. Nivedita Dadu mengatakan sabun mengandung bahan kimia yang keras dan sama sekali tidak dimaksudkan sebagai pembersih wajah. Tingkat pH kulit adalah faktor utama yang berkontribusi terhadap masalah kulit.

 shutterstock© shutterstock.com

Sabun biasa memiliki tingkat pH antara 9 dan 11, yang bisa menyebabkan naiknya tingkat pH kulit. Kenaikan pH kulit ini akan menyebabkan masalah kulit.

Menggunakan sabun pada wajah bisa membuat kulit kering dan mudah mengalami iritasi yang pada akhirnya dapat menyebabkan jerawat.

3 dari 5 halaman

2. Terlalu sering memakai ponsel

Di antara Sahabat Dream pasti bertanya-tanya, apa hubungan terlalu sering memakai ponsel dengan penyebab jerawat?

Ahli kecantikan dr Karuna Malhotra mengatakan ponsel cerdas juga dapat menyebabkan kulit berjerawat.

 shutterstock© shutterstock.com

" Banyak bakteri berkumpul di layar ponsel dan bagian belakangnya, yang ketika bersentuhan dengan kulit wajah, dapat menyebabkan flek dan jerawat," katanya.

4 dari 5 halaman

3. Menggunakan produk tidak sesuai usia

Banyak yang menggunakan produk kecantikan yang sama sepanjang hidupnya. Dokter mengatakan bahwa sangat penting untuk menggunakan produk perawatan kulit yang sesuai dengan usia.

 shutterstock© shutterstock.com

Juga, perlu untuk menghindari menggunakan produk sembarangan yang dibeli bebas. Sebaiknya menggunakan produk kecantikan yang direkomendasikan oleh spesialis kulit dan dokter.

5 dari 5 halaman

4. Terlalu sering menyentuh wajah

Kita sering menyentuh wajah kita dengan jari-jari yang kotor. Dokter Nivedita mengatakan menyentuh wajah dengan tangan kotor akan membuat kulit terkontaminasi minyak, kotoran, dan kuman.

Produk perawatan rambut juga bisa menimbulkan masalah pada rambut atau wajah kami dan dapat menghalangi pori-pori. (mut)

 shutterstock© shutterstock.com

Wajah Tegar BCL Saat Antarkan Jenazah Ashraf Sinclair
Join Dream.co.id