Spesifikasi Lengkap Xiaomi 12 Series, Berapa Harganya?

Techno | Kamis, 7 April 2022 16:38

Reporter : Elsa Yuni Kartika

Terdapat dua model yang akan masuk ke Indonesia, yakni Xiaomi 12 dan Xiaomi 12 Pro.

Dream – Bagi para penggemar Xiaomi alias Mi Fans, berbahagialah karena sebentar lagi raksasa teknologi asal China ini bakal merilis smartphone terbarunya, yaitu Xiaomi 12 Series.

Xiaomi 12 Series merupakan flagship smartphone terbaru yang mengusung tagline #Mastereveryscene.

Terdapat dua model yang akan masuk ke Indonesia, yakni Xiaomi 12 dan Xiaomi 12 Pro. Hal tersebut dikonfirmasi pihak Xiaomi Indonesia melalui konferensi pers virtual pada hari ini, Kamis, 7 April 2022.

Xiaomi 12 dan Xiaomi 12 Pro sendiri sudah dirilis secara global oleh perusahaan pada akhir Desember 2021 lalu.

Melalui konferensi pers hari ini, Xiaomi Indonesia telah membocorkan beberapa spesifikasi dari Xiaomi 12 Series tersebut. Menurut Alvin Tse selaku Country Director Xiaomi Indonesia, Xiaomi 12 Series ini dibuat menjadi lebih compact dan komprehensif.

 Alvin Tse, Country Director Xiaomi Indonesia© Elsa Yuni Kartika/Dream



“ Xiaomi 12 Series adalah device terbaru yang paling seimbang dan komprehensif. Dan memiliki spesifikasi serta fitur yang kompleks sepanjang sejarah,” tutur Alvin Tse.

Ada yang menarik dari peluncuran Xiaomi 12 Series ini. Pasalnya, penyanyi Bunga Citra Lestari atau yang akrab disapa BCL, didapuk sebagai brand ambassador Xiaomi 12 Series.

 BCL with Xiaomi 12 Series© Xiaomi



Panji Pratama selaku Corporate & Media Relations Manager Xiaomi Indonesia mengungkapkan, bahwa BCL sangat merepresentasikan sisi elegan dan profesionalisme, seperti yang diusung oleh Xiaomi 12 Series yang memiliki desain compact, elegan, serta ditunjang fitur-fitur yang setara dengan level profesional.

Spesifikasi Lengkap Xiaomi 12 Series, Berapa Harganya?
Xiaomi
2 dari 3 halaman

Lebih Compact Namun Tetap Gahar

Xiaomi 12 dan Xiaomi 12 Pro memiliki spesifikasi dan desain mirip. Keduanya sama-sama disenjatai oleh chip Snapdragon 8 Gen 1.

Perbedaan Xiaomi 12 dan Xiaomi 12 Pro ada pada ukuran layar dan baterai. Xiaomi 12 memiliki bentang layar yang lebih ramping dan baterai yang rendah. Layar ponsel ini mengusung panel AMOLED berukuran 6,28 inci dengan resolusi 2.400 x 1.080 piksel.

Layar Xiaomi 12 juga dibekali refresh rate hingga 120 Hz dengan tingkat kecerahan cahaya mencapai 1.100 nits.

Di bagian punggung, Xiaomi 12 dibekali kamera utama 50 MP (Sony IMX 766), kamera ultrawide 13 MP, dan kamera tele-macro 5 MP. Untuk selfie, terdapat kamera depan 32 MP.

 Xiaomi 12 Series© Xiaomi

Sementara untuk Xiaomi 12 Pro, Alvin Tse mengaku bahwa ponsel ini memiliki spesifikasi dewa.

Xiaomi 12 Pro memiliki panel layar AMOLED berbentang 6,73 inci yang dilengkapi teknologi LTPO dan dilindungi oleh Corning Gorilla Glass Victus.

Layar Xiaomi 12 Pro mendukung resolusi 2K (3.200 x 1.440 piksel) 12-bit warna dengan tingkat kecerahan hingga 1.500 nits yang akan memanjakan pengguna.

Xiaomi 12 Pro hadir dengan triple camera, yaitu kamera utama 50 MP dengan sensor terbaik keluaran Sony IMX 707 disertai dengan OIS, kamera tele-photo 50 MP, dan kamera ultrawide 50 MP.

Xiaomi 12 Pro diotaki oleh chip Snapdragon 8 Gen 1 yang memiliki arsitektur 4nm dan didukung konektivitas 5G.

Bicara soal baterai, Xiaomi 12 Pro dibekali baterai 4.600 mAh yang mengusung fast-charging 120 Watt.

“ Tim engineering Xiaomi bekerja keras menghadirkan teknologi yang kompleks, kemudian dikemas secara compact dalam sebuah device. Display size dibuat tetap lebar karena kami ingin pengguna merasakan experience yang nyaman saat memakai ponsel ini. Baterai juga dihadirkan dengan kekuatan yang lebih besar,” ungkap Alvin Tse.

3 dari 3 halaman

Menghadirkan Fitur Pro Focus

Terdapat fitur baru yang disematkan pada Xiaomi 12 Series ini. Reno Ranti selaku Product Marketing Manager Xiaomi Indonesia, menuturkan bahwa kamera Xiaomi 12 Series memiliki fitur Pro Focus yang bisa diandalkan.

“ Xiaomi 12 Series ini hadir dalam Xiaomi Pro Focus untuk membantu pengguna mengambil gambar secara cepat saat bergerak,” tambahnya.

Untuk keunggulan lainnya, Xiaomi 12 Series membawakan in-box charger  di dalamnya yang tak banyak diberikan oleh brand ponsel competitor.

 Alvin Tse dan Reno Ranti dalam Press-Con Xiaomi 12 Series Launching© Elsa Yuni Kartika/Dream

Xiaomi akan mengumumkan harga dan ketersediaan Xiaomi 12 Series di Indonesia nanti malam.

Join Dream.co.id