Tips Foto Produk Cantik Pakai Kamera Smartphone

Techno | Selasa, 9 November 2021 07:36

Reporter : Alfi Salima Puteri

Pas banget buat yang punya bisnis 'on budget'.

Dream - Foto produk punya peranan penting bagi pertumbuhan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Lewat foto yang bagus, penjual bisa menarik perhatian calon pembeli di platform marketplace yang digunakan untuk berjualan.

Foto yang baik tidak hanya memberikan informasi dengan lengkap kepada calon pembeli. Lewat foto, calon pembeli akan melihat dengan jelas produk yang dicari dan memungkinkan mereka menjadi terpikat.

Namun tidak semua orang mengerti cara menghasilkan foto produk yang bisa memikat calon pembeli. Masih ada pula pemikiran bahwa foto berkualitas hanya bisa dihasilkan dari kamera mahal.

Anggapan tersebut dipatahkan oleh Reza, Founder Gentanala, brand fashion yang secara khusus membuat jam tangan custom. “ Tipsnya untuk motret produk paling gampang ya alatnya handphone,” ujarnya dalam acara OPPO A95 Performance Event, Senin, 8 November 2021.

Menurut Reza, para pelaku UMKM bisa memanfaatkan smartphone yang dimiliki untuk memotret produk dengan hasil yang memikat.

Nah berikut adalah beberapa tips dari Reza untuk bisa menghasilkan foto produk yang ciamik.

Tips Foto Produk Cantik Pakai Kamera Smartphone
Oppo A95 Perfomace Event/Dream.co.id-Alfi Salima Puteri
2 dari 4 halaman

Beberapa Tahap Memotret Foto Produk

 Ki-ka: Reza, Founder Gentanala & Aryo Meidianto A, PR Manager Oppo Indonesia© Dream.co.id/Alfi Salima Puteri

Pertama, tentukan dulu tema dari brand yang akan ada potret. Sesuaikan konsep foto dengan image brand tersebut. Selanjutnya, cari lokasi atau properti yang mendukung untuk pengambilan gambar.

Saat pengambilan foto, pastikan adanya pencahayaan yang cukup. Hal ini membantu kalian untuk melihat subjek dengan jelas. Setelah itu tentukan sudut pengambilan (angle) terbaik dari produk.

Jika kalian memotret produk yang sama dari sudut yang berbeda, daya tariknya akan berbeda.

Selain proses pengambilan gambar, faktor terakhir yang perlu diperhatikan adalah proses penyuntingan atau editing. Kalian dapat mengedit menggunakan aplikasi pengeditan foto yang sudah tersedia di smartphone yang digunakan.

3 dari 4 halaman

Kamera canggih

Salah satu smarphone yang digunakan oleh Reza untuk memotret produk jam tangannya adalah Oppo A95.

Smartphone ini memiliki tiga kamera belakang yang sudah dibekali tingkat ketajaman yang berbeda. Kamera Utama ponsel ini sudah membawa kekuatan 48MP, Kamera Depth 2MP, dan Kamera Macro 2MP. 

Tiga kamera dengan fungsi berbeda ini diklaim Reza bisa memberikan kemudahan untuk memotret objek sesuai dengan kebutuhan fotografi dari pengguna.

“ Kamera OPPO A95 yang beresolusi 48MP ini mampu menangkap detail dari tekstur kayu dan resin dari produk yang kami rancang. Penting bagi saya untuk bisa hasilkan foto yang detailnya dapet,” ungkap Reza.

 Oppo A95 dan Jam Tangan Gentanala© Dream.co.id/Alfi Salima Puteri

Kamera belakang OPPO A95 juga sudah dibenamkan beberapa fitur andalan, antara lain Multiple Filters yang menyediakan 15 preset filter pilihan, AI Scene Enhancement untuk mengoptimalkan warna/ saturasi/ kecerahan pada foto, dan Night Mode untuk membantu pengguna memperoleh hasil foto cerah dan jernih di malam hari atau saat kondisi pencahayaan rendah.

Fitur-fitur tersebut merupakan hasil pengembangan teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) dari Oppo khususnya untuk kamera A95.

4 dari 4 halaman

Baterai tahan lama

Sebelumnya, Oppo telah mengumumkan fitur-fitur terkini pada perangkat Oppo A95 seperti layar AMOLED dan sertifikasi IPX4 yang dapat melindungi perangkat ini dari cipratan air normal.

Selain itu, baterai berkapasitas besar 5000 mAh yang akan mencukupi kebutuhan aktivitas pengguna sehar-hari, yang dilengkapi dengan pengisian daya cepat 33Watt.

Untuk mendukung perfoma yang tinggi pada perangkat ini, OPPO menyediakan RAM sebesar 8GB, yang dilengkapi pula dengan teknologi RAM Expansion.

Teknologi ini dapat membagi sebagian penyimpanan internal untuk dijadikan tambahan memori pada RAM dengan pilihan mulai dari 2GB, 3GB, dan 5GB.

Teknologi ini mampu memberikan opsi perluasan RAM dengan total 13GB seperti yang biasanya disematkan pada perangkat flagship OPPO.

Di sisi desain, OPPO A95 juga membawa teknologi baru OPPO Glow Design untuk pertama kalinya diterapkan pada lini seri A.

Teknologi untuk mencegah sidik jari menempel pada bodi smartphone ini sebelumnya hanya tersedia di perangkat kelas atas OPPO. Perangkat OPPO A95 menurut rencana akan beredar resmi pada medio November 2021 mendatang.

Join Dream.co.id