Pengguna Twitter Bisa Terima atau `Sedekah` Bitcoin ke Konten Kreator Favorit

Techno | Jumat, 24 September 2021 19:36

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Fitur itu sedang dikembangkan oleh Twitter.

Dream – Twitter Inc berencana membuka layanan agar pengguna bisa memberikan tip kepada content creator favorit mereka dalam bentuk uang digital, Bitcoin. Perusahaan teknologi berbasis di San Francisco ini juga akan menyediakan dana bagi para pengguna yang memanfaatkan fasilitas chat di fitur Space mereka.   

“ Kami yakin bisa terus mendorong jenis percakapan yang ingin dilihat orang,” kata kepala produk untuk monetisasi kreator di Twitter, Esther Crawford, dikutip dari Channel News Asia, Jumat 24 September 2021.

Dengan layanan ini, pengguna Twitter bisa memberikan tip kepada content creator favorit dengan bitcoin.

Untuk mengembangkan Spaces, Twitter akan membuat dana dukungan kreator untuk mendukung finansial, teknis, dan pemasaran kepada pengguma yang membuat program audio berulang di Spaces.

“ Dukungan ini akan memungkinkan lebih banyak host Spaces untuk mengatur percakapan yang lebih baik,” kata penguji beta awal untuk Spaces, Andre Jean-Pierre.

" Ini juga membuka lebih banyak untuk mendapatkan sponsor," kata Andre.

Pengguna Twitter Bisa Terima atau `Sedekah` Bitcoin ke Konten Kreator Favorit
Tak Lama Lagi Pengguna Twitter Bisa "bayar" Content Creator Favorit Dengan Bitcoin. (foto: Shutterstock)
2 dari 6 halaman

Ada Juga Fitur yang Sedang Dikembangkan

Selain itu, Twitter juga akan memberikan cara baru untuk membantu pengguna memiliki pengalaman yang lebih aman di platform itu. Misalnya, memberikan peringatan ketika orang memasuki percakapan “ panas” atau membiarkan mereka meninggalkan utas cuitan.

Di samping itu, Twitter juga berencana akan mendukung otentikasi untuk NFT atau token yang tidak dapat dipertukarkan.

NFT merupakan aset digital, seperti gambar atau video yang ada di block chain. Fitur tersebut akan memungkinkan orang untuk melacak dan menampilkan kepemilikan NFT di Twitter.

3 dari 6 halaman

Twitter Jajal Fitur Safety Mode, Akun `Berisik` Akan Diblokir 7 Hari!

Dream – Platform cuitan pendek Twitter sedang menjajal fitur anyar berupa Safety Mode. Fitur ini dirancang untuk menghalau setiap bentuk cuitan yang dianggap membawa pesan berisi kekerasan dan ujaran kebencian.

Kedua isu tersebut diketahui sedang menjadi isu besar di platform media sosial, tak hanya Twitter. Setiap platform berusaha menangkal medianya digunakan untuk kedua tujuan tersebut.

 

 Twitter Jajal Fitur Safety Mode, Akun Berisik Akan Diblokir 7 Hari!© Dream

 

Dikutip dari BBC, Kamis 2 Agustus 2021, fitur baru Twitter ini nantinya akan menandai akun yang menggunakan komentar kebencian atau yang memberondongi orang-orang dengan komentar tidak mengenakkan. Dengan begitu, fitur itu akan memblokir akun tersebut untuk sementara selama tujuh hari.

Fitur tersebut akan bekerja secara otomatis setelah diaktifkan. Safety Mode akan mengurangi beban pengguna untuk menangani cuitan yang tak diinginkan.

4 dari 6 halaman

Bisa Diaktifkan di Sini

Fitur Safety Mode ini bisa diaktifkan di pengaturan. Sistem akan menilai konten tweet dan hubungan antara pembuat cuitan dan pengirimnya. Akun yang diikuti oleh pengguna atau sering berinteraksi, tidak akan diblokir secara otomatis.

“ Kami memperkenalkan Safety Mode. Sebuah fitur yang memunginkan pengguna secara otomatis mengurangi interaksi yang mengganggu di Twitter,” kata Kepala Kebijakan Publik Twitter Inggris, Katy Minshall.

Fitur ini, kata Minshall, akan meningkatkan kesehatan percakapan publik.

5 dari 6 halaman

Cuitan Twitter Bisa Dibagikan ke Instagram Stories, Sstt iOS Dulu Ya!

Dream – Twitter kini mengizinkan penggunanya untuk membagikan cuitan langsung ke Instagram Stories. Aplikasi cuitan pendek ini ingin membantu orang-orang untuk membagikan informasi ke platform yang kini dimiliki Facebook itu.

Sekadar informasi, fitur ini merupakan bagian dari pilot project yang sudah dikembangkan setahun lalu.

 

 Cuitan Twitter Bisa Dibagikan ke Instagram Stories, Sstt iOS Dulu Ya!© Dream

 

 

Dikutip dari Gadget NDTV, Rabu 23 Juni 2021, netizen Twitter bisa membagikan cuitannya secara native ke Instagram Stories. Namn fitur ini baru tersedia di Twitter versi iOS atau sistem operasi Apple.

Nantinya, Twitter versi Android akan menyusul untuk fitur berbagi cuitan ke Instagram.

6 dari 6 halaman

Caranya Gampang, Kok

Caranya bagaimana? Kamu bisa meng-klik ikon “ Berbagi” di cuitan yang hendak dibagikan. Pilihlah ikon Instagram. Kemudian, konsep Story akan dibuat di akun Instagram.

Setelah itu, kamu bisa menempatkan elemen lainnya seperti catatan atau stiker sebelum dibagikan sebagai Stories.

Meski bisa disebar ke Instagram, cuitan yang dibagikan tidak mengizinkan penggunanya untuk melihatnya di Twitter. Ini berarti pengguna Instagram bisa saja tidak paham dengan konteks cuitan tersebut.

Ditambah lagi, pengguna Twitter yang digembok, tidak bisa membagikan cuitannya ke Instagram Stories.

Sekadar informasi, saat ini, pengguna Twitter Android hanya bisa membagikan cuitannya melalui tautan ke Direct Message Instagram.

Join Dream.co.id