Tahun Baru, WhatsApp Tak Bisa Lagi Diakses di Ponsel Berbasis OS Ini

Techno | Rabu, 18 Desember 2019 14:00
Tahun Baru, WhatsApp Tak Bisa Lagi Diakses di Ponsel Berbasis OS Ini

Reporter : Maulana Kautsar

WhatsApp terus membarui penggunaan sistem operasi minimun di perangkat pengguna.

Dream - Tahun baru biasanya disambut dengan keceriaan. Tetapi, hal ini tidak berlaku bagi pengguna ponsel berbasis sistem operasi (Operation System/OS) Windows, Windows, iOS 7 dan Android Gingerbread 2.3.

Tahun baru malah jadi ancaman bagi mereka. Sebab, aplikasi percakapan WhatsApp tidak bisa lagi diakses di ponsel dengan tiga OS tersebut mulai 2020. 

Lewat blog resminya, WhatsApp tidak akan berfungsi lagi untuk ponsel dengan OS Windows setelah 31 Desember 2019, Android 2.3.7 atau yang lebih tua setelah 1 Maret 2020, dan iOS 7 dan yang lebih tua setelah 1 Maret 2020.

" Untuk Android versi 2.3.7 dan lebih tua, Anda tidak lagi dapat membuat akun baru, atau re-verifikasi akun yang ada. Tetapi, Anda akan dapat terus menggunakan WhatsApp sampai 1 Februari 2020," demikian keterangan dari WhatsApp.

" WhatsApp untuk iPhone membutuhkan iOS 9 atau yang lebih baru. Pada iOS 8, Anda tidak dapat lagi membuat akun baru atau memverifikasi ulang akun yang ada. Jika WhatsApp saat ini aktif di perangkat iOS 8, Anda dapat menggunakannya sampai 1 Februari 2020," lanjut keterangan tersebut.

WhatsApp tidak menjamin kerusakan akibat proses pembukaan paksa (jailbreak) dari modifikasi perangkat yang dimiliki. Modifikasi pada aplikasi dapat memengaruhi fungsi dari perangkat milik pengguna.

Selain tiga aplikasi tadi, sejumlah sistem operasi seperti Symbian dan Blackberry sudah dibatasi penggunaannya sejak 2017. Nokia Symbian S60 sudah tak bisa lagi digunakan pada 30 Juni 2017, Nokia S40 sesudah 31 Desember 2019, dan Blackberry dan Blackberry 10 setelah 31 Desember 2017.

2 dari 5 halaman

Pada 2020, Deretan Smartphone Ini Tak Bisa Lagi Pakai WhatsApp

Dream – WhatsApp akan menghentikan dukungan untuk iOS, Android, dan Windows Phone versi lama mulai 31 Desember 2019. Akan ada jutaan pengguna WhatsApp dengan smartphone lawas yang akan kehilangan akses ke platform ini.

Dikutip dari Liputan6.com, Minggu 15 Desember 2019, dalam persyaratan akses WhatsApp, pengguna hanya bisa memakai platform ini jika gawai mereka mengunakan iOS 9 atau Android 3 ke atas.

Sementara, seluruh smartphone Windows Phone akan kehilangan akses WhatsApp setelah 31 Desember 2019.

3 dari 5 halaman

Ini Daftarnya

Berikut ini adalah daftar smartphone yang tak bisa lagi menggunakan WhatsApp akhir tahun, menurut Lifehack.

1. iPhone yang lebih lawas dari iPhone 5, misalnya iPhone 4 dan iPhone 4s.

2. Seluruh perangkat Microsoft Lumia

3. Seluruh smartphone seri HP Elite

4. Android yang diluncurkan setelah tahun 2010 atau sebelumnya. Misalnya saja Google Nexus One, Samsung Epic 4G, dan Motorola Droid X.

4 dari 5 halaman

Diminta Update OS

Pengguna juga diminta untuk meng-update sistem operasi smartphone mereka jika masih memungkinkan. Jika tidak, pengguna smartphone lawas bisa meng-upgrade perangkatnya ke versi lebih baru untuk bisa kembali memakai WhatsApp.

 Diminta Update OS© MEN

Langkah WhatsApp ini tidaklah mengejutkan, pasalnya, teknologi yang lawas memang biasanya ditinggalkan karena perusahaan beralih ke teknologi yang lebih baru untuk meningkatkan layanan.

Apalagi kini Facebook telah mengontrol WhatsApp dan berencana membuat WhatsApp terintegrasi dengan Facebook Messenger dan Instagram Messages.

5 dari 5 halaman

Jutaan Pengguna Tak Bisa Akses

Pada 2020, bakalan ada jutaan pengguna yang berpotensi kehilangan akses ke aplikasi milik Facebook tersebut. Kenapa?

Dikutip dari laman bantuan di web perusahaan, WhatsApp tidak akan bisa lagi dipakai di smartphone yang menjalankan iOS dan Android lawas.

Adapun OS yang tidak mendukung WhatsApp lagi, yakni perangkat yang masih menjalankan iOS 8 atau sebelumnya.

Sementara itu, perangkat Android yang sudah tidak bisa memakai WhatsApp adalah smartphone yang menjalankan Android 2.3.7 atau sebelumnya. (mut)

(Sumber: Liputan6.com/Agustin Setyo Wardani)

Join Dream.co.id