Cara Baru Syiar Islam Lewat Podcast

Techno | Sabtu, 17 April 2021 05:00
Cara Baru Syiar Islam Lewat Podcast

Reporter : Dwi Ratih

Podcast makin ramai digandrungi dari berbagai kalangan.

Dream - Untuk terus dapat menghadirkan inovasi dalam menyiarkan ajaran Agama Islam serta memaksimalkan ibadah #dirumahaja, pemanfaatan digital bisa Sahabat Dream jadikan pilihan.

Seperti yang dilakukan Umma, aplikasi yang dirancang untuk kebutuhan umat muslim ini menghadirkan fitur baru uVoice pada Ramadan 1442H ini agar dapat memaksimalkan ibadah selama bulan puasa.

" Selain sebagai solusi dalam mendukung umat Islam menjadi muslim yang lebih baik melalui konten-konten podcast, uVoice juga bertujuan untuk menjawab kebutuhan pendakwah dan content creator Muslim lainnya dalam memperluas jangkauan syiarnya," ujar Indra Wiralaksmana selaku CEO & Co-Founder umma pada webinar baru-baru ini.

" Hal ini sejalan dengan posisi Umma sebagai wadah bagi komunitas muslim Indonesia dalam memajukan syiar dan ekosistem keislaman di Tanah Air," jelasnya.

Menurut Indra, saat ini sudah banyak konten agama di media digital, untuk itu figur berilmu agama perlu untuk dikembangkan dan diangkat ke hadapan publik.

2 dari 6 halaman

Banyak fitur menarik

Bahkan penelitian Alvara pada 2019 menunjukkan bahwa 78 persen umat Islam Indonesia lintas generasi masih menjadikan ustaz dan ulama sebagai sumber info keagamaan utama.

Untuk itu uVoice ini nantinya tidak hanya diisi pendakwah saja, namun content creator muslim lainnya memiliki peluang mendapat eksposur dan membangun komunitas yang lebih luas terlebih aplikasi ini telah diunduh lebih dari 10.8 juta.

Spesialnya, di aplikasi Umma ini juga terdapat fitur infaq yang bisa digunakan untuk pemberdayaan finansial para podcaster di uVoivce.

" Selain menyediakan eksposur dan fitur untuk membangun komunitas dan meningkatkan follower, umma juga mendorong pemberdayaan finansial para podcaster di uVoice melalui fitur infaq di dalam channel uVoice masing-masing podcaster yang sudah tergabung di uVoice,” tambah Indra.

Hingga awal April 2021, uVoice telah menyajikan lebih dari 300 konten yang terbagi ke dalam empat kategori utama, yaitu Kajian Keislaman, murottal Al-Qur'an, Masjid dan topik-topik non-kajian seperti gaya hidup muslim.

 

3 dari 6 halaman

Bisa diisi kreator konten lainnya

 Ilustrasi
© Shutterstock

Selain itu, fitur ini juga telah didukung lebih dari 100 podcaster seperti Ustaz Hanan Attaki, Ustaz Fikri HaikalMZ, Ustaz Taufik Al Miftah, Rigen Rakelna, Amritsa Raje, Zein Permana, Imas Karyamah serta beragam komunitas, masjid serta content creator lainnya.

" Dakwah seperti kajian atau khotbah Jum’at yang biasanya dilakukan di lingkup masjid dan mimbar kajian, dan hanya bisa melibatkan umat yang hadir di tempat, kini bisa diakses melalui media podcast di uVoice," tutur Indra.

Ia menambahkan saat ini lebih dari 50 masjid besar di Jabodetabek, Bandung dan sekitarnya telah bergabung, dan nantinya diharapkan dapat menjangkau lebih banyak masjid di seluruh Indonesia.

Laporan: Yuni Puspita Dewi

4 dari 6 halaman

DREAMCAST: Kisah Nabi Nuh AS dan Keikhlasannya

Dream - Nabi Nuh AS adalah nabi ketiga utusan Allah SWT. Mungkin Sahabat Dream lebih tahu kisah Nabi Nuh AS hanya seputar pembuatan bahtera atau kapal besar, yang dibuat untuk bertahan hidup dari azab yang diberikan Allah SWT dari kaum Nuh yang membangkang.

Padahal di balik semua itu, ada yang lebih dalam dari perihal pembuatan kapal besar, yaitu tentang keikhlasan.

Diketahui, Nabi Nuh diutus Allah SWT menjadi Rasul ketika ia berusia 480 tahun. Saat itu langsung datang malaikat jibril membawa risallah untuk Nuh.

Lalu apa kata Nuh saat itu? Yuk simak cerita Nabi Nuh AS melalui DREAMCAST Cerita Nabi yang dibawakan Rindu dari Redaksi Dream.co.id sambil mengisi waktu berpuasa mu.

Kamu bisa klik play di banner bawah ini atau klik tautan di sini, ya.

Happy listening, Sahabat Dream!

5 dari 6 halaman

DREAMCAST: Nabi Idris, Iblis, & Jarum Jahit Kecil

Dream - Cerita nabi episode kedua dari DREAMCAST by Dream.co.id menghadirkan kisah Nabi Idris. Sambil menunggu buka puasa, DREAMCAST Cerita-cerita nabi ini sengaja kami hadirkan untuk menemani kamu agar puasa makin semangat.

 DREAMCAST
© DREAM.CO.ID

Rindu dari Redaksi Dream.co.id mengulas kisah Nabi Idris yang berusaha melawan iblis hanya dengan dengan tusukan jarum jahit kecil.

Nabi Idris terkenal dengan kesalehannya. Beliau adalah keturunan keenam dari Nabi Adam. Beliau memiliki nama asli Ukhunuh. Nama Idris beliau dapatkan karena dengan tekun beliau mempelajari kitab-kitab Allah dan ilmu agama.

Berdasarkan kisah Nabi Idris dan iblis, Beliau merupakan nabi pertama yang pandai membaca dan menulis dengan bahasa.

6 dari 6 halaman

Yuk dengarkan!

Kemampuan membaca inilah yang membuatnya mendapatkan 30 syahifah dari Allah berupa petunjuk untuk disampaikan pada umatnya, yakni keturunan putra Nabi Adam yang durhaka, Qabil.

Nggak usaha lama-lama, langsung saja dengarkan suara Rindu yang menceritakan kisah Nabi Idris di sini, ya.

 

Join Dream.co.id