Sebelum Membuka Restoran, Ini Dia Software yang Wajib Dimiliki!

Techno | Selasa, 14 Desember 2021 11:46

Reporter : Alfi Salima Puteri

Ada banyak jenis software yang sangat bermanfaat untuk bisnis restoran.

Dream - Seperti bisnis lain pada umumnya, saat ini restoran juga membutuhkan alat untuk mempermudah kegiatan operasional sehari-hari. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan software akuntansi restoran.

Ada banyak jenis software yang sangat bermanfaat untuk bisnis restoran. Namun berikut ini adalah 7 perangkat lunak yang wajib dimiliki manajemen restoran.

1. POS untuk Kemudahan Manajemen Restoran

Memang masih banyak restoran tradisional yang menggunakan mesin kasir sebagai alat transaksi. Namun, tak sedikit pula restoran yang memilih untuk beralih pada sistem POS.

Dibandingkan dengan mesin kasir, sistem POS memiliki lebih banyak fungsi salah satunya memberikan berbagai metode pembayaran. Tak heran kalau sistem ini tak hanya mempermudah pihak restoran, tetapi juga pelanggan. Pelajari lebih lanjut berbagai manfaat sistem POS bagi restoran!

2. E-Menu

Salah satu perangkat lunak yang wajib dimiliki oleh restoran adalah E-Menu. Software ini memungkinkan para pelanggan memesan makanan tanpa bantuan pelayan. Tentunya, hal ini akan mempermudah kerja pelayan restoran.

Tak hanya itu, setiap pesanan makanan dan minuman akan langsung muncul di layar dapur sehingga staf dapur bisa langsung memproses makanan. Fitur lain yang ada di E-Menu adalah nomor meja. Hal ini akan menurunkan resiko kesalahan saat mengantarkan makanan ke meja.

 Software untuk restoran© Shutterstock.com

3. Layar dapur

Ketika pelanggan melakukan konfirmasi pesanan, daftar makanan akan muncul di layar dapur atau Kitchen Display Screen. Melalui layar ini, staf dapur langsung mendapatkan informasi tersebut. Mereka akan membuat makanan sesuai dengan pesanan.

Sistem layar dapur memiliki beragam fitur yang mempermudah tugas koki. Misalnya, setiap makanan sudah lengkap dengan informasi durasi pembuatannya. Dengan begitu, koki dapat memperkirakan berapa banyak yang ia butuhkan agar makanan selesai tepat waktu.

4. CRM dan Marketing Automation

Memberikan apresiasi adalah salah satu cara terbaik untuk membangun relasi yang baik dengan pelanggan setia. Berilah mereka diskon atau promo khusus, voucher dan sebagainya. Hal ini akan meningkatkan kepuasan pelanggan dan tentunya meningkatkan penjualan. Kamu dapat menggunakan sistem CRM dan Marketing Automation untuk membantu mencari tahu siapa saja pelanggan setia.

5. Sederhanakan Manajemen Stok Restoran dengan Sistem Inventaris

Manajemen restoran belum lengkap tanpa adanya sistem inventaris. Sistem ini merupakan salah satu sistem yang paling vital dalam bisnis restoran. Selain mengelola stok makanan dan aset restoran, sistem manajemen inventaris juga dapat mengurangi resiko terjadinya penarikan makanan.

Melalui sistem ini, kamu juga bisa memperkirakan menu yang jadi favorit pelanggan serta memilih atau memisahkan stok lama dan baru sehingga terhindar dari kontaminasi bakteri produk kadaluarsa.

 Software untuk restoran© Shutterstock.com

6. Sistem Akuntansi

Hampir semua jenis bisnis membutuhkan sistem akuntansi, termasuk bisnis restoran. Sistem akuntansi tidak hanya bisa membantu penggunanya untuk mengetahui jumlah laba atau rugi, tetapi juga dapat mengelola finansial secara keseluruhan seperti invoice, gaji karyawan, hingga pajak.

 

Sebelum Membuka Restoran, Ini Dia Software yang Wajib Dimiliki!
Software Untuk Restoran (Foto: Shutterstock)
2 dari 3 halaman

Cara Memilih Software Restoran Terbaik

Sejak beberapa tahun lalu, bisnis kuliner menjadi salah satu jenis bisnis yang digemari di Indonesia. Jumlah restoran, kafe, hingga kedai kopi baru bertambah secara signifikan.

Dengan bertambahnya jumlah restoran, kafe, dan kedai kopi, maka persaingan pun semakin ketat. Para pelaku bisnis kuliner tak hanya harus gencar melakukan promosi ataupun menyajikan menu yang kreatif dan lezat. Mereka juga dituntut untuk bersaing dengan cerdas, salah satunya dengan memanfaatkan software restoran terbaik.

Menggunakan software restoran adalah salah satu cara cerdas untuk mengembangkan usaha kuliner Anda. Software restoran memiliki berbagai fitur yang dapat mempermudah manajemen restoran mulai dari manajemen karyawan, manajemen keuangan, manajemen stok, dan tentunya manajemen pembayaran lengkap yang dapat mempermudah transaksi.

 Software untuk restoran© Shutterstock.com

Namun, bagaimana cara memilih software restoran terbaik untuk Anda? Simak 5 kunci penting dalam memilih software restoran terbaik dibawah ini:

1. Software Restoran Terbaik Harus Memberikan Kemudahan pada Penggunanya

Memiliki karyawan yang kompeten adalah salah satu kunci mengapa restoran atau kafe kamu lebih unggul dari yang lainnya. Namun sayangnya, melatih mereka agar menjadi karyawan yang berkualitas terkadang membutuhkan banyak waktu dan uang.

Dengan memanfaatkan software restoran, kamu dapat mengerjakan kegiatan operasional sehari-hari dengan mudah tanpa harus memiliki banyak karyawan. Lalu, bagaimana cara memilih software terbaik yang dapat mempermudah kegiatan? Bandingkan lebih dari tiga perusahaan dan jangan lupa baca ulasannya.

2. Coba Software dan Jangan Malu untuk Meminta Demo

Meminta demo untuk mencoba untuk mengoperasikan software adalah hal wajib yang harus dilakukan. Hal ini penting dilakukan karena kamu harus merasakan secara langsung apakah aplikasi tersebut sudah sesuai atau belum dengan apa yang dibutuhkan.

Biasanya perusahaan akan memberikan demo yang gratis atau berbayar. Beberapa perusahaan juga akan mencoba mengimplementasikan kebutuhan kamu.

 Software untuk restoran© Shutterstock.com

3. Software Restoran Terbaik pasti Menawarkan Fitur yang Lengkap

Setiap perusahaan menawarkan fitur-fitur software restoran unggulan. Carilah perusahaan yang menawarkan fitur paling lengkap dengan modul-modul yang dapat diintegrasikan sehingga memberikan kemudahan. Perhatikan apakah perusahaan menawarkan fitur penting seperti:
- Manajemen Pemesanan Dapur
- Alokasi Meja & Daftar Antrian
- Manajemen Reservasi Pelanggan
- Manajemen Kehadiran Pelayan & Time Tracking
- Penyesuaian Produk Sesuai dengan Pesanan
- Penggabungan/Pemisahan Meja
- Analisis Customer & Loyalty Point
- Manajemen Tanda Terima Dapur
- Integrasi E-menu, Inventaris & Akuntansi
-Laporan Berbagai Analisis dengan Presentasi Grafis

3 dari 3 halaman

Memiliki Software Restoran Terbaik Saja tidak Cukup, Pastikan Perusahaan Tersebut Juga Memiliki Pelayanan yang Terbaik

Kamu boleh saja sudah memiliki software restoran terbaik. Namun apakah pelayanan yang diberikan oleh perusahaan tersebut juga baik? Ya, pelayanan yang baik adalah poin penting yang harus dipertimbangkan sebelum memilih software restoran.

Pastikan customer service mudah dihubungi dan dapat membantu saat membutuhkannya. Cobalah bertanya melalui beberapa platform yang mereka sediakan mulai dari halaman bantuan di website mereka, email, telepon dan bahkan WhatsApp Call atau Chat. Pastikan jika mereka benar-benar responsif.

 Software untuk restoran© Shutterstock.com

Untuk Memiliki Investasi Software Restoran Terbaik, Pertimbangkan Soal Harga

Pernah mendengar kalimat ‘Harga tidak pernah bohong’? Hal ini juga berlaku saat kamu menginginkan software restoran terbaik. Namun, hal ini tak berarti kamu harus memilih software restoran yang paling mahal.

Setelah mengetahui harga masing-masing software, bandingkan hal lainnya. Misalnya, perhatikan tentang lisensi yang ditawarkan. Apakah lisensi yang diberikan terbatas atau tidak terbatas. Perhatikan juga biaya pembaruan fitur atau pembaruan versi software-nya. Apakah kamu harus menambah biaya tambahan atau tidak?

Nah itu dia lima kunci penting memilih software terbaik. Memang, hal ini akan memakan waktu. Namun, untuk mendapatkan investasi terbaik, tidak ada salahnya untuk melakukan tahapan-demi tahapan tersebut. Jika kamu tertarik untuk menggunakan software akuntansi restoran dari Jurnal by Mekari atau ingin bertanya-tanya, silakan menghubungi kontaknya.

Join Dream.co.id