Rekomendasi 13 Aplikasi Inventaris Barang Terbaik

Techno | Senin, 13 Desember 2021 10:23

Reporter : Alfi Salima Puteri

Aplikasi inventaris adalah solusi terbaik bagi setiap pemilik bisnis, baik kecil maupun besar.

Dream - Aplikasi inventaris barang adalah alat sistematis yang bisa mengawasi pembelian barang dari supplier, mengelola stok, mengontrol jumlah produk yang akan dijual, dan melacak pesanan yang akan dikirim ke pelanggan.

Awalnya, bisnis kecil hingga menengah menggunakan Excel, Google Spreadsheet, atau alat manual lainnya untuk melacak database inventaris dan membuat keputusan tentang pemesanan.

Namun, cara ini tidak membuat kamu tahu kapan waktu yang tepat untuk memesan ulang, berapa banyak yang harus dipesan, gudang mana yang menyimpan stok barang tertentu, dan sebagainya. Akibatnya, kamu harus menghabiskan lebih banyak waktu, biaya dan tenaga untuk mengecek secara manual.

Karena itu, aplikasi inventaris adalah solusi terbaik bagi setiap pemilik bisnis, baik kecil maupun besar.

 Aplikasi Inventaris Barang© Shutterstock.com

13 Aplikasi Inventaris Barang

Jika kamu masih bingung untuk memilih aplikasi inventaris yang mana, berikut adalah sepuluh opsi terbaik yang bisa kumu coba, dilansir dari Jurnal.id pada halaman situsnya di https://www.jurnal.id/id/aplikasi-inventaris/.

1. Jurnal by Mekari

Salah satu aplikasi inventory yang bisa digunakan yaitu Jurnal. Jurnal menjadi sebuah aplikasi yang berbasis cloud dan cocok untuk memenuhi kebutuhan bisnis berskala kecil sampai menengah atau untuk sektor UMKM.

Aplikasi ini memiliki fitur lengkap, mudah digunakan, dan gratis.
Sehingga hasil yang dibuat laporan akan terlihat akurat dan tepat. Fitur yang tersedia seperti bisa membuat pencatatan keuangan, pembuatan faktur, pencatatan biaya, pemasukan, pengeluaran, persediaan, manajemen asset dan sebagainnya.

Untuk mencoba aplikasi ini selama 14 hari masih gratis, tapi selebihnya harus berlanggan dahulu.

2. Stockpile

Setiap barang memiliki merek, model, dan kategori. Kamu dapat menggunakan aplikasi gratis ini untuk menambahkan stok dengan mudah melalui fitur scan barcode. Stockpile bisa diakses oleh setiap karyawan, sehingga setiap orang dapat menambahkan item ke inventaris, melihat item apa yang tersedia, dan menandai item yang sudah terjual atau sedang dikemas.

 

Rekomendasi 13 Aplikasi Inventaris Barang Terbaik
Aplikasi Inventaris Barang
2 dari 3 halaman

3. Veeqo

Perangkat lunak berbasis cloud Veeqo disinkronkan dengan platform e-niaga populer seperti Magento, Shopify, Etsy, Amazon, eBay, dan UPS. Aplikasi ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki bisnis di beberapa lokasi berbeda (bercabang), karena salah satu fitur utamanya adalah pelacakan inventaris multi-gudang di beberapa lokasi berbeda secara real-time.

Fitur ini akan membantu menghemat waktu untuk masuk dan keluar dari beberapa toko/cabang, dan membuat semua inventaris tetap sinkron tanpa resiko selisih jumlah.

Kamua juga dapat melihat semua pesanan yang diterima dari toko atau cabang manapun, melacak penjualan, memperbarui stok, dan menggunakan kamera smartphone sebagai scanner barcode.

4. Equip

Aplikasi gratis dari Play Store ini menyediakan solusi lengkap untuk pengelolaan inventaris berbagai jenis bisnis, mulai dari makanan dan minuman, toko grosir, ritel, manufaktur, konstruksi, real estate, dll.

Aplikasi ini menyediakan fitur untuk memantau jumlah stok, scan barcode, mengawasi proses pengepakan, hingga melacak barang yang sedang dalam perjalanan pengiriman ke pelanggan.

5. Netsuite

Aplikasi inventaris barang ini bisa digunakan oleh berbagai skala bisnis, mulai dari start-up hingga enterprise. Aplikasi gratis siap pakai dengan 19 bahasa ini berfungsi dengan semua jenis peran mulai dari karyawan hingga manajer.

Kamu bisa mengotomatiskan proses restock dengan menyalakan notifikasi saat stok barang mulai berkurang, mengatur lead time, dan mengatur tingkat minimum stok.

 Aplikasi Inventaris Barang© Shutterstock.com

6. Delivrd

Delivrd menawarkan uji coba gratis 30 hari dan paket berbayar mulai dari Rp 700.000 per bulan per pengguna. Versi gratisnya sangat terbatas, karena hanya mengizinkan 10 produk, satu pengguna, dan satu lokasi.

Sedangkan paket berbayar memberikan akses inventaris tak terbatas dan manajemen pesanan yang juga dilengkapi dengan layanan e-niaga dan laporan untung rugi.

7. Zoho Inventory

Zoho menawarkan empat paket langganan dengan harga yang berbeda tergantung pada jumlah pesanan dan gudang yang dikelola oleh bisnis kamu.

Aplikasi inventaris barang kantor ini memiliki fitur manajemen multi-gudang (transfer antar-gudang) yang juga dapat disinkronkan di seluruh platform penjualan kamu.

Fitur-fitur canggih lainnya adalah manajemen barang, manajemen pesanan dan pengemasan, pelacakan lokasi inventaris, dan scanner kode barang. Sebagian besar fungsi perangkat lunak ini tersedia melalui aplikasi seluler, yang memungkinkan mengelola bisnis dari jarak jauh hanya dengan ujung jari.

3 dari 3 halaman

8. SAP Business One

Dengan SAP, kamu bisa terhubung dengan bisnis dimana saja dan kapan saja. Aplikasi seluler ini bisa digunakan oleh banyak user mulai dari manajer, eksekutif, perwakilan penjualan, dan teknisi layanan.

Kamu bisa melihat laporan, mengelola kontak, dan menangani aktivitas penjualan serta layanan pelanggan. Kamu juga bisa mendapatkan notifikasi tentang batas kredit atau laba kotor yang ditargetkan

9. Deskera

Deskera adalah aplikasi gratis yang akan menjalankan bisnis dengan fokus pada akuntansi, penjualan dan pembelian, faktur, inventaris, pengembalian barang, pajak, laporan keuangan, dan laporan laba rugi serta arus kas. Dengan enkripsi canggih dan penyimpanan cloud, data kamu akan aman, terlindungi, dan dapat diakses dari mana saja.

 Aplikasi Inventaris Barang© Shutterstock.com

10. Inventory Now

Antarmuka Inventory Now dirancang dengan sederhana dan mudah digunakan bahkan untuk pemula. Fungsi scanner barcode memungkinkan Anda menambahkan produk baru dengan mudah dan cepat.

Data dapat diimpor dan diekspor sebagai spreadsheet, serta secara otomatis dicadangkan ke akun Dropbox. Fitur lainnya adalah pengelompokan item berdasarkan kategori, sub kategori, dan lokasi.

11. myStock Inventory Manager

myStock Inventory Manager adalah aplikasi inventaris barang yang cocok untuk bisnis kecil dan menengah yang menggunakan beberapa sistem operasi.

Fitur-fiturnya termasuk manajemen inventaris untuk beberapa lokasi, integrasi email, pembaca barcode, dan pengelompokan produk berdasarkan kategori yang dapat ditentukan oleh pengguna.

 Aplikasi Inventaris Barang© Shutterstock.com

12. Bhansali Inventory

Aplikasi satu ini berhasil dikemas secara menarik dan dilengkapi dengan banyak fitur yang akan memudahkan urusan bisnis. Aplikasi ini bisa digunakan untuk membuat laporan secara rinci sampai urusan pajak dan sebagainya.

Aplikasi ini juga bisa membantu untuk melakukan pengolahan stok barang yang akan dijual. Sehingga stok yang minim juga masih bisa diketahui keberadaannya dengan mudah, tanpa harus pusing mencarinya.

13. Inflow Inventory

Untuk yang menyukai pekerjaan sederhana, mudah, dan cepat sehingga tidak butuh waktu lama, maka aplikasi ini cocok untuk dicoba. Hanya dengan menggunakan satu aplikasi saja, maka sudah bisa melakukan berbagai jenis kegiatan bisnis seperti melacak biaya, mengatur pesanan, dan juga mengontrol keseluruhan stok barang yang tersedia.

Sehingga dengan mudah mengetahui hasil laporannya lebih akurat dan juga cepat.

Nah demikianlah pembahasan mengenai 13 rekomendasi aplikasi inventaris barang terbaik yang bisa digunakan untuk bisnis kamu. Tidak perlu menggunakan versi berbayarnya dulu, Anda bisa mencoba untuk versi gratisnya terlebih dahulu.

Join Dream.co.id