Rayakan Kemerdekaan RI di Rumah Digital Indonesia

Techno | Jumat, 30 Juli 2021 20:34

Reporter : Dwi Ratih

Semarak bulan Kemerdekaan RI pindah ke Rumah Digital Indonesia selama pandemi COVID-19.

Dream - Masuk bulan Agustus yang tinggal hitungan jari, pastinya Sahabat Dream antusias dengan hadirnya 17 Agustus yang merupakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI).

Tahun kedua merayakan 17an di masa pandemi, tentu ada hal yang sangat dirindukan dalam menyemarakkan kemerdekaan. Identik dengan perayaan seru yang ramai dilakukan di berbagai macam kalangan, kini perayaan kemerdekaan itu cuma bisa dilakukan dari dalam rumah.

Perlombaan yang sering kita lakukan di lapangan dekat tempat tinggal secara ramai, berubah menjadi kegiatan yang dilakukan secara online atau daring.

Tak cuma masyarakat saja yang harus merasakan hal itu. Jajaran Pemerintah RI pun turut merasakan yang sama.

Namun agar perayaan kemerdekaan tetap semarak seperti tahun-tahun sebelum pandemi, Pemerintah RI memutuskan untuk memindahkan semarak Bulan Kemerdekaan ke ruang digital melalui Rumah Digital Indonesia.

Rayakan Kemerdekaan RI di Rumah Digital Indonesia
Foto: Bendera Indonesia/Shutterstock
2 dari 3 halaman

Digelar dengan Prokes Ketat

 Konferensi Pers Rumah Digital Indonesia
© Liputan6.com

Dalam konferensi pers Bulan Kemerdekaan dan Rumah Digital Indonesia, Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengungkapkan, upacara peringatan kemerdekaan tahun ini masih digelar secara minimalis dengan protokol kesehatan ketat.

" Tetapi keramaiannya itu kan di dunia virtual, di rumah digital itu yang akan kita ramaikan. Jadi bagaimana kegiatan-kegiatan yang secara luring itu bisa disaksikan secara daring," kata Mensesneg Pratikno dikutip dari Liputan6.com, Jumat, 30 Juli 2021.

 

3 dari 3 halaman

Masyarakat Indonesia Bisa Ikut Secara Daring

Melalui Rumah Digital Indonesia tersebut, Mensesneg mengatakan masyarakat bisa ikut berpartisipasi secara daring.

" Jadi semangatnya, kemeriahannya tetap sama, ruangnya beda. Rasa syukurnya, daya juang yang kita serap dari perjuangan kemerdekaan, semangat untuk mengisi kemerdekaannya tetap sama," tegas Pratikno.

Sementara itu, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate mengatakan, Rumah Digital Indonesia menjadi bagian yang penting dalam peringatan Hari Kemerdekaan RI tahun 2021.

Join Dream.co.id