Puasa di Masa Pandemi, Ini 3 Ngabuburit Seru #Dirumahaja

Techno | Sabtu, 8 Mei 2021 17:12
Puasa di Masa Pandemi, Ini 3 Ngabuburit Seru #Dirumahaja

Reporter : Dwi Ratih

Yuk pastikan kamu #dirumahaja, Sahabat Dream.

Dream - Sebelum pandemi COVID-19 menerjang seluruh dunia, aktivitas puasa selalu diramaikan dengan adanya buka puasa bareng teman-teman keluarga. Momen menanti waktu berbuka juga dihabiskan dengan ngabuburit mencari jajanan kudapan buka puasa di akhiri makan malam di restoran favorit bareng yang tersayang.

Tapi, sejak pandemi COVID-19 datang di 2020 kemarin. Kegiatan itu mendadak berhenti dan semua orang disarankan untuk menghabiskan serta mengisi Ramadannya dari rumah saja.

Hal itu dilakukan agar menekan pemaparan virus COVID-19 yang memakan nyawa.

Tapi tenang, Sahabat Dream jangan sedih karena harus #dirumahaja. Karena, kamu tetap bisa menghabiskan Ramadan #dirumahaja bareng keluarga.

2 dari 4 halaman

Memangnya apa saja?

Pertama, beribadah dari rumah.

External Communications Leader Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya, mengatakan platform e-commercenya itu sudah menyertakan fitur Quran—telah mendapatkan sertifikat tahsih dari Kementerian Agama, serta jadwal sholat.

Kedua, bersedekah.

Ekhel membekali e-commerce ini dengan fitur sedekah, misalnya fidyah, zakat fitrah, dan kotak amal.

Pada Ramadan 2020, nilai transaksi Zakat Maal di Tokopedia meningkat dua kali lipat dibanding Ramadan 2019. Pengguna Tokopedia pun telah mengumpulkan hampir Rp80 miliar lewat fitur Donasi, Zakat dan Qurban selama 2020.

Ketiga, belanja online.

Masyarakat bisa memenuhi kebutuhan rumah tangga dari sejumlah pegiat usaha lokal sekaligus berdonasi melalui home living salebration ketupat.

Selain itu, masyarakat juga bisa berbelanja lebih hemat dengan promo cashback hingga Rp200 ribu dan flash sale Rp555 setiap bulan April.

3 dari 4 halaman

Ngabuburit Gaya Baru dari Rumah, Bisa 'Tangkap Takjil'

Dream - Ngabuburit jadi salah satu kegiatan yang tak bisa dilewatkan jelang azan Maghrib berkumandang setiap bulan suci Ramadan. Namun ngabuburit tahun ini dilakukan dengan cara yang berbeda.

Jika biasanya ngabuburit diisi dengan jalan-jalan mencari kudapan berbuka puasa, masa pandemi membuat aktivitas rutin ini terpaksa dikurangi guna meminimalisir penyebaran virus COVID-19.

Tapi tenang, kamu masih bisa kok killing time menunggu waktu berbuka puasa di rumah dengan bermain gadget, scrolling timeline media sosial, menonton film, mendengarkan podcast dan lain sebagainya.

Snapchat sebagai aplikasi kamera, menghadirkan beragam fitur lensa, di mana Sahabat Dream dapat memanfaatkan augmented reality yang menarik untuk mengambil foto atau video lucu, bisa kamu jadikan aktivitas seru ngabuburit #dirumahaja.

Di bulan Ramadan kali ini, Snapchat juga menghadirkan fitur Lensa Snap Ngabuburit. Dengan fitur ini, para pengguna dapat memainkan permainan tangkap takjil. Tak cuma sendiri, kamu bisa ajak teman untuk ikut bermain, lho!

4 dari 4 halaman

Ngabuburit makin seru

Lensa Snapchat memungkinkan Sahabat Dream untuk menambahkan efek 3D, objek, karakter, dan mengubah diri kalian saat mengambil Snap.

Lensa baru ditambahkan setiap hari untuk membantu penggunanya mengekspresikan diri kepada teman dan keluarga terdekat.

Snapchat mengandeng Indosat Ooredoo untuk membantu para developer muda Indonesia, berkompetisi di dunia perekonomian digital.

Indosat bersama Snapchat telah mengadakan ID Camps, kurikulum Snapchat AR Lens Studio yang memungkinkan developer untuk membuat desain Lensa Snapchat berbasis Augmented Reality.

Kurikulum ini akan dilakukan di platform Dicoding secara online, sebagai Partner Akademi ID Camps 1300++ developer sudah mengikuti Kurikulum ini.

Seluruh developer yang berpartisipasi akan di berikan tantangan untuk membuat lensa bertemakan Ramadan. Seratus Lensa terbaik akan di pilih untuk mendapatkan 2500 points Dicoding Platform.

Sahabat Dream juga bisa mencoba Lensa tersebut untuk berpartisipasi dalam menumbuhkan masa depan yang lebih baik untuk kemajuan digital di Indonesia.

Join Dream.co.id