Percepatan Migrasi UMKM Jatim ke Dunia Digital Lewat Tokko

Techno | Minggu, 21 November 2021 08:37

Reporter : Alfi Salima Puteri

Jika perusahaan besar bisa dengan mudah migrasi ke dunia digital, tidak demikian bagi mereka.

Dream - Aplikasi pembuatan website toko online, Tokko Semesta terus membantu para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), yang selama pandemi paling terkena dampak, agar bisa kembali bangkit.

Setelah hadir di Bandung pada Oktober kemarin, kini Tokko Semesta melebarkan sayap ke Surabaya, Jawa Timur, Sabtu 20 November 2021.

Vice President of MSME Growth Tokko, Tri Sukma Anreianno menjelaskan Tokko Semesta bertujuan mendorong lebih banyak UMKM di Jawa Timur, khususnya Kota Pahlawan untuk dapat beradaptasi dan bergerak lebih cepat mengembangkan usahanya dengan berjualan online.

 Tokko Semesta© Istimewa

" Tantangan lain yang dihadapi oleh UMKM setelah go-digital yaitu persaingan ketat, yang membutuhkan strategi, kekuatan produk, serta pemahaman yang baik terhadap pelanggan agar brand mereka dapat terus bertahan," ujar Tri dalam launching Tokko Semesta Surabaya yang digelar hybrid, kemarin.

Percepatan Migrasi UMKM Jatim ke Dunia Digital Lewat Tokko
Aplikasi Tokko Untuk UMKM
2 dari 2 halaman

Tokko memberikan pendampingan, pelatihan, dan mentorship melalui pendekatan personalisasi yang menyesuaikan dengan kebutuhan skala bisnis UMKM, serta tersedia secara online maupun offline.

 Tokko Semesta© Istimewa

" Sebagai platform social commerce, Tokko memiliki pendekatan direct to consumer yang berbeda dari platform jualan online lainnya," imbun VP Head Community Tokko, Bobby Silalahi.

Tentu ini memberikan keleluasaan bagi pelaku usaha untuk mengembangkan usahanya dengan lebih kreatif dan memperkuat kedekatan dengan pelanggan.

 Tokko Semesta© Istimewa

Saat ini, meski baru genap setahun di November 2021 ini, namun Tokko sudah memiliki 2,5 juta pengguna di seluruh Indonesia yang seluruhnya adalah UMKM.

" Adapun untuk di Jawa Timur sendiri, setelah dilaunching di Surabaya, kami menargetkan ada sebanyak 2.000 UMKM," tambahnya.

Join Dream.co.id