Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Cerita di Balik Pembuatan Film Galaxy Movie Studio 2022 'Seperti Sediakala'

Cerita di Balik Pembuatan Film Galaxy Movie Studio 2022 'Seperti Sediakala' Foto: Karya Film Pendek Pemenang Galaxy Movie Studio Berjudul Seperti Sediakala Sepenuhnya Diambil Menggunakan Smartphone Samsung Galaxy S22 Ultra/Samsung Indonesia

Dream - Setelah melewati beberapa tahapan dalam gelaran Galaxy Movie Studio 2022, Samsung Electronics Indonesia akhirnya merilis film pendek berjudul Seperti Sediakala hasil kolaborasi dengan Serangkai Films sebagai pemenang dari kompetisi film yang telah diselenggarakan sebelumnya.

Direkam sepenuhnya pakai Galaxy S22 Ultra 5G, film pendek yang sudah bisa ditonton versi lengkap di YouTube dan versi pendek di bioskop ini pun benar-benar membuktikan kemampuan Galaxy S22 Ultra dalam menciptakan video sekelas film profesional yang epic.

Samsung bersama Serangkai Films pun membagikan cerita menarik di balik proses pembuatan film tersebut.

“Samsung telah membenamkan inovasi terbaik di Galaxy S22 Ultra 5G sedemikian rupa hingga mampu menjadi ya  smartphone yang dapat menghasilkan movie-like video dengan kualitas beyond the standard,” ujar Andi Airin, Head of MX Marketing Samsung Mobile Experience, Samsung Electronics Indonesia pada keterangannya Kamis, 16 Juni 2022.

Kemampuan flagship terbaik Samsung ini juga dapat membuka lebih banyak kemungkinan bagi anak-anak muda untuk berkreasi menciptakan karya profesional. Hal ini yang ingin kami tunjukkan melalui kolaborasi kami bersama Serangkai Films dalam membuat Seperti Sediakala,” jelas Andi.

Di kesempatan ini Andi juga mengatakan kalau semangat ini yang akan mendorong pihaknya dengan Serangkai Films untuk terus berkontribusi terhadap kemajuan industri kreatif, khususnya perfilman, melalui lebih banyak inisiatif dari Galaxy Movie Studio ke depannya.

Selaku Sutradara Seperti Sediakala, Anggita Putri juga membeberkan kalau Galaxy S22 Ultra 5G benar-benar punya segala fitur dan kemampuan untuk menciptakan video dengan kualitas profesional.

“Bahkan, dengan pakai smartphone, kita bisa lebih clear dalam mengulik angle dan pergerakan kamera karena smartphone itu sendiri compact, ringan, dan juga fleksibel. Hal ini juga yang membuat kami bisa lebih agile dalam merekam tiap scene, sehingga kami bisa memaksimalkan tiap menit dalam proses shooting dengan maksimal,” terang Anggita.

Melibatkan sutradara Tanah Air ternama dalam helatan tahunan Samsung, Angga Dwimas Sasongko yang dibesut sebagai mentor dalam film pendek Seperti Sediakala mengatakan, smartphone is an active point of view, so it is a matter of how the filmmaker bisa memaksimalkan dan menempatkan smartphone tersebut, mulai dari pemilihan angle sampai penentuan mode kamera, to serve the story.

“Dalam hal ini, Anggita bersama teman-teman dari Serangkai Films lainnya mampu menciptakan film pendek yang epic dengan memaksimalkan berbagai fitur dan kemampuan yang dimiliki oleh Galaxy S22 Ultra 5G,” tegas Angga.

Sebagai mentor, Angga menuturkan kalau hasil dari Seperti Sediakala pun menjadi semakin spesial karena ini merupakan pertama kalinya mereka shooting dengan smartphone, di mana ini semua bisa diselesaikan dengan waktu yang singkat dan proses shooting yang efisien.

Karya Film Pendek Pemenang Galaxy Movie Studio Berjudul Seperti Sediakala Sepenuhnya Diambil Menggunakan Smartphone Samsung Galaxy S22 Ultra

Rekam video epic di kondisi low light bukan lagi halangan

Seperti Sediakala merupakan film pendek dengan low light ambience yang kuat. Hal ini tampak dari pengambilan gambar di malam hari hingga penggunaan cahaya yang lembut saat di dalam set.

Hal ini dapat menjadi tantangan karena cahaya lampu di malam hari bisa menimbulkan noise, ditambah perekaman di dalam ruangan dengan cahaya yang lembut bisa membuat video jadi under exposure.

Serangkai Films Berhasil Membuktikan Kemampuan Nightography Galaxy S22 Ultra 5G Melalui Film Pendek Seperti Sediakala

Nightography mampu mengakomodasi kebutuhan Puri dan tim dalam mewujudkan treatment visual yang telah ditetapkan karena cahaya bisa ditangkap secara maksimal walaupun shooting di kondisi low light, jadi hasilnya bisa lebih vivid dan tajam.

Atur pengambilan gambar layaknya pakai kamera profesional

Dengan latar tempat yang cukup tricky, Anggita dan tim membutuhkan pengaturan pengambilan gambar yang lebih advance agar hasil video yang direkam benar-benar sesuai keinginan.

Dalam hal ini, Pro Mode di Galaxy S22 Ultra 5G yang bisa mengatur ISO, focus, hingga white balance memberikan Puri beserta tim keleluasaan dalam merekam layaknya menggunakan kamera profesional.

Selain itu, Pro Mode pada foto yang hasilnya tak kalah epic pun banyak digunakan untuk mengambil still image yang dapat memberikan inspirasi akan angle-angle menarik yang bisa digunakan pada saat shooting.

Bikin video jadi lebih dramatis

Sisi emosional karakter menjadi elemen yang sangat ditonjolkan dalam Seperti Sediakala. Maka dari itu, film ini banyak menggunakan pergerakan kamera yang shaky supaya scene yang diambil menjadi lebih dramatis sekaligus menguatkan emosi yang ditampilkan karakter.

Teknik pengambilan gambar seperti itu pun dapat dieksekusi dengan baik berkat teknologi Cinematic Camera Movement di Galaxy S22 Ultra 5G.

“Footage yang diambil akan otomatis terstabilisasi sehingga gambar yang dihasilkan jadi lebih minim getaran, jadi kami bisa mendapatkan efek shaky yang diinginkan untuk membuat scene menjadi lebih hidup dan dinamis,” ucap Anggita.

Proses shooting jadi lancar

Anggita dihadapkan dengan tantangan akan waktu shooting yang singkat, apalagi film ini banyak mengambil scene di malam hari.

Dalam hal ini, dirinya benar-benar terbantu dengan All-day Battery dari Galaxy S22 Ultra 5G untuk merekam dan review gambar seharian tanpa khawatir baterai akan cepat habis.

Hal tersebut membuatnya bisa lebih fokus untuk mendapatkan gambar yang diinginkan sekaligus membuat proses shooting bisa terus berjalan tanpa hambatan akan keperluan untuk mengecas.

Tonton Seperti Sediakala di YouTube Samsung dan bioskop terdekat

Seperti Sediakala sudah tayang pada 13 Juni 2022 di YouTube Channel Samsung Indonesia. Menariknya, versi pendek film ini juga tayang di bioskop XXI Summarecon Serpong, Aeon Mall Sentul City, Kota Kasablanka, Ambarukmo Yogya, Plaza Senayan, dan Lenmarc sampai 13 Juli 2022.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Kecanggihan Samsung Galaxy S23 Ultra Dokumentasikan Konser TWICE Ready to Be in Jakarta

Kecanggihan Samsung Galaxy S23 Ultra Dokumentasikan Konser TWICE Ready to Be in Jakarta

Banyak menangkap momen epic saat konser dengan hasil yang oke banget.

Baca Selengkapnya
Juaranya Zoom sampai ke Bulan, Kamera Galaxy S24 Ultra Makin Epic, Cobain Sekarang!

Juaranya Zoom sampai ke Bulan, Kamera Galaxy S24 Ultra Makin Epic, Cobain Sekarang!

Dilengkapi AI, perangkat Galaxy S24 Series mengalami sejumlah peningkatan dibandingkan pendahulunya termasuk pada fitur kamera.

Baca Selengkapnya
Samsung Galaxy S24 Series, Pimpin Pengguna Smartphone Menuju Era Baru: Galaxy AI Bukan Sekadar Gimmik

Samsung Galaxy S24 Series, Pimpin Pengguna Smartphone Menuju Era Baru: Galaxy AI Bukan Sekadar Gimmik

Di series ini, kamu bisa meningkatkan pengalaman sehari-hari yang lebih kreatif dan memukau.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Kupas Keunggulan Exynos 2400 di Galaxy S24 dan S24+

Kupas Keunggulan Exynos 2400 di Galaxy S24 dan S24+

Samsung menghadirkan Exynos 2400 dengan teknologi fabrikasi 4nm terkini yang mampu meningkatkan kinerja CPU secara optimal.

Baca Selengkapnya
3 Cara Edit Konten Jadi Lebih Epic Pakai AI di Galaxy S24 Series

3 Cara Edit Konten Jadi Lebih Epic Pakai AI di Galaxy S24 Series

Dengan teknologi AI yang disematkan pada Samsung Galaxy S24 Series, tentu mampu meningkatkan produktivitas penggunanya termasuk membuat konten.

Baca Selengkapnya
Keseruan Nonton Konser TWICE ‘Ready to Be’ in Jakarta Pakai Samsung Galaxy S23 Ultra

Keseruan Nonton Konser TWICE ‘Ready to Be’ in Jakarta Pakai Samsung Galaxy S23 Ultra

Potret keseruan konser TWICE Ready to Be in Jakarta dengan Samsung Galaxy S23 Ultra.

Baca Selengkapnya
Samsung Galaxy S24 Series, Pakai Rangka Titanium dan Dilengkapi AI

Samsung Galaxy S24 Series, Pakai Rangka Titanium dan Dilengkapi AI

Galaxy AI mengubah seri S yang ikonik untuk masa depan.

Baca Selengkapnya
Tips Bikin Produktif Pakai AI di Galaxy S24 Series!

Tips Bikin Produktif Pakai AI di Galaxy S24 Series!

Fitur-fitur AI di perangkat Galaxy S24 Series mampu mendorong produktivitas penggunanya dalam menyelesaikan pekerjaan.

Baca Selengkapnya
Fitur AI yang Hanya Bisa Kamu Dapatkan di Galaxy S24 Series

Fitur AI yang Hanya Bisa Kamu Dapatkan di Galaxy S24 Series

Samsung baru saja merilis smartphone series terbarunya Galaxy S24 Series yang dilengkapi teknologi AI.

Baca Selengkapnya
NOTED KAK! Saat Dipanggil ke Ruangan Bos

NOTED KAK! Saat Dipanggil ke Ruangan Bos

Begini POV saat dipanggil bos, rasanya degdegan deh. Kalian ada yang suka merasa begini?

Baca Selengkapnya