IDC AMSI 2021: Mengupas Inovasi Pendorong Ekonomi Digital Indonesia

Techno | Rabu, 13 Oktober 2021 06:37

Reporter : Ahmad Baiquni

Transformasi menuju digital mengalami percepatan begitu pandemi melanda.

Dream - Pandemi Covid-19 yang melanda dunia memaksa percepatan transformasi ekonomi menjadi berbasis digital. Sedangkan transformasi tersebut diperkuat dengan banyaknya inovasi yang muncul dari segala lini.

" Pandemi ini benar-benar mempercepat penetrasi digital dalam setiap elemen kehidupan manusia. Semua hal tiba-tiba dilakukan secara nirkontak, dari urusan sosial, pendidikan, hingga urusan transaksi ekonomi," ujar Ketua Umum Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI), Wenseslaus Manggut.

Cepatnya transformasi ini mendorong AMSI menghadirkan Indonesia Digital Conference (IDC) 2021 mengangkat tema " Lompatan Digital: Inovasi dan Akselerasi" . Wens menjelaskan tema tersebut dipilih dengan harapan para pembuat kebijakan dan pelaku industri dapat berkolaborasi yang saling menguntungkan demi mempermudah kehidupan masyarakat.

Menurut Wens, akselerasi digital terasa begitu dekat. Hal ini terjadi akibat begitu banyaknya inovasi yang muncul pada berbagai bidang.

Sekretaris Jenderal AMSI, Wahyu Dhyatmika, menyatakan IDC merupakan hajat tahunan AMSI sejak 2019. Gelaran ini menjadi ajang pertemuan pimpinan bisnis, pembuat kebijakan, pelaku usaha, serta para profesional membahas perkembangan terkini dan merumuskan masa depan Indonesia dari kacamata digital.

IDC AMSI 2021: Mengupas Inovasi Pendorong Ekonomi Digital Indonesia© Dream

 IDC AMSI© AMSI

Tahun ini, IDC akan digelar pada November dengan diawali roadshow. Ketua Panitia Pelaksana IDC 2021, Machroni Kusuma, mengungkapkan roadshow bertajuk Road to IDC mulai dilaksanakan pada 15-18 November 2021 di delapan provinsi dengan tema yang berbeda-beda meliputi Jakarta, Sumatera Selatan, Kalimantan Timur, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Sulawesi Selatan, dan Sulawesi Utara.

" Acara puncak IDC 2021 digelar tanggal 24 dan 25 November," ujar Roni yang juga pendiri Beritaindonesia.link.

Menurut Roni, tema IDC ditetapak setelah memperhatikan kondisi di mana Indonesia saat ini memasuki era jaringan seluler generasi kelima (5G). Hal ini memicu terjadinya lompatan besar dalam inovasi digital di Indonesia sekaligus momentum percepatan akselerasi dalam transformasi digital.

Lebih lanjut, Roni mengungkapkan era baru ini membuka banyak peluang dalam peningkatan produktivitas. Termasuk pula dalam penyerapan tenaga kerja dan penguatan ekonomi berbasis digital.

" Oleh karena itu, momentum tersebut harus dimanfaatkan secara maksimal demi sebuah tujuan besar untuk memperkuat ekonomi nasional," kata dia.

Terkait
Join Dream.co.id