Trump Jegal Huawei, Bagaimana Nasib Ponsel P30

Techno | Selasa, 21 Mei 2019 11:15
Trump Jegal Huawei, Bagaimana Nasib Ponsel P30

Reporter : Maulana Kautsar

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump membeberkan peran dan ancaman telekomunikasi asing.

Dream - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengeluarkan perintah eksekutif mengenai larangan `musuh asing` dalam bisnis telekomunikasi. Keputusan ini dimaknai sebagai larangan atas beredarnya produk Huawei.

" Huawei Technologies Co Ltd akan segera kehilangan akses ke pembaruan untuk sistem operasi Android, dan versi berikutnya dan smartphone di luar China juga akan kehilangan akses ke aplikasi dan layanan populer termasuk Google Play Store dan aplikasi Gmail," kata Trump dilaporkan Arstechnica, Senin, 20 Mei 2019.

Akibat perintah ini, raksasa data digital, Google bahkan dikabarkan telah mengakhiri bisnis dengan Huawei. Kondisi ini mengancam sistem ponsel P30 yang digadang-gadang menjadi salah satu ponsel terbaik saat ini.

Ponsel itu terancam tak bisa mengakses ke Android Q dan sistem ekosistem aplikasi Google. Sebetulnya, yang paling berbahaya adalah tidak dapatnya ponsel besutan Huawei masuk ke Google Play Store dan Google Play Services.

 

2 dari 2 halaman

Balasan Terhadap Kebijakan China Atas Google?

Meski demikian, banyak yang menduga, pembatasan ini hanya akan terjadi pada versi berikutnya dari smartphone Huawei.

Huawei tidak melakukan banyak bisnis ponsel pintar di AS. Larangan Huawei menjual ponsel ke konsumen AS tidak banyak mengubah keadaan.

Huawei telah melakukan beberapa upaya untuk masuk ke pasar AS, tetapi tekanan dari Kongres pada mitra bisnis individu Huawei, seperti AT&T dan Verizon, telah membuat mereka menjauh dari kesepakatan dengan perusahaan.

Selain smartphone, Huawei juga merupakan salah satu pemasok terbesar jaringan dan peralatan telekomunikasi di dunia, dan larangan ini akan membuat router, menara, dan peralatan perusahaan lainnya keluar dari jaringan AS.

Larangan Trump ini mengingatkan kebijakan China terhadap Google. Di negara asal Huawei itu Google tidak banyak melakukan bisnis di China.(Sah)

Terima Kritik Pedas, Nada Zaqiyyah: Ternyata Adik Kelas Aku Sendiri
Join Dream.co.id