Mudahnya Belanja Umroh Lewat Aplikasi Marketplace

Techno | Kamis, 28 November 2019 09:49
Mudahnya Belanja Umroh Lewat Aplikasi Marketplace

Reporter : Ahmad Baiquni

Lewat Tokopedia Umroh, tersedia banyak paket umroh menarik

Dream - Minat umat Islam Indonesia untuk melaksanakan umroh terus mengalami peningkatan. Terbukti dari terus meningkatnya jumlah orang Indonesia yang pergi ke Tanah Suci untuk ibadah setiap tahunnya.

Melihat peluang ini, aplikasi marketplace Tokopedia meluncurkan fitur umroh sebagai bagian ekosistem Tokopedia Salam. Berkolaborasi dengan berbagai biro perjalanan penyelenggaran umroh resmi, Tokopedia beritikad untuk mempermudah masyarakat beribadah ke Tanah Suci.

" Tokopedia telah official memberikan opsi untuk pergi umroh yang lebih mudah kepada seluruh masyarakat Muslim di Indonesia," ujar Head of Tokopedia Salam, Garri Juanda saat launching Tokopedia Umroh, di Rumah Maroko, Jakarta, Rabu 27 November 2019 kemarin.

 Tokopedia Umroh

Peluncuran Tokopedia Umroh bersama BPKH dan Asosiasi Penyelenggara Umroh (Keisha Ritzska Salsabila/Dream)

Fitur Tokopedia Umroh memberikan lebih banyak pilihan bagi masyarakat dalam menentukan paket umroh diinginkan. Segala informasi mengenai paket umroh tersedia lengkap di fitur ini.

2 dari 6 halaman

Bukan Sebagai Travel Agent

Garri mengatakan fitur Tokopedia umroh hadir sebagai akses yang menghubungkan antara penyelenggara umroh resmi dengan konsumen. Menurut dia, terdapat ratusan penyelenggara umroh yang sangat membutuhkan akses untuk dapat menjangkau calon jemaah.

" Tokopedia itu tidak bergerak sebagai travel agent tetapi market place bagi travel agent yang telah memiliki sertifikat, untuk mengiklankan produknya secara digital kepada puluhan juta user di Tokopedia," kata Garri.

Selain itu, keberadaan Tokopedia Umroh juga sebagai pendukung pemerataan ekonomi syariah secara digital di Indonesia. Ini mengingat pasar ekonomi syariah di dalam negeri belum terkelola secara maksimal.

 Tokopedia UmrohTokopedia Umroh © Dream.co.id

Di fitur ini terdapat lebih dari 100 paket umroh siap berangkat dalam beberapa bulan ke depan. Paket tersebut ditawarkan dengan harga beragam dengan beberapa kategori mulai dari good value, medium, hingga bintang lima.

Tokopedia juga menyediakan beberapa paket umroh yang dikemas dengan wisata ke negara lain. Sehingga jemaah berkesempatan untuk traveling ke beberapa destinasi internasional.

Untuk pembayaran, tersedia cicilan mulai tiga hingga enam bulan. Cukup membayar uang muka lebih dulu dan pelunasan dapat dilakukan sebelum keberangkatan ke Tanah Suci.

Laporan: Keisha Ritzska Salsabila

3 dari 6 halaman

Kembangkan Ekonomi Syariah, Bukalapak dan Tokopedia Dilibatkan

Dream – Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS) menggandeng banyak lembaga untuk mendukung pengembangan ekonomi syariah di Indonesia. Misalnya, mengajak e-commerce untuk mendukung ekonomi syariah.

“ Hari ini kita tidak akan hanya menyaksikan prosesi peluncuran Masterplan Ekonomi Syariah Indonesia (MEKSI) 2019-2024, tetapi kami juga menyisipkan agenda penandatanganan beberapa Memorandum of Understanding (MoU) antara KNKS dengan berbagai lembaga yang mendukung pengembangan ekonomi syariah Indonesia,” kata Menteri Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), Bambang P. S. Brodjonegoro, dalam peluncuran Masterplan Ekonomi Syariah Indonesia di Jakarta, dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Dream, Rabu 15 Mei 2019.

Bersamaan dengan peluncuran MEKSI 2019-2024, KNKS juga turut menekan sejumlah nota kesepahaman dengan berbagai lembaga negara serta pemain pasar. Komite ini menggandeng Bukalapak dan Tokopedia untuk mewujudkan konsep marketplace yang mengakomodasi kebutuhan umat Muslim di Indonesia.

Pengguna dapat lebih mudah mencari dan mengidentifikasi produk-produk dengan nomor sertifikasi halal. Tidak hanya itu, nantinya pengguna juga dapat lebih mudah untuk melakukan investasi pada instrumen syariah seperti reksadana syariah melalui platform e-commerce.

“ KNKS ingin bersama-sama membangun ekosistem e-commerce yang mendukung penjualan produk-produk halal melalui platform digital marketplace,” kata Direktur Pengembangan Ekonomi Syariah dan Industri Halal KNKS, Afdhal Aliasar.

Afdhal mengatakan hal ini dimulai dengan mengajak marketplace yang sudah ada saat ini, yaitu Bukalapak dengan Tokopedia. Tujuannya untuk menghadirkan produk-produk halal dan keuangan syariah di masing-masing e-commerce.

“ Diharapkan ke depannya akan lebih banyak lagi pemain e-commerce yang turut bergabung dalam ekosistem ini,” kata dia. 

4 dari 6 halaman

LinkAja Syariah Diluncurkan

Afdhal mengatakan ada kerja sama antar bank syariah BUMN dengan PT Fintek Karya Nusantara (Finarya) untuk mengembangkan platform digital LinkAja Syariah.

Keempat bank syariah itu adalah PT Bank Syariah Mandiri (Mandiri Syariah), PT BNI Syariah, PT BRIsyariah Tbk, dan unit usaha syariah/UUS PT Bank Tabungan Negara Tbk.

Komitmen tersebut tertuang dalam nota kesepahaman “ Pengembangan Sistem Pembayaran Digital yang Dikelola secara Syariah”.

Tujuan kerja sama ini adalah mengembangkan LinkAja Syariah sebagai platform pembayaran digital syariah dan uang elektronik yang dikelola secara syariah.

Afdhal mengharapkan LinkAja Syariah menjadi sistem pembayaran digital yang bisa mendukung ekonomi digital syariah.

Nantinya, platform ini bisa melayani transaksi perdagangan e-commerce, produk keuangan syariah, pariwisata halal, serta dana sosial keagamaan, seperti zakat, infak, dan wakaf dengan masjid dan lembaga pengelola zakat.

“ Masyarakat Indonesia memiliki penduduk muslim terbesar di dunia, seiring dengan berkembangnya teknologi dan pola bisnis yang demikian cepat membutuhkan sistem pembayaran digital syariah yang mampu melayani kebutuhan tersebut. Bersama-sama kita akan mewujudkan hal itu,” kata dia. (ism)

5 dari 6 halaman

Tokopedia Diguyur Dana Segar Rp16 Triliun

Dream – PT Tokopedia kembali mendapat suntikan modal. Kali ini jumlahnya lumayan besar, yaitu mencaoai US$1,1 miliar atau setara dengan Rp16,07 triliun.

Modal segar itu berasal dari Softbank Vision Fund dan Alibaba Group. Pendanaan ini dipimpin oleh SoftBank Vision Fund dan Alibaba Group dengan partisipasi Softbank Ventures Korea, serta investor-investor Tokopedia sebelumnya.

E-commerce ini akan menggunakan dana tersebut untuk membangun teknologi dan infrastruktur serta memberdayakan jutaan bisnis lokal untuk tumbuh.

“ Dalam sembilan tahun pertama kami, Tokopedia fokus untuk membangun marketplace terbesar di Indonesia yang menyediakan barang fisik serta digital,” kata founder dan CEO Tokopedia, William Tanuwijaya, dalam keterangan tertulis yang diterima Dream, Rabu 12 Desember 2018.

Dia mengatakan, memasuki tahun ke sepuluh, Tokopedia akan mengembangkan ekosistem menjadi infrastructure-as-a-service (IaaS) dimana teknologi logistik, fulfillment, pembayaran, dan layanan keuangan akan memberdayakan perdagangan, baik online maupun offline. Pembangunan teknologi dan infrastruktur, kata dia, akan memperluas skala dan jangkauan Tokopedia.

Efisiensi operasional bagi platform ini juga tercipta. Dengan begitu, misi besar memeratakan ekonomi digital secara merata bisa terlaksana.

6 dari 6 halaman

Bantu UKM Pasarkan Produk

Senior Investor Softbank Investment Advisers dan Anggota Dewan Tokopedia, Lydia Jett, mengatakan bahwa Tokopedia telah membantu jutaan UKM di Indonesia untuk menjual produk secara digital ke seluruh pelosok Indonesia. Menurut dia, e-commerce ini juga menyediakan akses ke lebih dari 100 juta jenis produk kepada masyarakat Indonesia.

“ Dengan tingkat adopsi internet di Indonesia yang terus bertumbuh pesat, Tokopedia ada di posisi yang tepat untuk melayani jutaan masyarakat lainnya. Kami mendukung dan percaya kepada kekuatan entrepreneur lokal, dan melihat potensi pertumbuhan Tokopedia akan terus berkelanjutan,” kata dia.

Head of Investment South East Asia and India di Alibaba Group, Kenny Ho, mengaku senang bisa bekerja sama dengan Tokopedia untuk memberdayakan UMKM dan mempercepat pembangunan ekonomi Indonesia.

“ Kami melihat misi perusahaan kami - memudahkan untuk memulai dan membangun bisnis di mana saja - tercermin dalam perjalanan Tokopedia,” kata dia.

Sekadar informasi, Tokopedia kini sudah menjangkau 93 persen kecamatan di Indonesia di lebih dari 17 ribu pulau. Pada tahun ini, gross merchandise value (GMV) Tokopedia meningkat hingga empat kali lipat.

Saat ini, Tokopedia juga telah melakukan pengiriman di hari yang sama (same-day delivery) untuk 25 persen transaksi yang terjadi dalam platformnya. Tokopedia berkomitmen untuk melayani Indonesia dan akan bekerja dengan para mitranya untuk membangun teknologi dan infrastruktur terbaik demi membuka potensi dan peluang bagi ratusan juta pengguna di masa depan. 

Terkait
Cara Samuel Rizal Terapkan Hidup Sehat Pada Anak
Join Dream.co.id