Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Mochtar Riady: Teknologi Digital Bukan Hal Baru

Mochtar Riady: Teknologi Digital Bukan Hal Baru Mochtar Riady (Foto: AMSI)

Dream - Pengusaha senior, Mochtar Riady, menyoroti riuhnya perbincangan mengenai teknologi digital di kalangan anak muda belakangan ini. Dalam pandangannya, teknologi digital sebenarnya bukan hal baru.

"Saya tahu anak-anak muda kita semua sudah mulai cerita tentang digital, tetapi sesungguhnya (teknologi) digital ini sudah dimulai dari 1946, jadi sudah 74 tahun. Ini bukan teknologi yang baru," kata Mochtar yang menjadi keynote speaker di Indonesia Digital Conference 2019, di Djakarta Theater Hall, Jakarta Pusat, Kamis 28 November 2019.

Mochtar mengatakan teknologi digital bukan merupakan tahapan selanjutnya dari perkembangan revolusi industri. Sebab nantinya akan digantikan dengan teknologi yang lebih canggih.

Dia juga menyinggung soal industri 4.0 yang belakangan banyak disebut. Mochtar menilai industri ini mengarah pada penggunaan artificial intelligence serta nanotechnology.

"Teknologi digital ini akan digantikan oleh AI, di mana semuanya serba robotik," kata dia.

Berawal dari Mikro Elektronik

Dengan bersemangat, Mochtar memaparkan tahapan demi tahapan perkembangan teknologi di hadapan para peserta seminar yang kebanyakan adalah kaum muda. Bos Lippo grup itu mengatakan pada 1946, ditemukan teknologi mikro elektronik yang kemudian berkembang menjadi digital dan analog.

Sistem analog melahirkan telekomunikasi sementara digital memunculkan ilmu komputer. Pada satu masa, dua sistem ini dipertemukan dan melahirkan internet.

"Dengan adanya internet, komputer berkembang menjadi laptop, sementara telepon statis menjadi telepon genggam," kata Mochtar.

Pentingnya Memahami Perkembangan Teknologi

Dia mengingatkan pemahaman akan tahapan perkembangan teknologi sangat penting agar tidak tertinggal dalam perubahan. Sekaya apapun negara atau keluarga, kata Mochtar, tidak akan mampu bertahan jika tidak mau berubah.

Mochtar memberikan contoh kasus "Raja Gula" di Jawa Tengah era kekuasaan Belanda. Kala itu, kekayaan Raja Gula tersebut mencapai 200 juta gulden, setara US$20 miliar saat ini.

"Sekarang sudah tidak diketahui lagi nasib dia atau keturunannya," kata Mochtar.

 

Kasus Tiongkok

Hal yang sama terjadi pada Tiongkok yang di era dinasti kuno terkenal sebagai negara paling kaya di dunia. Lambat laun, Tiongkok terpuruk dan jadi negara semi terjajah karena mengabaikan revolusi industri tahap pertama dan kedua.

"Kita harus hati-hati, ketika Tiongkok tidak mengikuti (revolusi industri) akhirnya jadi masalah. Indonesia tidak boleh kehilangan kesempatan yang baik ini," kata dia.

Mochtar juga berbagi cerita pengalamannya membangun bisnis yang kini menjadi besar seperti BCA dan Bank Panin. Juga dalam usahanya membesarkan Lippo Group hingga melahirkan MatahariMall.com dan aplikasi pembayaran OVO.

Mochtar menjadi salah satu pembicara utama IDC 2019 yang merupakan rangkaian kegiatan dari Konferensi Tahunan Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI). Pembicara utama lainnya yaitu Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki dan Menteri Riset dan Teknologi Bambang Brojonegoro.(Sah)

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Wanita Ini Ngobrol dengan Ibu yang Sudah Meninggal Pakai Teknologi AI: Rasanya Menyeramkan

Wanita Ini Ngobrol dengan Ibu yang Sudah Meninggal Pakai Teknologi AI: Rasanya Menyeramkan

Belakangan ia mulai menggunakan teknologi artificial intelligence (AI) untuk berkomunikasi dengan ibunya.

Baca Selengkapnya
High Tech Banget, Jepang Manfaatkan Teknologi AI Biar Angka Kelahiran Naik

High Tech Banget, Jepang Manfaatkan Teknologi AI Biar Angka Kelahiran Naik

Beragam cara dilakukan pemerintah Jepang agar kaum muda Jepang menikah dan punya anak, salah satunya dengan menggunakan teknologi.

Baca Selengkapnya
Ini 5 Teknologi Paling Tua di Dunia dan Masih Dipakai Hingga Sekarang

Ini 5 Teknologi Paling Tua di Dunia dan Masih Dipakai Hingga Sekarang

Teknologi merupakan satu hal yang melekat dalam kehidupan sehari-hari manusia. Yuk, simak 5 teknologi tertua yang masih digunakan sampai saat ini!

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Komputer AI NASA Mampu Prediksi 30 Menit sebelum 'Kiamat' Badai Matahari Terjadi

Komputer AI NASA Mampu Prediksi 30 Menit sebelum 'Kiamat' Badai Matahari Terjadi

NASA bisa memprediksi akan terjadi badai matahari 30 menit sebelum kejadian dengan menggunakan teknologi AI

Baca Selengkapnya
NOTED KAK! Capek Kerja tapi Teringat Cicilan, ADUH!

NOTED KAK! Capek Kerja tapi Teringat Cicilan, ADUH!

Sahabat Dream, kalian pernah gak sih batal istirahat setelah kerja keras karena teringat cicilan. Yuk berbagi. Kali aja ada yg senasib

Baca Selengkapnya
BUNGKUS! Nyam Nyam Kenyang!

BUNGKUS! Nyam Nyam Kenyang!

Kalian pernah gak sih melihat video viral dan jadi terngiang-ngiang terus? Setiap mau makan selalu muncul, bikin bete gak sih sahabat dream?

Baca Selengkapnya