Merekam Sisi Lain Pejuang Pandemi Lewat Kamera EOS R6

Techno | Jumat, 12 November 2021 10:16

Reporter : Dwi Ratih

EOS R6 merupakan kamera mirrorless full-frame yang dibekali fitur serta teknologi mutakhir.

Dream - Canon melalui PT Datascrip, distributor tunggal di Indonesia, menyuguhkan series dokumenter bertajuk " Carry On - Stories In The Time of Corona" .

Menceritakan kisah para sosok pekerja yang berjuang di masa pandemi dengan segala keterbatasan.

Menariknya, semua produksi seri dokumenter sebanyak enam episode itu menggunakan perangkat kamera Canon EOS R6.

EOS R6 merupakan kamera mirrorless full-frame yang dibekali fitur serta teknologi mutakhir, mendukung perekaman video untuk menghasilkan gambar berkualitas tinggi.

Film ini dibuat untuk menjadikan motivasi dan inspirasi berharga bagi penontonnya. Sekaligus menguji kemampuan kamera Canon EOS R6. Dalam proses pembuatan film ini menggunakan dua kamera Canon EOS R6.

" Kami harap film seri dokumenter ini dapat menginspirasi dan menyampaikan pesan kepada penonton di Indonesia untuk tetap bangkit,” ujar Monica Aryasetiawan, Canon Business Unit Director pt. Datascrip dalam konferensi pers virtual, Kamis 11 November 2021.

Merekam Sisi Lain Pejuang Pandemi Lewat Kamera EOS R6
Foto: Ilustrasi/Shutterstock
2 dari 6 halaman

Sajian baru dari Canon

 Konferensi pers Canon© Dream.co.id/Siti Sarah Al Hafizd

Carry On - Stories In The Time of Corona digarap Reyhan Aliy, seorang fotografer dan videografer profesional sekaligus founder of Carito Films Creative House.

Menurut Reyhan butuh perjuangan ekstra saat produksi serial ini. Pertama adalah meyakinkan salah satu talent yaitu seorang biduan untuk mau tampil di depan kamera.

Kemudian ada juga seorang guru honorer yang lokasi kediamannya sangat jauh dari pemukiman warga yaitu di atas bukit.

" Bukanlah sesuatu yang mudah menemukan, menentukan dan memilih sosok pejuang yang benar-benar terdampak dan memiliki kisah yang benar benar bisa dibagikan pada penonton akibat pandemi," tutur Reyhan pada kesempatan yang sama.

Penasaran? Serial ini akan segera tayang di kanal YouTube Canon Indonesia, nantikan, ya!

Laporan: Siti Sarah Al Hafizd

3 dari 6 halaman

Wajib Tahu! Jenis Fotografit Potrait, Bisa Pakai Smartphone

Dream - Banyaknya genre dalam dunia fotografi membedakan jenis foto yang akan dihasilkan. Salah satu jenis fotografi yang diminati banyak orang adalah fotografi potrait.

Fotografi portrait merupakan teknik fotografi yang menangkap gambar orang sebagai subjek foto secara dekat dengan latar belakang blur atau berbeda.

Teknik fotografi ini sering digunakan berbagai macam gaya. Ada beberapa genre atau jenis fotografi portrait yang bisa dipelajari, mungkin salah satunya sesuai dengan minat Sahabat Dream.

Yuk simak!

Portrait Tradisional

Potrait tradisional biasanya menggambarkan subjek yang melihat ke arah kamera dan berpose. Dengan menggunakan teknik ini, membantu subjek terlihat maksimal.

Biasanya, portrait tradisional dilakukan di studio dengan latar belakang/background yang formal.

Jenis fotografi portrait ini umumnya hanya manangkap kepala dan bahu subjek, tapi ini bukan merupakan aturan yang mutlak. Fotografer biasanya akan memilih background berwarna solid dengan penekanan foto berfokus pada wajah subjek.

4 dari 6 halaman

Portrait Candid

Portrait candid merupakan hasil tangkapan foto yang tidak direncanakan. Berbeda dengan portrait tradisional, genre portrait ini bisanya digunakan untuk fotografi di jalanan yang menampilkan orang–orang.

Jenis fotografi portrait ini berupaya menangkap momen nyata dari orang-orang yang berkegiatan di ruang terbuka.

 Ilustrasi© Shutterstock

Untuk dapat menghasilkan foto candid terbaik, seorang fotografer seringkali harus berbaur di kerumunan dan memotret subjek yang menarik.

Momen-momen unik biasanya akan spontan muncul secara tidak terduga sehingga seorang fotografer perlu membawa kamera sedekat mungkin dengan jangkaunnya.

5 dari 6 halaman

Self Portrait

Self Portrait adalah salah satu jenis fotografi yang paling sederhana karena hanya melibatkan satu orang, yaitu si pemotret. Teknik juga dikenal dengan sebutan selfie atau swafoto.

Bagi seorang fotografer pemula, teknik self portrait bisa menjadi salah satu cara untuk belajar fotografi secara otodidak.

 Oppo Indonesia© OPPO Indonesia

Bahkan saat ini kamu sudah bisa melakukannya dengan perangkat smartphone. Agar lebih mudah, kamu bisa menggunakan tripod untuk menghilangkan tampilan selfie. Coba gunakan timer pada smartphone agar kamu bisa lebih kreatif lagi dalam menghasilkan foto.

6 dari 6 halaman

Portrait Pasangan, Keluarga atau Grup

Portrait tidak melulu sebatas pada subjek satu orang saja. Foto dengan pasangan, keluarga dan kelompok bermain juga merupakan jenis fotografi yang bisa diambil secara portrait.

Foto dengan subjek lebih dari satu orang biasnya lebih sulit dilakukan daripada portrait seorang diri. Jika kamu ingin memotret grup maka tunggu sampai semua subjek terlihat gayanya lebih natural dan menampilkan senyum atau tertawa lepas.

Contoh group portrait yang populer adalah foto keluarga.

Saat ini fotografi portrait sudah menjadi tren untuk kalangan anak muda. Oleh karena itulah, OPPO terus mengembangkan fitur-fitur kamera yang salah satunya mendukung jenis fotografi ini.

Smartphone pilihan

Sejak hadir di perangkat OPPO Reno3, fitur portrait semakin canggih kemampuannya.

Apalagi, OPPO kian menyempurnakan teknologi artificial intelligence (AI) alias kecerdasan buatan untuk mendukung foto portrait di seri OPPO Reno4 yakni fitur AI Color Portrait.

Fitur ini dapat membuat latar belakang gambar menjadi hitam-putih, sedangkan objek orang dalam foto akan tampil sesuai dengan warna aslinya.

 Oppo Indonesia© OPPO Indonesia

Di generasi berikutnya, OPPO Reno5 dan OPPO Reno5 F, kemampuan portrait diperluas untuk videografi.

OPPO akan terus mengembangkan fitur-fitur portrait yang semakin mumpuni di perangkat penerus seri OPPO Reno6 yang membawa tagline “ Every Emotion, in Portrait“ .

Menurut informasi sementara di kanal YouTube dan laman web resmi OPPO Indonesia, seri baru OPPO Reno6 yang akan datang ini, nantinya bakal mengoptimalisasikan kamera, baik untuk keperluan fotografi, videografi, maupun lifestyle, terutama bagi pengguna muda.

Join Dream.co.id