Lebaran Daring Saja!

Techno | Rabu, 12 Mei 2021 12:30

Reporter : Eko Huda S

Sejumlah aplikasi di telepon pintar bisa menyambungkan tali silaturahim kita meski harus terpisah jarak.

Dream - Dunia sudah melewati dua kali Idul Fitri dalam bekapan pandemi Covid-19. Selama itu pula, segala aktivitas serba terbatas. Semua orang ragu untuk saling berkunjung karena takut terjadi penyebaran virus corona.

Meski demikian, bukan berarti mengurangi makna Idul Fitri. Sebab, silaturahmi bisa dilakukan dengan berbagai cara. Bila masih ragu untuk berkumpul bareng keluarga besar meski dengan protokol ketat, kita bisa merayakan Lebaran dengan cara lain.

Di sinilah peran teknologi sangat penting. Kita bisa merayakan Idul Fitri secara daring. Sejumlah aplikasi di telepon pintar bisa menyambungkan tali silaturahim kita meski harus terpisah jarak.

Seberapa banyak anggota keluarga kita dan sejauh apapun mereka berada, tetap bisa berkumpul secara virtual. Lewat aplikasi pula kita bisa membuat acara reuni keluarga. Meski tak berjumpa secara fisik, cukuplah kita bermaaf-maafan, berbagi kisah, dan saling mendoakan, lewat panggilan video misalnya.

Lebaran Daring Saja!
Ilustrasi (Shutterstock.com)
2 dari 2 halaman

Kita juga tak perlu repot lagi menghantarkan makanan kepada kerabat, seperti tahun yang sudah-sudah. Sebab, saat ini sudah banyak aplikasi untuk memesan makanan maupun kue-kue Lebaran dan mengantarkan langsung kepada saudara-saudara kita.

Perlu diingat, Covid-19 masih ada. Kita tunda dulu acara kumpul-kumpul secara fisik karena masih rawan penularan virus corona. Bila terpaksa harus bertemu, patuhi protokol kesehatan untuk mengurangi risiko penularan Covid-19.

Tapi yang jelas, kumpul-kumpul di layar ponsel lebih aman. Silaturahim secara daring tak mengurangi makna Idul Fitri kita, karena yang penting niat tulus kita untuk saling memaafkan di hari yang fitri.

Selamat Lebaran, Sahabat Deram. Mohon maaf lahir dan batin.

Join Dream.co.id