Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Fitur Kecerdasan Buatan IBM Tuai Kontroversi

Fitur Kecerdasan Buatan IBM Tuai Kontroversi Wajah Buatan Hasil AI Milik IBM (Foto: IBM)

Dream - Perusahaan teknologi, IBM membuat kontroversi di dunia maya. IBM mengunggah kecerdasan buatan atau Artifical Intelligent (AI), yang mampu membuat wajah seseorang. Alat itu menggunakan basis data foto di laman Flickr.

Dilaporkan CNet, AI yang dibuat IBM mampu mengenali wajah di jutaan foto. Foto-foto tersebut memiliki lisensi Creative Commons (CC), tidak dilindungi hak cipta.

Meski gratis, lisensi CC melarang penggunaan komersial. Tapi, langkah ini justru menuai kontroversi.

Salah satu orang yang mengkritik penggunaan foto gratis yakni eksekutif perusahaan hubungan masyarakat SharpOrange, Greg Peverill-Conti.

"Tidak seorang pun orang yang saya potret akan menyangka gambar mereka digunakan dengan cara seperti ini," kata Greg, dikutip dari CNet, Rabu, 13 Maret 2019.

Lebih dari 700 foto Greg ada di koleksi, dan beberapa fotografer kesulitan membuat IBM menghapus foto mereka.

Tim hukum IBM telah turun tangan untuk membereskan masalah ini. IBM menyebut data AI tersebut ditawarkan hanya untuk riset akademis.

AI yang dinamai Diversity in Faces itu disebut hanya mengkreasikan wajah banyak orang berdasarkan kriteria usia, kecocokan wajah individu, dan geometris.

"Kami menghargai privasi individu dengan sangat serius dan telah sangat berhati-hati untuk mematuhi prinsip-prinsip itu," kata juru bicara IBM, Saswato Das dalam sebuah pernyataan.

"IBM telah berkomitmen untuk membangun teknologi yang bertanggung jawab, adil, dan terpercaya selama lebih dari satu abad dan meyakini bahwa sangat penting untuk mengupayakan keadilan dan akurasi dalam pengenalan wajah," ujar dia menambahkan.

 

 

Tanggapan yang Berbeda

Organisasi Creative Commons, organisasi nirlaba yang mengawasi lisensi, tidak mengomentari teknologi yang dikembangkan IBM.

Tapi, Kepala Eksekutif Organisasi Creative Commons, Ryan Merkley hanya mempermasalahkan sistem pengenalan wajah yang dikembangkan IBM.

"Alat kami dibuat untuk menyelesaikan hak cipta, dan mereka melakukannya dengan baik. Tapi, hak cipta bukan kasus untuk mengatasi privasi, atau etika penelitian, atau pengawasan AI," ujar Merkley.

Sementara itu, Pemimpin Flickr, Kepala Eksekutif SmugMug, Don MacAskill, mengunggah cuitan di Twitter, Selasa 12 Maret 2019.

Dia menyebut, IBM mengambil foto sebelum SmugMug mengakuisisi situs berbagi Flickr. Dia membela jenis penggunaan AI IBM dan mematuhi prinsip-prinsip Creative Commons. (ism)

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
7 Warna Petir dari Paling Umum Sampai Langka, Punya Makna Masing-masing

7 Warna Petir dari Paling Umum Sampai Langka, Punya Makna Masing-masing

Banyak yang tak sadar bahwa petir sebenarnya muncul dalam berbagai macam warna. Yuk, simak penjelasan lengkapnya!

Baca Selengkapnya
Polytron Raih Sertifikasi ISO 27001, Jamin Keamanan Data Pelanggan Saat Belanja Online

Polytron Raih Sertifikasi ISO 27001, Jamin Keamanan Data Pelanggan Saat Belanja Online

Polytron Raih Sertifikasi ISO 27001, Jamin Keamanan Data Pelanggan Saat Belanja Online

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.