Proses Cepat Ibarat Jalan Tol, UKM Bisa Ajukan Izin Usaha Lewat Tokopedia

Techno | Rabu, 29 September 2021 06:37

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Pelaku usaha bisa mendaftarkan Nomor Induk Berusaha melalii OSS.

Dream – Platform e-Commerce Tokopedia semakin mengembangkan sayap bisnisnya dengan tak sekadar menjadi lapak jual beli. Yang terbaru Tokopedia  menyiapkan sebuah fitur yang akan mempermudah masyarakat mendaftarkan izin usaha.

Layanan baru ini terwujud setelah Tokopedia menjalin kerja sama dengan Kementerian Koperasi dan UKM serta Kementerian Investasi.

Kerja sama ini bertujuan untuk memfasilitasi pendaftaran Nomor Induk Berusaha (NIB) melalui Online Single Submission (OSSI.

 Tokopedia bekerja sama dengan pemerintah untuk mempermudah izin usaha.© Tangkap layar konferensi pers virtual Tokopedia

“ Proses mendaftarkan NIB sangat cepat ibarat jalan tol,” kata Pemilik usaha Dakara Indonesia, Ayu Purnamasari dalam virtual media briefing Penandatanganan Nota Kesepahaman dan Peluncuran Fasilitasi OSS NIB Bagi Pelaku Usaha di Tokopedia, Selasa, 28 September 2021.

Ayu yang memiliki usaha di bidang fashion dan kain Nusantara mengakui layanan terbaru Tokopedia cukup memuaskan dalam proses pendaftaran izin usaha.

Dakara Indonesia memiliki kantor pusat di Bandara Soekarno Hatta dan Mall Kota Kasablanka (Kokas). Sejak pandemi melanda, Ayu mengaku terpaksa menutup salah satu tokonya.

Ayu mengaku usahanya dapat bertahan berkat pertolongan platform belanja online Tokopedia.

“ Awalnya offline dari bazaar ke bazaar, titik baliknya itu pandemi siapa yang mau beli fesyen? Jadi inovasi ke Tokopedia dan Alhamdulilah ternyata booming di Tokopedia,” kata dia.

Proses Cepat Ibarat Jalan Tol, UKM Bisa Ajukan Izin Usaha Lewat Tokopedia
Kini, UMKM Bisa Mendaftarkan Izin Usaha Dengan Mudah Di Tokopedia. (Foto: Shutterstock)
2 dari 7 halaman

Permudah Pengusaha Mikro

Sejalan dengan Ayu, Durable Indonesia yang menjual aksesoris mobil dan motor juga terpaksa menutup tokonya yang berlokasi di daerah Jakarta Pusat dan Tangerang. David Chandra selaku pemilik usaha, berterima kasih karena Tokopedia yang membuat usahanya tetap bertahan.

“ Dulu offline, semenjak ada Tokopedia jadi terbantu secara online. Kalau offline buka jam 10 tutup jam 5, online kan setiap saat transaksi jalan terus,” kata David kepada seluruh rekan media yang hadir.

Terlebih, kolaborasi yang dilakukan Tokopedia dengan pemerintah telah memudahkan para UMKM mikro untuk terus bergerak maju dan berkembang. “ Mudah sekali, luar biasa spektakuler nggak sampai 15 menit,” kata David.

Menteri Investasi/Kepala BKPM, Bahlil Lahadalia, dalam sambutannya menyatakan, NIB akan membuat pelaku Usaha Mikro dan Kecil (UMK) dengan risiko rendah mendapat kemudahan berupa perizinan tunggal.

" Artinya, NIB berlaku sebagai legalitas, Standar Nasional Indonesia (SNI) dan Sertifikasi Jaminan Produk Halal (SJPH) bagi para pelaku usaha.”

Bahli mengatakan, manfaat lain yang bisa didapatkan UMKM setelah memiliki NIB antara lain akses pembiayaan (perbankan) untuk pengembangan usaha, program bantuan dari pemerintah dan memiliki kepastian atau perlindungan hukum terhadap usaha

Sementara itu CEO dan Founder Tokopedia, William Tanuwijaya, mengatakan kolaborasi bersama Kementerian Investasi RI/BKPM dan Kemenkop dan UKM RI merupakan bukti komitmen #SelaluAdaSelaluBisa Tokpedia yang ingin membantu UMKM lokal membangun usaha. Layanan ini juga mempermudah mereka UKM mendapatkan izin usaha hanya melalui genggaman tangan.

" UMKM lokal adalah tonggak ekonomi bangsa sehingga keberadaan dan kemajuan mereka perlu diusahakan oleh seluruh pihak,” ujarnya.

Meruju data Kementerian Investasi/BKPM, sejak diluncurkan bulan lalu sistem OSS Berbasis Risiko telah menerbitkan NIB sebanyak 247.005 selama periode 4 Agustus-28 September 2021. Total Usaha Mikro mendominasi 95,55 persen atau 235.015 NIB dan Usaha Kecil sebesar 3,21 persen atau 7.923 NIB.

“ Pemerintah terus mendorong transformasi UMKM dari sektor informal ke formal melalui pemanfaatan kanal digital. Upaya bersama Tokopedia dalam membantu sosialisasi, edukasi serta memfasilitasi para pelaku UMKM terkait perizinan usaha dan pendampingan NIB ini diharapkan dapat memudahkan UMKM dalam mendaftarkan NIB serta mengembangkan bisnis di tengah pandemi,” ujar Menteri Koperasi dan UKM RI, Teten Masduki.


(Laporan: Angela Irene Mihardja)

3 dari 7 halaman

80% UKMM Tradisional yang Gabung Mitra Tokopedia Raup Cuan 2x Lipat

Dream - Sahabat Dream tahu nggak sih kalau tanggal 12 Agustus diperingati sebagai hari UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) Nasional, lho? Ditetapkan pada 2016, perayaan hari UMKM tahun ini sudah memasuki usianya yang keenam. 

Tak seperti beberapa tahun ke belakang, UMKM kini sudah jauh lebih maju. Seiring berjalannya waktu, perkembangan digital yang sangat pesat turut dimanfaatkan pelaku UMKM dan telah terbukti memberikan dampak positif.

 

 80% UKMM Tradisional yang Gabung Mitra Tokopedia Raup Cuan 2x Lipat© Dream

 

Didorong perkembangan digital, para UMKM kini bisa lebih melebarkan sayapnya karena menjangkau konsumen lebih luas. Tidak hanya itu, digitalisasi juga membuat para UMKM dapat melihat peluang-peluang lainnya.

Menyambut Hari UMKM, salah satu platform e-commerce, Tokopedia melalui Mitra Tokopedia terus fokus mengakselerasi adopsi platform digital bagi para pegiat usaha tradisional, termasuk pemilik warung, toko kelontong dan usaha sejenisnya, bahkan di tengah pandemi.

4 dari 7 halaman

Mitra sampai di luar Jakarta

 Virtual Media Briefing Tokopedia© Dream.co.id/Shania Suha

Berada dalam kondisi pandemi Covid-19, para pelaku UMKM ini jadi harus melek dengan perkembangan digital, jika ingin bertahan.

“ Selama hampir tiga tahun, Mitra Tokopedia telah membantu jutaan pegiat usaha tradisional melayani puluhan juta masyarakat di lebih dari 500 kota/kabupaten di seluruh Indonesia,” ungkap Head of New Retail Tokopedia, Karina Susilo, dalam media briefing pada Kamis, 12 Agustus 2021.

Jumlah penambahan kota dan kabupaten yang telah dijangkau Mitra Tokopedia meningkat lebih dari dua kali lipat dibandingkan dua tahun belakangan.

“ Bahkan kini Mitra Tokopedia sudah menjangkau Purwokerto, Jember, Medan Barat, Tegal, hingga Banjarmasin,” tambah Karina.

5 dari 7 halaman

Dampak positif

Para pegiat usaha tradisional dapat mengembangkan usaha bahkan di tengah pandemi melalui sederet fitur di Mitra Tokopedia, antara lain fitur Grosir, fitur Penjualan Produk Digital hingga fitur Catat Hutang, yang dapat membantu pemilik warung mengatur pembukuan secara digital.

 Tokopedia© Tokopedia

“ Mitra Tokopedia juga baru saja meluncurkan fitur Pembayaran Penerimaan Negara, yang memungkinkan masyarakat bisa membayar pajak dan penerimaan negara, mulai dari PBB, SBN, Pajak Online, Bea Cukai, PNBP dan masih banyak lainnya, langsung lewat warung,” jelas Karina.

Berdasarkan riset Tokopedia Oktober 2020, pegiat usaha tradisional yang mengadopsi Mitra Tokopedia (Mitra) merasakan berbagai dampak positif.

Lima dari 10 Mitra bisa punya tabungan tambahan. Di sisi lain, hampir 80 persen Mitra meraih keuntungan tambahan lebih dari dua kali lipat.

6 dari 7 halaman

UMKM melek digital

 Pemilik Toko Aura (Mitra Grosir), Erni (Palembang)© Tokopedia

Erni yang bergabung menjadi Mitra Grosir di Palembang sejak 2019 adalah salah satu contohnya.

“ Selain produk grosir, saya juga berjualan produk digital, seperti pulsa, paket data dan token listrik. Omzet saya kini naik hingga 2x lipat dibanding sebelum memakai Mitra Tokopedia,” kata Erni.

Erni yang juga berperan sebagai orang tua tunggal mengatakan usaha warung ini menjadi mata pencarian utama keluarga, “ Penghasilan dari warung bisa saya gunakan untuk membeli kebutuhan rumah tangga, menyekolahkan anak hingga membantu orang tua.”

Sejak memanfaatkan fitur mitra Tokopedia, Erni mengaku bahwa tokonya kini mendapatkan peningkatan omzet hingga dua kali lipat. Hal tersebut menjadi tanda bahwa jika para pelaku UMKM melek dengan adanya perkembangan digital, pasti bisa bertahan bahkan berkembang.

7 dari 7 halaman

Omzet meningkat 2x lipat

 Pemilik Kios Mentari (Mitra Digital), Patria Ismalinda (Papua)© Tokopedia

Selain itu, Patria Ismalinda yang bergabung sebagai Mitra Digital di Papua sejak 2021 berkata, “ Kemudahan membeli produk digital melalui Mitra Tokopedia mendatangkan lebih banyak pelanggan. Omzet warung saya meningkat hampir 2x lipat."

" Apalagi di masa pandemi, pulsa dan paket data telah menjadi salah satu kebutuhan untuk bekerja dan sekolah dari rumah,” tambahnya.

Bagi Patria, menjadi mitra digital ini merupakan suatu keuntungan yang sangat besar. Masih sulitnya akses untuk produk-produk digital membuat ini menjadi peluang yang menjanjikan untuknya.

“ Kami berharap seluruh profesi di Indonesia, termasuk pemilik warung, dapat berevolusi menjadi ‘perusahaan teknologi’ lewat ekosistem Mitra Tokopedia sehingga bisa selalu relevan dengan perkembangan zaman,” tutup Karina.

Join Dream.co.id