Pakai 99 Ponsel, Pria Ini Bikin Google Maps `Tertipu`

Techno | Selasa, 4 Februari 2020 09:24
Pakai 99 Ponsel, Pria Ini Bikin Google Maps `Tertipu`

Reporter : Maulana Kautsar

Bagaimana caranya?

Dream - Seorang seniman dan ahli pemrogaman dari Berlin, Jerman, Simon Weckert membuat karya seni pagelaran dan instalasi digital bernama Google Maps Hack. Karyanya dikembangkan dengan motif membuat kemacetan virtual di Google Maps.

Simon memanfaatkan 99 ponsel pintar dan membawanya sembari berjalan-jalan. " Melalui aktivitas ini, dimungkikan mengubah jalan yang hijau menjadi merah sehingga berdampak terhadap mobil yang mengambil rute lain di dunia nyata," kata dia.

Gagasan karya Simon ini yaitu pengaruh Google Maps. Dia menyebut sejak ditemukannya Geo Tools pada 2005, Google Maps dan Earth, serta Sreet View, mengubah pandangan yang lebih maju terhadap peta.

Peta yang dikembangkan Google bersifat interaktif. Pengguna dapat memperbesar peta, mencari jalan menuju suatu lokasi yang diinginkan, dan mengembangkan model bisnis.

 

2 dari 7 halaman

Google Maps Bisa Ditipu

Seperti diketahui, beberapa aplikasi memanfaatkan Google Maps. Di Indonesia, ada aplikasi antarjemput, Gojek, selain itu ada aplikasi pencari jodoh Tinder.

" Semua aplikasi ini berfungsi melalui antarmuka dengan Google Maps dan membuat bentuk baru kapitalisme dan komodifikasi digital," ujar dia.

Menurut How Stuff Works, sejak 2009, Google menggunakan sumber massa untuk meningkatkan keakuratan prediksi lalu lintasnya. Dengan sumber data ini, saat pengguna ponsel Android mengaktifkan GPS untuk aplikasi Google Maps, mereka akan mengirimkan bit data mengenai kondisi jalan dan kecepatan kendaraan yang dinaikinya.

Semakin banyak pengemudi menggunakan aplikasi ini, prediksi lalu lintas menjadi lebih andal karena Google Maps dapat melihat kecepatan rata-rata mobil yang bepergian di sepanjang rute yang sama. Jika Google Maps tidak memiliki cukup data untuk memperkirakan aliran lalu lintas untuk bagian jalan tertentu, bagian itu akan muncul berwarna abu-abu di lapisan lalu lintas

3 dari 7 halaman

Lihat Videonya

Lihat video cara si seniman mengelabui Google Maps

4 dari 7 halaman

Viral Cara Google Maps Memperkirakan Waktu Perjalanan Kita

Dream - Google Maps menjadi salah satu teknologi andalan masyarakat. Aplikasi berbasis Global Positioning System alias GPS ini punya andil besar untuk menentukan arah jalan.

Namun, seringkali muncul pertanyaan tentang cara Google Maps membantu jutaan pengguna menjelajahi dunia. Terlebih lagi Google Maps bisa memprediksi waktu tempuh saat seseorang bepergian.

Fitur pada Google Maps memang terbilang komplit. Aplikasi ini mampu menunjukkan lama waktu tempuh perjalanan dengan berbagai moda, mulai jalan kaki, motor, mobil, hingga kereta.

Lantas, bagaimana sistem kerja Google Maps sehingga tahu jarak dan waktu tempuh tersebut?

Biasanya perkiraan Google Maps juga akurat. Nah baru-baru ini pemilik akun Twitter @jendra_aji mengunggah video seorang pria membawa tas yang di atasnya terdapat banyak kamera.

 

5 dari 7 halaman

Tas Google Maps

Di tas tersebut tertulis 'Google Maps' yang menunjukkan bahwa pria ini sedang mengambil rekam data perjalanan.

Pemilik akun tersebut meyakini bahwa pria itu tengah menghitung jarak tempuh untuk pejalan kaki, sekaligus juga sebagai estimasi waktu jika kita menggunakan Google Maps.

Rekam Jarak Tempu© dream.co.id

" Pernah kepikiran gak gimana caranya Google Maps bisa tau kalau kita jalan ke suatu tujuan waktu tempuhnya sekian menit/jam? *Semangat buat bapaknya!" tulis pemilik akun @jendra_aji.

 

 

6 dari 7 halaman

Tak Sepenuhnya Benar

Namun, menurut kebijakan dan privasi di halaman Google, mereka memperkirakan jarak tempuh suatu perjalanan menggunakan jutaan data pengguna Google Maps.

Misalnya riwayat kecepatan rata-rata yang pernah digunakan oleh pengguna dan pengemudi lain, laporan tentang kemacetan lalu lintas, serta kondisi jalanan lain secara real-time.

Dari data-data tersebut, Google Maps bisa memberi tahu penggunanya estimasi waktu tempuh perjalanan ke suatu tempat.

Tentunya cara ini dihitung dengan menggunakan algoritma tertentu dengan bantuan mesin. Tidak dilakukan manual.

7 dari 7 halaman

Street View

Sedangkan pria yang berjalan membawa tas Google Maps diketahui tengah mengambil gambar untuk fitur Street View.

Fitur Street View memungkinkan penggunanya bukan hanya bisa melihat map berupa garis-garis jalan saja.

Tapi dengan fitur itu, kamu juga bisa melihat foto sebenarnya dari tempat yang ingin dituju.

Tugas pria di video yang viral itu sama dengan mobil Google Maps yang sudah sering terlihat saat beroperasi di jalanan.

Pernah kepikiran gak gimana caranya Google Maps bisa tau kalau kita jalan ke suatu tujuan waktu tempuhnya sekian menit/jam?

*Semangat buat bapaknya! pic.twitter.com/HwwCuL0tHS

— jend (@jendra_aji) January 30, 2020

Terkait
Join Dream.co.id