Baru Versi Beta, WhatsApp Bisa Dipakai Panggilan Video 50 Orang Sekaligus

Techno | Kamis, 14 Mei 2020 17:13
Baru Versi Beta, WhatsApp Bisa Dipakai Panggilan Video 50 Orang Sekaligus

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Tak hanya WhatsApp, LINE juga telah memperkenalkan fasilitas video conference yang bisa dihadiri 200 orang.

Dream – WhatsApp akan menghadirkan fitur panggilan video dengan kapasitas hingga 50 user. Dengan fitur ini, platform tersebut ingin mempermudah pengguna selama masa karantina.

Dikutip dari World of Buzz, Kamis 14 Mei 2020, info WABeta mengatakan bahwa Whatsapp akan segera mendukung panggilan video hingga 50 partisipan dalam satu panggilan video dengan menggunakan tautan ke Facebook Messenger Rooms pada versi terbaru WhatsApp Web. Fitur ini mirip dengan yang ada pada WhatsApp Beta versi Android.

Inovasi terbaru ini menunjukan bukti kuat bahwa Facebook benar-benar mengembangkan integrasinya dengan WhatsApp melalui Messanger Rooms. Untuk bisa menggunakannya, pengguna akan memanggil grup yang kurang dari 50 orang. Di sana ada opsi yang bisa dipilih di ruang obrolan WhatsApp.

Dari sana, pengguna akan diarahkan ke Facebook Messenger Rooms untuk membuat ruangan. Obrolan di ruangan khusus undangan akan dilindungi enskripsi dan kontrol privasinya.

Hal ini dipermudah lagi dengan salah satu cara yang dapat kamu gunakan apabila tidak memiliki akun Facebook atau WhatsApp. Pengguna dapat bergabung dalam panggilan video melalui tautan yang dikirimkan oleh salah satu temannya.

Namun saat ini, fitur terbaru WhatsApp masih dalam proses pengujian oleh BETA.

2 dari 5 halaman

LINE Bisa Video Call Sampai 200 Orang

Tak hanya WhatsApp yang baru akan meluncurkan fitur panggilan video hingga 50 pengguna. Langkah lebih cepat dilakukan platform pesan Line yang yang bisa menampung sampai 200 pengguna.

Mengutip keterangan tertulisnya, Line Grup Call telah meluncurkan fitur ini pertama kali pada Maret 2016 lalu. Awalnya hanya menyediakan panggilan suara, tetapi pada Desember 2016 sudah dilengkapi dengan fitur panggilan video.

LINE Group Call pengguna bisa melakukan panggilan konferensi baik dengan menggunakan panggilan video maupun panggilan suara secara gratis.

Agar bisa menggunakan fitur ini, aplikasi LINE yang harus dimiliki oleh pengguna harus memiliki versi seperti di bawah.
- LINE Group Voice Call: LINE iOS 5.11.0 atau di atasnya, LINE Android 5..1.1.0 atau di atasnya, LINE Desktop (Windows/macOS) 4.5.0 atau di atasnya.

- LINE Group Video Call: LINE iOS 6.9 atau di atasnya, LINE Android 6.9.2 atau di atasnya, LINE Desktop (Windows) 5.0.0 atau di atasnya.???

Untuk memulai panggilan konferensi, pengguna harus mengetuk tombol panggilan langsung dari dalam ruang percakapan.

?LINE Group Call juga mempermudah siapa yang sedang berbicara di dalam grup. Pengguna bisa melihatnya melalui simbol bar hijau ketika orang bersangkutan tengah berbicara.

Agar lebih seru, LINE menyediakan fitur efek emosi yang terletak di dekat gambar profil saat panggilan sedang berlangsung. Cukup mengetuk ikon wajah untuk memilih salah satu efek emosi yang diinginkan.

Pengguna juga bisa memilih dua layout panggilan video yang berbeda, yakni pilihan satu yang membuat orang yang sedang berbicara tampak lebih besar ketimbang yang lain atau semuanya memiliki ukuran yang sama.

 

 

3 dari 5 halaman

Video Call Whatsapp Bisa Dipakai 8 Orang Sekaligus, Begini Caranya!

Dream- Aplikasi perpesanan Whatsapp akhirnya memperbaiki fasilitas panggilan video dan suara grup di platformnya. Perusahaan milik Mark Zuckerberg ini kabarnya akan menambahkan jumlah maksimal anggota yang bisa berpartisipasi menjadi 8 orang sekaligus saat menggunakan fitur tersebut. 

 

Video Call Whatsapp Bisa Dipakai 8 Orang Sekaligus, Begini Caranya!© Dream

 

Untuk diketahui, WhatsApp sebelumnya maksimal hanya mengizinkan empat orang yang dapat melakukan panggilan video atau suara secara bersamaan. Namun makin maraknya aplikasi konferensi video seiring anjuran Work From Home membuat WhatsApp harus menambah jumlah partisipan itu. 

" Hari ini WhatsApp akhirnya siap meluncurkan fitur terbaru yang memungkinkan panggilan video bisa berlangsung hingga 8 orang semua pengguna yang iOS dan Android versi beta," kata WhatsApp.

 

 

4 dari 5 halaman

Jenis Ponsel yang Bisa Menggunakannya

Yuk, cek ponsel kamu versi berapa!

Dilansir dari sharemarketgo, Penambahan jumlah peserta panggilan video di WhatsApp saat ini baru tersedia untuk versi beta. Namun, pengguna dapat mengunduh aplikasi WhatsApp beta di Android dan iOS jika ingin mencobanya.

Jika ingin menggunakan fitur video call hingga 8 orang ini, setiap peserta harus dipastikan sudah mendukung fitur ini. Fitur ini baru menyambangi pengguna WhatsApp versi beta pada versi 2.20.133 (Android) dan 2.20.50.25 (iOS).

Mengingat fitur ini masih dalam versi beta, mungkin perlu beberapa waktu ke depan untuk WhatsApp bisa menghadirkannya bagi semua pengguna. Kemungkinan fitur video call 8 orang ini tidak akan mendukung untuk pengguna WhatsApp versi lama.

 

 

5 dari 5 halaman

Cara Video Group Call 8 Orang

whatsapp videocall bisa digunakan 8 orang© Sumber (foto: sharemarketgo.in)

Berikut dilansir dari laman droidwin.com, cara menggunakan whatsapp video call dengan 8 peserta.

  1. Buka WhatsApp versi baru
  2. Kemudian ketuk tombol ke bagian Panggilan dan kemudian ketuk tombol Panggilan Video yang terletak di kanan bawah.
  3. Selanjutnya, ketuk opsi Panggilan Grup Baru yang terletak di atas. Kalian dapat menambahkan hingga 7 anggota (satu orang lain adalah kamusehingga menjadi delapan anggota).
  4. Nah, sekarang kamu dapat memulai panggilan video grup 8 orang di WhatsApp kamu!

(Sah, Sumber: Sharemarketgo)

Join Dream.co.id