Ini Cara Memfilter Komentar Nyinyir Berbahasa Indonesia di IG

Techno | Selasa, 11 Desember 2018 14:42
Ini Cara Memfilter Komentar Nyinyir Berbahasa Indonesia di IG

Reporter : Maulana Kautsar

Penyaring akan membuat komentar negatif tak terlihat.

Dream - Media sosial Instagram mengumumkan fitur penyaring komentar negatif berbahas Indonesia. Upaya ini sebagai cara Instagram menyediakan tempat yang aman dan positif untuk berekspresi.

Fitur ini dibuat dengan teknologi machine learning (mesin pembelajaran) yang otomatis menyaring komentar bernada tak nyaman, seperti perisakan, ujaran kebencian, pelecehan seksual, dan komentar spam.

Dalam keterangan resminya, Instagram menyatakan bahwa dengan mesin penyaring ini komentar-komentar negatif akan disaring dan disembunyikan. Cara ini membuat akun lain tak dapat melihat atau menyadari keberadaan komentar tersebut.

Fitur penyaring komentar ini merupakan fitur yang tersedia otomatis di Instagram. Kamu dapat mengaktifkan atau menon-aktifkan fitur tersebut dengan mengakses profilmu.

Caranya, cukup pilih pengaturan, dan Kontrol Komentar. Sementara itu, untuk menon-aktifkan fitur ini, pengguna dapat mematikan pilihan `Sembunyikan Komentar Ofensif` pada pengaturan Kontrol Komentar.

Instagram mengklaim tingkat akurasi fitur penyaring komentar di Instagram ini mencapai 95 persen dengan pemeriksaan berkelanjutan oleh tim Instagram.

Ada ratusan juta komentar yang diunggah di Instagram tiap harinya. Tim Instagram secara manual akan mengevaluasi komentar tersebut sebelum akhirnya didaftarkan ke model pembelajaran komputer.

Fitur penyaring komentar secara otomatis dikenalkan ke publik pada Oktober 2016 untuk menyaring komentar dalam bahasa Inggris di Feed. Juni 2017, fitur ini diperluas ke dalam 8 bahasa lain, yaitu, Spanyol, Portugis, Arab, Perancis, Jerman, Rusia, Jepang, dan Mandarin.

Oktober 2018, fitur ini kembali dikembangkan untuk menyaring komentar di Feed, Profil, dan Instagram Live.

Instagram mengajak pengguna untuk turut ambil bagian menjadikan Instagram sebagai tempat aman berbagi dengan melaporkan unggahan atau komentar tidak pantas ke Instagram.

2 dari 3 halaman
Terkait
Komentar
Beri Komentar
[19 Mar 16:00] Live Streaming #KLYLounge with Barasuara
Join Dream.co.id
Ma'ruf Amin Minta Warga NU Menangkan Dirinya