Inikah Sumber Dentuman Keras Misterius yang Gegerkan Warga Jawa Tengah?

Techno | Senin, 11 Mei 2020 12:49
Inikah Sumber Dentuman Keras Misterius yang Gegerkan Warga Jawa Tengah?

Reporter : Razdkanya Ramadhanty

Dari hasil monitoring tim BMKG.

Dream - Stasiun Geofisika BMKG Banjarnegara masih menyelidiki penyebab dentuman keras yang terdengar di beberapa daerah Jawa Tengah, dini hari tadi.

Dari hasil monitoring tim BMKG, suara dentuman tidak terkait dengan aktivitas gempa tektonik, melainkan Sonic zoom gelombang kejut yang dipicu dari suara pesawat jet.

" Kami masih menelusuri sumbernya, yang pasti tidak ada gempa. Ada kemungkinan kecil suara itu dari pesawat jet yang melintas gelombang suaranya melebihi suara umumnya maupun aktivitas vulkanik," ujar Kepala Stasiun Geofisika BMKG Banjarnegara, Setyoaji Prayoedhie dikutip dari Merdeka.com, Senin 11 Mei 2020.

Setyoaji meminta untuk mengkonfirmasi hal itu ke AirNav agar bisa memastikan sumber dentuman keras.

 

2 dari 5 halaman

Melihat Data Meteorologis

Kata dia, bila melihat data meteorologis, sebagian besar awan hujan lebih terkonsentrasi di utara dan pesisir selatan jawa, hal ini konsisten dengan distribusi sambaran petir pada malam harinya.

" Jadi sampai saat ini belum diketahui. Sambaran petir hanya ada di wilayah utara, barat laut, barat, barat daya, selatan dan tenggara Jateng di lokasi terdampak pada rentang waktu itu," imbuhnya.

3 dari 5 halaman

Benarkan Aktivitas Pesawat?

Saat dikonfirmasi, Manager Operasional AirNav Cabang Semarang, Kelik Widjanarko mengatakan, terkait suara dentuman keras belum monitoring aktivitas pesawat melintas di wilayah Jateng selama pandemi covid-19.

" Belum tahu, soalnya terkait WFH operasional masih terbatas, jadi sampai saat ini belum bisa melacaknya," tuturnya.

(Sumber: Merdeka.com/Danny Adriadhi Utama)

4 dari 5 halaman

Detik-detik Kejadian

Dream - Media sosial tengah dihebohkan dengan unggahan yang menyebutkan terdengarya suara menyerupai dentuman keras. Peristiwa itu terjadi dini hari tadi di beberapa wilayah Jawa Tengah, termasuk Solo.

Warganet dengan akun Twitter @Rendiansyah1 mengaku mendengar suara tersebut di Pati. Bahkan, dia juga mengaku melihat ada benda jatuh dari langit.

" Seng krungu suoro dentuman area Pati Jawa Tengah, sakdurunge dentuman ono benda tibo seko langit. Koyok meteor dan sejenise (Yang dengar suara dentuman area Pati, Jawa Tengah sebelum dentuman ada benda jatuh dari langit kayak meteor dan sejenisnya),"  tulis pemilik akun.

Tak hanya dia, teman-temannya juga melihat benda jatuh dari langit sebelum ada suara dentuman.

" Nek area Pati, kanca2ku yo do weroh kabeh ki (Di area Pati, teman-temanku juga pada lihat semua ini),"  lanjutnya.

 

5 dari 5 halaman

Dini Hari yang Menggegerkan

Berdasarkan informasi yang diunggah oleh pengelola akun media sosial Instagram @soloinfo, suara dentuman yang terdengar hingga Solo.

" Jare mau jam 12an bengi punjul sitik enek suara dentuman. Enek sing krungu? Kiro2 suoro opo eh lur (katanya tadi jam 12-an malam lebih sedikit ada suara dentuman. Ada yang mendengar? Kira-kira suara apa ya lur?),"   katanya.

Ada pula informasi yang menyebutkan dentuman tersebut juga terdengar di Purwodadi, Grobogan. Seperti kiriman netizen kepada pengelola akun Instagram @_infocegatansolo.

Sementara, Kepala BMKG Dwikorita Karnawati, belum dapat memberikan keterangan terkait hal ini. Pihaknya masih menyelidiki suara dentuman yang terdengar di beberapa lokasi di Jateng tersebut.

" Kami cek dulu ya," kata Dwikorita.

Sumber: Liputan6.com

Terkait
Join Dream.co.id