Hukum Cambuk Bagi Pemain PUBGM di Aceh Masih Butuh Kajian

Techno | Selasa, 25 Juni 2019 17:48
Hukum Cambuk Bagi Pemain PUBGM di Aceh Masih Butuh Kajian

Reporter : Maulana Kautsar

Bagaimana reaksi pemain gim ini?

Dream - Rencana Dinas Syariat Islam (DSI) Aceh menerapkan hukuman cambuk pada pemain gim Player Uknown Battleground Mobile (PUBGM) menuai polemik.

Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) masih akan mengkaji keputusan tersebut. Wakil Ketua MPU Aceh, Tgk. Faisal Ali, mengatakan, harus ada sarasehan untuk membahas dan menelurkan perangkat hukum yang mendukung pelaksanaannya.

" Belum tentu. Butuh kajian. Dari qanun (aturan) yang disusun, atau pun dari perangkat hukum yang akan dibuat oleh para ahli, di situlah nanti akan terjawab, model apa, misalnya, kalau perlu. Jadi, belum final," kata Faisal, dikutip dari Liputan6.com, Selasa 25 Juni 2019.

Sementara itu, Kepala DSI Kabupaten Aceh Barat, M. Isa, dan Kota Banda Aceh, Alizar, belum bisa memutuskan pantas tidaknya memberlakukan hukuman cambuk terhadap pemain gim yang sudah difatwakan sebagai permainan haram tersebut.

" Tergantung koordinasi dan hasil kesepakatan bersama," ujar M. Isa.

" Itukan fatwanya baru keluar. Dari qanun kita belum pelajari dari segi apa. Haram dari sisi apa," ucap Alizar.

2 dari 9 halaman

Bukan Gim Judi

Sementara itu, Tukato, 28 tahun, mahasiswa yang sering mengisi waktu senggang dengan bermain PUBGM, permainan itu tidak dapat dikategorikan sebagai perjudian. Sebab, PUBG tak lebih dari permainan tembak-tembakan yang mengharuskan pemainnya mengatur strategi dan taktik.

" Tidak seperti Poker, dan sejenisnya. Tidak ada taruhan. Yang mengeluarlan duit hanya saat kita membeli skin perlengkapan tempur, itu pun kalau mau, sifatnya. Beda dengan saat diadakan turnamen. Itu terbuka, kan. Sama kayak sepak bola. Jadi, salah kalau dianggap judi," ujar Tukato.

PUBG merupakan gim perang bergenre First Person Shooter (FPS). Gim ini dapat dimainkan secara mandiri maupun beberapa orang lain.

Para pemain diminta bertahan hingga menyisakan satu pemain yang menjadi pemenangnya.

PUBG diciptakan Brendan Greene dan dipublikasikan Bluehole. Gim ini muncul di pasaran pada 23 Mar 2017. Selain versi telepon pintar, PUBG juga tersedia dalam versi personal computer (PC), PlayStation, dan Xbox.

Sumber: Liputan6.com/Rino Abonita

3 dari 9 halaman

Mama Muda Kecanduan PUBG Ini Punya Permintaan Mengerikan pada Suami

Dream - Saluran konsultasi online untuk perempuan, Abhayam, baru-baru ini mendapat permintaan bantuan tak biasa. Seorang mama muda berusia 19 tahun meminta tolong lembaga ini untuk bisa bercerai dari suaminya.

Bukan perceraian di usia muda yang membuat Abhayam terkejut. Namun alasan perceraian yang disebutkan ibu satu anak itu.

Wanita yang tak disebutkan namanya itu meminta bantuan agar bisa bercerai dari suaminya karena ingin hidup bersama teman game online-nya.

Ternyata wanita itu telah sangat kecanduan game online PUBG (Players Unknown Battleground) dan bermain dan pria idamannya sepanjang hari.

Abhayam telah mengirimkan tim konsultasi ke rumah wanita tersebut dan berbicara kepadanya dan keluarganya. Dari obrolan itu diketahui, terkuak hal yang selama ini tak diketahui keluarga.

 

4 dari 9 halaman

Pengakuan Sang Mama Muda

Mama muda itu menghabiskan waktu berjam-jam bermain PUBG di Ponselnya. Kebiasaan itu dianggap telah membuat hubungannya dengan keluarga merenggang.

Kepala Proyek Abhayam 181 Helpline, Narendrasinh Gohil kepada The Indian Express mengatakan lembaganya menerima sekitar 500-550 telepon setiap hari dan 90 persen telah direspon tim konseling dengan mengadakan kunjungan ke rumah.

Menurut Narendrasinh, kasus mama muda yang meminta cerai dari suami karena kecanduan PUBG baru pertama kali mereka terima. Biasanya permintaan bantuan dilakukan untuk anak yang kecanduan permainan online tersebut.

 

5 dari 9 halaman

Biasa Main Bareng Jadi Jatuh Hati

Mama muda yang diketahui memiliki anak berumur kurang dari setahun itu mulai mengenal permainan PUBG beberapa bulan lalu dan langsung tertarik. Dia kemudian bertemu dengan beberapa teman pemain, juga dari Ahmedabad, dan menjadi sangat dekat.

Tak disangka pria teman bermain online itu membuatnya mengambil keputusan mengejutkan. Meminta suami menceraikannya dan hidup bersama pria online tersebut.

Sonal Sagathiya, salah satu anggota konseling telah menyarankan mama muda itu untuk mempertimbangkan keputusannya. Dia menjelaskan jika pria idamannya tak bisa diketahui dengan jelas dan diragukan apakah ingin hidup bersamanya.

Gohil menegaskan, setiap tim konseling yang dikirim tak pernah memaksa orang yang meminta bantuan untuk mengikuti saran mereka. " Wanita ini meminta waktu untuk mempertimbangkannya kembali," ujar Gohil.

(Sah, sumber: theindianexpress.com)

6 dari 9 halaman

Abaikan Tamu, Pengantin Pria Malah Asyik Main PUBG

Dream - Gim online PlayerUnknown's Battlegrounds alias PUBG saat ini merupakan salah satu gim favorit banyak orang.

Gim bertema battle royale yang lebih sering dikenal dengan sebutan PUBG ini sudah digandrungi banyak orang dari berbagai negara.

Pemain gim yang bisa dimainkan melalui PC dan ponsel ini sudah mencapai 130 juta orang dari 200 negara di dunia.

Bahkan tak jarang para pemain PUBG lupa waktu dan tempat saat bermain game online ini. Salah satunya seperti seorang pengantin pria asal India ini.

7 dari 9 halaman

Abaikan Tamu

Tingkah lakunya saat prosesi pernikahan mampu mencuri perhatian banyak netizen dunia.

Bagaimana tidak, alih-alih menyapa tamu bersama pengantin wanita, ia justru sibuk dengan ponsel memainkan game PUBG.

Aksi unik pria itu terekam dalam sebuah video yang kemudian diunggah ke platform, Tik tok.

Dalam video berdurasi 11 detik itu terlihat sepasang pengantin menggunakan baju berwarna merah, dan duduk di pelaminan.

Terlihat pula bagaimana pengantin pria terfokus pada permainan. Ia bahkan tidak memperhatikan bagaimana acara pernikahannya.

8 dari 9 halaman

Eskpresi Mempelai Wanita yang Kesal

Sementara itu, pengantin wanita hanya bisa melihat gerak gerik suaminya dalam diam.

Tapi yang pasti, ia memperlihatkan ekspresi yang kesal. Video ini diunggah lagi ke akun Facebook oleh 8K Wallpapers.

Tidak diketahui pasti apakah aksi ini hanya sekadar untuk konten Tiktok atau sungguhan. Penasaran seperti apa? Yuk intip videonya di bawah ini:

9 dari 9 halaman

Ini Videonya

Terkait
Join Dream.co.id