Hal Keren yang Bisa Dilakukan di Layar Mini Galaxy Z Flip3 5G, Bukan Sekadar Gimmick!

Techno | Jumat, 1 Oktober 2021 15:22

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Penasaran, apa saja yang bisa dilakukan pengguna melalui layar mini Galaxy Z Flip3 5G? Simak ulasannya.

Dream - Lebih berasa keberadaannya ketimbang sekadar gimmick! Kesan itu yang dirasakan ketika menggunakan layar sekunder alias Cover Screen di punggung ponsel folding (lipat) Samsung Galaxy Z Flip3 5G.

Dalam keadaan terlipat, pengguna bisa langsung melihat Cover Screen dengan panel Super AMOLED seluas 1,9 inci dengan resolusi 260 x 512 piksel. Layar sentuh sekunder itu kini empat kali jauh lebih luas dibandingkan generasi pendahulunya.

 Samsung Galaxy Z Flip3 5G© Dream



Dulu Galaxy Z Flip generasi pertama hanya dibekali Cover Screen 1,1 inci (300 x 112 piksel). Selain lebih luas, ternyata fungsi layar sekunder Galaxy Z Flip3 5G juga ditingkatkan loh. Penasaran, apa saja yang bisa dilakukan pengguna melalui layar mini Galaxy Z Flip3 5G? Simak ulasannya.

 Samsung Galaxy Z Flip3 5G© Dream



Layar sekunder Galaxy Z Flip3 5G tetap bisa digunakan untuk menampilkan sejumlah hal dalam keadaan terlipat, dari informasi waktu hingga baterai. Selain itu, bisa menampilkan notifikasi dari aplikasi seperti Instagram, WhatsApp, SMS, hingga telepon.

Caranya pun sangat mudah. Pengguna hanya perlu mengusap (swipe) layar ke arah kiri untuk bisa melihat notifikasi di layar sekunder, tanpa harus membentangkan ponsel sepenuhnya.

Hal Keren yang Bisa Dilakukan di Layar Mini Galaxy Z Flip3 5G, Bukan Sekadar Gimmick!
Samsung Galaxy Z Flip3 5G
2 dari 4 halaman

Pengguna juga bisa mengakses Quick Settings (pengaturan cepat) seperti untuk mengubah volume dan mengubah tingkat kecerahan layar ponsel. Cukup usap (swipe) cover screen ke arah atas.

 Samsung Galaxy Z Flip3 5G© Dream

Menariknya lagi, layar mini ini sudah dibekali fitur " Always on Display" , absen di ponsel Galaxy Z Flip generasi pertama. Fitur ini memungkinkan layar selalu siaga. pengguna tidak perlu repot-repot mengetuk layar sekunder terlebih dahulu untuk melihatnya.

Melalui Cover Screen pengguna juga bisa menambahkan widget dari beberapa aplikasi, seperti musik, cuaca, alarm, kalendar, timer, Samsung Health, dan perekam audio. Pengguna hanya perlu mengusap layar sekunder ke arah kanan untuk bisa mengakses widget dari berbagai aplikasi dalam keadaan ponsel terlipat.

3 dari 4 halaman

Beralih ke fungsi lainnya yang boleh dibilang paling keren, Cover Screen Samsung Galaxy Z Flip3 5G memungkinkan pengguna mengambil foto dan video menggunakan kamera belakang, tanpa perlu membentangkan ponsel.

Pengguna bisa dengan mudah beralih ke mode perekaman video, dengan cara mengusap layar ke arah kanan. Begitu juga sebaliknya, jika pengguna ingin beralih ke mode foto, tinggal usap (swipe) ke arah kiri.

 Samsung Galaxy Z Flip3 5G© Dream

Tak hanya beralih antar mode foto dan video, sekarang pengguna juga bisa dengan mudah mengganti lensa kamera yang digunakan. Pengguna bisa mengusap layar ke atas bila ingin mengambil foto atau video dengan kamera wide 12 MP(f/1.8). Atau usap (swipe) ke arah bawah apabila mau menggunakan lensa ultra wide 12 MP (f/2.2). Untuk mengambil foto atau mulai merekam, pengguna bisa langsung menekan Cover Screen atau menekan tombol volume up.


4 dari 4 halaman

Hebatnya lagi, Cover Screen juga dapat perfungsi sebagai dual preview atau pratinjau ganda untuk foto. Jadi, hasil foto yang muncul di layar utama juga bisa muncul langsung di Cover Screen.

Fitur ini sangat berguna, misalnya bila pengguna meminta seseorang untuk memotret pengguna. Di ponsel biasa, pengguna perlu melihat layar utama untuk bisa melihat hasil fotonya. Tapi di Galaxy Z Flip3 5G, pengguna bisa melihat hasil foto langsung dari layar mini di punggung ponsel, tanpa harus repot-repot melihat layar utamanya.

 Samsung Galaxy Z Flip3 5G© Dream

Dengan segudang fungsi yang bisa dilakukan pengguna melalui layar mini Galaxy Z Flip3 5G, jelas keberadaan layar sekunder alias Cover Screen nggak sekadar gaya atau pemanis, apalagi gimmick!

Join Dream.co.id