Geger Akun Twitter Tokoh Dunia Dibobol, Ini Cara Mencegah Sosmed Diretas

Techno | Jumat, 17 Juli 2020 06:35
Geger Akun Twitter Tokoh Dunia Dibobol, Ini Cara Mencegah Sosmed Diretas

Reporter : Syahid Latif

Tak tanggung-tanggung, korbannya kali ini adalah Bill Gates, Barrack Obama, Elon Musk, sampai Kanye West

Dream - Pengguna Twitter dihebohkan dengan aksi scam yang dilakukan peretas terhadap akun milik tokoh dunia. Para korbannya bukan orang sembarangan. Bill Gates, Barrack Obama, Elon Musk sampai Kanye West merasakan akunnya dibobol hacker yang mempromosikan Bitcoin.

Fenomena scam di era sosial media diakui perusahaan keamanan siber Kaspersky telah memikat orang dengan keterampilan komputer ke dalam perangkap scammers. Bahkan akun paling aman pun dapat diretas.

Dikutip dari keterangan tertulisnya, Kaspersky bahkan mencatat hanya dalam waktu dua jam sebanyak 367 pengguna melakukan transfer sekitar US$ 120.000 dolar kepada para hacker ini.

Dmitry Bestuzhev, pakar keamanan siber di Kaspersky mengatakan keamanan siber tidak diragukan lagi merupakan salah satu prioritas utama dari semua platform media sosial utama, dan berupaya mencegah sebanyak mungkin serangan setiap hari.

" Situs web atau perangkat lunak tidak sepenuhnya kebal terhadap bug, juga sekali lagi tidak ada faktor manusia yang kebal terhadap kesalahan. Oleh karena itu setiap platform asli dapat dikompromikan," tulisnya.

Para peretas ini biasanya beraksi dengan mendapatkan akses akun korban dengan cara menembus aplikasi pihak ketiga dengan akses ke profil pengguna, atau melakukan brute-force pada kata sandi pengguna.

" Namun, kami mendesak semua orang untuk tidak panik, dan hanya menerima pola pikir bahwa setiap pengguna akun media sosial memerlukan pendekatan yang bertanggung jawab dan perlindungan menyeluruh," ujar Bestuzhev.

 

2 dari 3 halaman

Modus Penipuan di Sosmed

Agar tidak menjadi korban para pelaku scammer, Kaspersky mengimbau pengguna internet untuk mengenali modus penipuan di media sosial.

1. Elemen paling penting dari setiap penipuan adalah “ batas waktu” yang diberikan. Modus ini dibuat agar korban tidak punya waktu untuk memverifikasi informasi yang diterimanya.  Dengan memainkan psikologis, korban cenderung untuk mengabaikan hal-hal detail

2. Skema penipuan juga telah sepenuhnya disesuaikan dengan kepribadian pemilik atau tone of voice dari akun yang diretas, yang membuatnya tampak sah. Pelaku bahkan mungkin melangkah lebih jauh dan mengilustrasikan penipuan dengan desain yang tampak otentik atau menggunakan deep fakes.

3. Sangat kecil kemungkinan perusahaan resmi atau individu dengan reputasi matang akan meminta kamu mentransfer uang, bahkan untuk mengembalikannya nanti. Meski hanya sekadar lelucon, mereka mungkin akan berurusan dengan pihak pajak dan pelaporan keuangan.

 

3 dari 3 halaman

Cara Mencegah Akun Sosmed Dibobol

Untuk mencegah akun sosial media kamu menjadi sasaran hacker atau pelaku scamming, berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan:

1. Selain kuat, kamu juga harus memiliki kata sandi (Password) yang unik sehingga saat situs web lain membocorkan kredensial, akun kamu tetap aman. Untuk membuat kata sandi yang aman dan rumit untuk setiap situs web, gunakan teknik memori atau pengelola kata sandi.

2. Gunakan otentikasi dua faktor. Dengan cara ini kamu akan diminta memasukkan kode khusus ketika login dan kata sandi perlu dikonfirmasi. Selain itu, pertimbangkan untuk tidak menggunakan pesan teks untuk menerima kode ini, karena berpotensi untuk dibajak, gunakanlah aplikasi yang menghasilkan kode-kode tersebut. Atau, gunakan kunci fisik, yang terhubung ke perangkat terpisah melalui kabel USB atau NFC.

3. Tindakan lain yang diperlukan adalah peninjauan menyeluruh terhadap aplikasi yang memiliki akses ke akun twitter. Kamu bisa melihat fitur pengaturan di akun Twitter. " Kami menyarankan mencabut akses ke akun Anda dari seluruhnya, atau yang dianggap tidak terlindungi secara menyeluruh sehingga jika terjadi peretasan, akun kamu tidak dapat dijangkau."

4. Pertimbangkan untuk menggunakan " Privacy Checker" untuk membantu menjadikan profil media sosial kamu lebih pribadi. Ini akan mempersulit pihak ketiga untuk menemukan informasi yang sangat personal.

Join Dream.co.id