Geger Aplikasi Raqib Atid, Pencatat Dosa dan Pahala

Techno | Senin, 11 Mei 2020 11:06
Geger Aplikasi Raqib Atid, Pencatat Dosa dan Pahala

Reporter : Razdkanya Ramadhanty

Aplikasi ini dinamai Raqib Atid, dua malaikat pencatat amal baik dan buruk manusia.

Dream - Ada-ada saja inovasi yang muncul di bidang teknologi komunikasi. Kali ini bahkan membuat geger karena munculnya aplikasi berbasis android pencatat dosa dan pahala, Raqib Atid.

Dalam Islam, Raqib Atid adalah nama dua malaikat yang bertugas mencatat amalan manusia. Raqib mencatat amal baik, Atid merekap amal jelek. Rupanya, ada yang menterjemahkan peran tersebut ke dalam bentuk aplikasi ponsel.

Dikutip dari Liputan6.com, aplikasi yang menghebohkan warganet ini sudah ada di Play Store namun belum tersedia di App Store. Aplikasi dengan bobot 4.9MB itu baru hadir di Android pada 28 April 2020.

Aplikasi yang terbilang baru ini telah diunduh sebanyak 100 kali dan mengantongi 5 bintang.

" Apps yang dapat membantu Anda menjadi pribadi yang lebih baik, dengan mencatat kesalahan dan kebaikan Anda setiap hari dan memberi Anda ringkasan dan grafik kesalahan serta kebaikan Anda setiap hari," demikian bunyi keterangan pada kolom deskripsi aplikasi.

2 dari 4 halaman

Fitur Dosa dan Pahala

Pada home page aplikasi ini, pengguna disuguhkan menu utama terdiri dari dua bagian, yaitu Dosa dan Pahala. Pada menu Dosa, terdapat beberapa jenis tindakan yang kurang baik, seperti ghibah (berbicara keburukan orang lain), berbicara kotor, membantah orangtua, ingkar janji dan mencuri.

Sementara pada menu Pahala, terdapat sejumlah amalan baik. Di antaranya sholat, zikir, sedekah, membaca Alquran, berpuasa dan membantu orangtua.

Terdapat pula pilihan " Tambah Jenis Dosa/Pahala" jika pengguna ingin menambahkan bentuk amalan baik atau pun kegiatan yang berujung dosa.

 

3 dari 4 halaman

Pengguna Harus Jujur

Untuk menggunakannya, diperlukan kejujuran pengguna. Sebab penghitungan Dosa dan Pahala dilakukan secara manual.

Pengguna dapat menambahkan jumlah jenis Dosa dan Pahala yang dilakukan pada masing-masing ikon. Misalnya masukkan angka 1 untuk ghibah dan 2 untuk sholat.

Tetapi, angka yang telah di-submit tidak dapat diralat. Sementara, untuk menambahkah amalan jenis Dosa atau Pahala, tinggal memasukkan angka dan terjumlah secara otomatis.

 

4 dari 4 halaman

Hasilnya

Tampilan total akumulasi jumlah Dosa dan Pahala yang telah di-submit ini lantas disajikan dengan diagram warna-warni. Tidak hanya itu, keseluruhan dari masing-masing Dosa dan Pahala juga ditampilkan dalam bentuk statistik dari hari ke hari.

Dengan demikian, aplikasi tersebut dapat membantu pengguna memantau kebaikan dan keburukan yang dilakukan setiap hari. Dengan begitu, membuat pengguna menjadi pribadi yang lebih baik.

Sumber: Liputan6.com/Fitri Syarifah.

Join Dream.co.id