Facebook Siap Rilis Fungsi Dark Mode

Techno | Rabu, 15 Januari 2020 06:16
Facebook Siap Rilis Fungsi Dark Mode

Reporter : Idho Rahaldi

Keren...

Dream - Selama beberapa tahun terakhir, sebagian platform populer secara bergantian menawarkan fungsi dark mode (mode gelap) kepada publik.

Dukungan mode gelap ini dimaksudkan, agar mata para pengguna tak terlalu lelah saat membuka aplikasi yang bersangkutan untuk waktu yang lama.

Setelah Instagram, Twitter, Telegram dan belum lama ini ditambahkan ke iOS 13, Facebook mengumumkan juga siap menawarkan hal yang sama pada aplikasi mereka. Baik versi dekstop ataupun mobile. 

Fungsi ini nantinya juga akan di perluas ke aplikasi whatsapp.

2 dari 6 halaman

Dark Mode

Facebook pun sejatinya sudah memberikan fungsionalitas mode baru ini, kepada sejumlah pengguna sebelum dirilis untuk masyarakat umum.

 Facebook© dream.co.id

 Facebook© dream.co.id

Menurut laporan The Vocket, Facebook akan secara resmi merilis dark mode pada awal Maret untuk semua pengguna dekstop.

Sementara untuk di smartphone belum diketahui pasti untuk tanggal perilisannya.

Selain facebook, beberapa plugin atau ekstensi di Google Chrome juga sudah menawarkan kepada pengguna yang tertarik menggunakan fungsi dark mode.

Kalau kamu lebih tertarik menggunakan mode biasa, atau dark mode?

3 dari 6 halaman

Fitur Dark Mode Instagram Hadir di Ponsel Android & iPhone, Ini Tutorialnya

Dream - Instagram terus memperkaya fitur aplikasinya. Kali ini, platfrom milik perusahaan Mark Zuckerberg itu membuat instagram dark mode (mode gelap) untuk ponsel Android dan Apple.

Sayangnya, fitur dark mode Instagram ini hanya bisa digunakan terbatas. Kamu yang memiliki smartphone dengan sistem operasi Android 1- dan iPhone iOS 13 termasuk yang beruntung.

Google sebenarnya telah menghadirkan dark mode pada Android 10 dan sejumlah aplikasi Google lainnya. Sementara, sejumlah aplikasi lainnya belum mendapatkan mode gelap.

Facebook, sebagai induk Instagram, telah menguji coba fitur dark mode. Sementara untuk Facebook Messenger telah menerima kehadiran update mode gelap.

Aplikasi WhatsApp baru-baru ini juga telah mengujicobakan mode gelap.

Khusus untuk Instagram di smartphone Android, dark theme kini tersedia di aplikasi tersebut tak dalam warna abu-abu tetapi hitam total. Selain itu, UI Instagram saat menggunakan mode ini pun pun jadi lebih gelap.

4 dari 6 halaman

Cara Mengaktifkan Dark Mode Instagram

Kamu yang sudah memiliki ponsel dengan OS Android 10 atau iPhone iOS13 bisa menikmati fitur baru dari Instagram. Cara mengaktifkan dark mode Instagram diawali dengan mengaupdate terlebih dahulu aplikasi tersebut.

Selanjutnya, pengguna harus mengaktifkan mode gelap pada Android mereka.

Perlu digarisbawahi, dark mode hanya bisa tersedia jika OS smartphone kamu tersedia dark mode atau night mode secara built in alias fitur bawaan dari Android 10.

Artinya, hanya perangkat Android 10 atau smartphone Samsung Galaxy dengan One UI (yang ada dark mode-nya), atau Xiaomi yang menjalankan MIUI 10 yang akan kebagian opsi dark mode pada Instagram.

5 dari 6 halaman

4 Cara Aktifkan Mode Gelap Google Chrome di Android

Dream - Latar bertema gelap menjadi tren aplikasi laman dunia maya saat ini. Facebook Messenger dan Samsung memamerkan tema gelap dalam aplikasi mereka.

Tidak mau kalah, Google meluncurkan mode gelap ke perambah Chrome yang populer untuk perangkat Android. Meski baru diuji coba, fitur ini punya daya tarik tersendiri bagi pengguna.

Sistem yang baru diuji coba itu hanya perlu mengaktifkan flag dan menyesuaikannya di pengaturan.

Meski telah dapat disesuaikan dengan pengguna, mode ini masih memiliki bug. Berikut empat langkah mengubah tampilan Google Chrome di ponsel kamu:

6 dari 6 halaman

Perbarui ke Chrome 74+

Pertama, Anda harus memperbarui Chrome ke versi 74 atau lebih tinggi. Jika kamu tidak yakin versi Chrome apa yang dipakai, buka Pengaturan ketuk Aplikasi, lalu pilih Chrome dalam daftar.

Gulir ke bawah ke arah halaman Info App dan nomor versi yang tercantum.

Jika kamu tidak menggunakan Chrome 74 atau lebih tinggi, kamu perlu memperbarui aplikasi. Versi baru saat ini sedang diluncurkan di Play Store.

 Perbarui ke Chrome 74+© Khidr Al-Zahrani

Untuk mengaktifkan flag di Google Chrome cukup mudah. Buka aplikasi dan ketik chrome://flag ke bilah alamat.

Tekan tombol enter. Dari sana, cari " mode gelap Android Chrome UI," lalu ketuk kotak bertanda "  Default" di bawah ke hasil atas dan pilih "  Enabled" .

Tekan "  Relaunch" saat Anda selesai.

Babak Baru Daus Mini Vs Daus Mini ‘KW'
Join Dream.co.id