Dua Startup Indonesia Juara Dunia, Pukau Kelompok 20 Negara Raksasa

Techno | Rabu, 13 Oktober 2021 11:35

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Menangi kategori apa?

Dream – Dua startup digital asal Indoensia, Nalagenetics dan Ruangguru, mendapatkan penghargaan sebagai startup dengan inovasi unggulan. Penghargaan itu diberikan dalam Forum G-20 Innovation League 2021 yang berlangsung pada 9 hingga 10 Oktober 2021 di Sorrento, Italia.

Dikutip dari laman Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Rabu 13 Oktober 2021, Dirjen Aplikasi Informatika Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan, mengapresiasi penyelenggaraan G-20 Innovation League 2021. Menurutnya acara itu bisa membangun dan memfasilitasi kerja sama antara pemerintah dan pelaku inovasi swasta dalam skala global.

Semuel mengatakan, presidensi G-20 Italia menyelenggarakan acara spesial ini dengan tujuan membangun dan menfasilitasi kerja sama antara pemerintah dan pelaku inovasi swasta (startup, venture capital, serta korporasi) dalam skala global.

“ Kami ingin mengakui dan memberi apresiasi terhadap Presidensi G-20 Italia,” kata dia dalam Forum Internasional G-20 Innovation League 2021 yang diikuti secara virtual dari Jakarta.

Lebih dari seratus startup dan seratus Venture Capitals dari G-20 dan negara-negara tamu bertemu secara fisik maupun daring di Sorento, Italia. Dalam G-20 Innovation League 2021, peserta saling berbagi pengalaman dan solusi inovatif dalam menghadapi tantangan global di berbagai sektor seperti Cleantech, Artificial Intelegence, IoT and Wearables, Green and Smart, serta Mobility and Healthcare.

Dua Startup Indonesia Juara Dunia, Pukau Kelompok 20 Negara Raksasa
Dua Orang Sedang Berbincang Tentang Startup. (Foto: Ilustrasi/shutterstock)
2 dari 3 halaman

Menangi Kategori Ini

Setiap negara yang berpartisipasi dalam G-20 Innovation League 2021 menunjuk startup yang fokus menyediakan solusi per kategori tantangan global yang sudah ditentukan sebelumnya. Dalam forum tersebut, startup perwakilan Indonesia bersaing dengan 100 startup dari 30 negara yang turut berpartisipasi.

Startup digital asal Indonesia Nalagenetics dan Ruangguru terpilih menjadi Top 10 Startup unggulan dalam forum itu. Nalagenetics terpilih sebagai juara satu dalam kategori Mobility and Healthcare. Sementara Ruangguru merebut juara dua untuk kategori Artificial Intelegence.

“ Nalagenetics, merebut penghargaan karena telah menciptakan platform khusus untuk menawarkan tes kesehatan yang akurat dan menawarkan solusi sesuai dengan kebutuhan dokter, pasien, dan laboratorium yang berbeda,” kata Semuel.

Sementara, Ruangguru berbagi pengalaman dalam memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence) untuk menciptakan pengalaman belajar adaptif dan personal bagi pelajar di Indonesia.

Sebagai vocal point dari G-20 Innovation League, Kementerian Kominfo menominasikan 5 venture capital yang berhak menjadi perwakilan Indonesia.

“ Juga berkesempatan menominasikan startup dan membantu proses seleksi untuk menghasilkan 5 perwakilan startup Indonesia untuk kegiatan ini dari 5 sektor fokus G-20 Innovation League,” kata dia.

Tahun ini, lebih dari seratus startup dan seratus Venture Capitals dari G-20 dan negara-negara tamu (undangan) telah berkumpul di sini untuk bertemu secara fisik maupun daring guna saling berbagi pengalaman dan solusi inovatif dalam menghadapi tantangan global di berbagai sektor seperti Cleantech, AI, IoT and Wearables, Green and Smart, serta Mobility and Healthcare.

3 dari 3 halaman

Fokus pada Tantangan dan Peluang Tingkatkan Perdagangan Internasional

G-20 Innovation League 2021 merupakan bagian dari Presidensi G-20 Italia. Ajang ini memfokuskan pada tantangan dan peluang dalam meningkatkan perdagangan internasional, investasi dan lapangan inovasi demi kesejahteraan manusia.

Pada tahun ini, startup yang ditunjuk oleh masing-masing negara dikategorisasikan ke dalam 5 tantangan global yang telah ditentukan. Yaitu teknologi bersih (cleantech), kecerdasan rekayasa (artificial intelligence), IOT dan wearables, kota pintar, transportasi hijau dan pintar (smart city and smart mobility), serta layanan kesehatan (healthcare).

Sebanyak 100 startups dari 20 negara melakukan presentasi di hadapan panelis. Panelis kemudian menentukan Top 10 startups sebagai contoh institusi yang dapat mengambil peluang langsung dalam mengatasi tantangan global serta mendorong investasi dan perdagangan global.

Dalam acara yang berlangsung hibrida itu, hadir pula Menteri Luar Negeri dan Internasional Kerjasama Republik Italia, Luigi Di Maio; Menteri untuk Inovasi Teknologi dan Digital Transisi Republik Italia, Vittorio Colao; Wakil Menteri Luar Negeri Italia untuk Urusan Asing, Manlio Di Stefano; Duta Besar Indonesia untuk Republik Italia, Esti Andayani; serta Presiden Badan Perdagangan Italia, Carlo Maria Ferro.

Join Dream.co.id