Reviews Samsung Galaxy M30: Baterai Jumbo, Suara Lebih Hidup

Techno | Selasa, 20 Agustus 2019 11:48
Reviews Samsung Galaxy M30: Baterai Jumbo, Suara Lebih Hidup

Reporter : Cynthia Amanda Male

Apa saja keunggulannya?

Dream - Samsung kembali meluncurkan ponsel teranyar seri M. Tidak jauh berbeda dari seri pendahulunya, M30 digadang-gadang mampu memenuhi kebutuhan generasi milenial yang aktif bermedia sosial.

Klaim ini muncul karena Samsung mengandalkan kemampuan baterai dan kamera yang mumpuni.

Dream sempat menjajal ponsel berkapasitas baterai 5000 mAh ini. Dibandingkan seri sebelumnya, M20, ponsel baru Samsung ini punya peningkatan yang signifikan.

Perubahan pertama terlihat jelas dari rasio layar 6,4 inchi dengan bezel lebih tipis dan lebar. Desain bagian belakang ponsel juga kini bergradasi, sehingga warnanya lebih dinamis dan menambah kesan elegan.

Sama dengan seri sebelumnya, fingerprint M30 masih terletak di bagian belakang. Menurut Dream, fingerprint di bagian belakang memiliki sensor lebih cepat daripada di layar.

2 dari 3 halaman

Kamera

Selain fingerprint, di bagian belakang ponsel ini dibekali 3 kamera, yaitu 13 megapixel kamera utama, 5 megapixel ultrawide dan depth sensor.

Kamera ponsel ini cukup apik saat mengambil gambar di cahayanya minim. Dream melihat hasil foto dari ponsel ini lebih unggul dari seri A50.

 Samsung M30 bagaimana performanya? (Foto: Dream.co.id/Cynthia Amanda Male)

Fitur di bagian sisi ponsel tidak jauh berbeda dari seri sebelumnya. Hanya saja kini M30 dibekali USB Type-C dengan teknologi fast charging 15 Watt.

Kemampuan baterai yang besar masih terasa seperti seri sebelumya. M30 mampu bertahan selama 1,5 hari dengan pemakaian aktif ketika baterai penuh.

Pengisian dayanya pun terasa cukup cepat. Ponsel ini butuh waktu sekitar 2,5 sampai 3 jam untuk mencapai penuh dari kondisi baterai yang benar-benar habis.

3 dari 3 halaman

Tak Ganggu Performa

Salah satu fitur sederhana namun cukup dirasakan oleh Dream adalah kemampuan suaranya yang lebih dinamis dan 'hidup'.

Apalagi dilengkapi dengan fitur Dolby Atmos yang memang tertanam di ponsel besutan Samsung sebelumnya.

Perubahan lainnya yang cukup terasa adalah desain One UI dan layar Super Amoled. Kedua fitur ini membuat tampilan layar M30 jauh lebih jernih daripada M20.

 Samsung M30 bagaimana performanya? (Foto: Dream.co.id/Cynthia Amanda Male)

Ponsel yang terasa nyaman dalam genggaman ini dibekali dengan memori internal 64 dan 128 gigabyte, serta RAM 4 dan 6 gigabyte.

Didukung dengan chipset Exynos 7904, ponsel ini cukup mumpuni untuk dibebani puluhan aplikasi tanpa mengganggu performa saat bermain gim.

Setelah dilihat dan menguji performanya secara keseluruhan, M30 terasa cukup berbeda dengan seri sebelumnya.

Terkait
Reaksi Mainaka yang Bikin Nia Ramadhani Menangis
Join Dream.co.id